topanlesmanaAvatar border
TS
topanlesmana
INI DIA...................PENYEBAB MACET NOMOR SATU !!!
Sebelumnya sori kalo topik ini (macet & kemacetan) dah ada yang ngebahas sebelumnya. Ane search,ada tiga thread yang dibuka soal topik ini,dan ane udah baca sebagian besar. Berhubung belum ada yang membahas hal ini sebagai penyebab utama kemacetan,makanya ane bikin thread ini. Silakan dibantah kalo ga setuju,dan didukung kalo setuju. Tujuan ane semata-mata cuma untuk membuka mata kita semua akan permasalahan yang sudah sangat menyebalkan semua orang ini,terutama mereka2 yang tinggal atau se-hari2nya ber-aktifitas di Jakarta (termasuk ane. emoticon-Hammer (S))

Jadi,apa penyebab kemacetan nomor 1 menurut ane? BBM YANG TERLALU MURAH. Tanya kenapa? emoticon-Big Grin

Pernah ga,agan2 sambil berangkat/pulang kerja sambil macet2an di jalan ngelirik ke kanan kiri? (bukan ngelirik cewe ya? emoticon-Big Grin). Nah,coba deh perhatikan, kebanyakan (mayoritas?) orang2 yang pada saat itu sedang berkeliaran di jalan dengan kendaraannya, bukanlah orang yang sedang berangkat/pulang kerja. Hal ini mudah diketahui dengan melihat dandanan (cara berpakaian,bawa tas/ga, bla bla bla),gaya,serta boncengan-nya (cewe atau barang. emoticon-Hammer (S)). Itu di jam2 kerja,gimana saat2 di luar jam kerja? Sami mawon. Perhatikanlah,nyaris sepanjang waktu dari pagi sampe malam jalanan di Jakarta selalu macet. Setuju? emoticon-Big Grin

Kepikir ga,kenapa orang2 yang kaga kerja (resmi) pada berkeliaran menuh2in jalan pada saat jam berangkat/pulang kerja? Ini nih bukan yang naik motor doang,gan,tapi yang naik mobil juga ga sedikit,kalo ga bisa dibilang lebih banyak malah. Ente bisa bilang mereka juga sedang ada urusan,sedang ada keperluan,sedang...bla bla bla. Tapi,apakah urusan/keperluan mereka itu sama dengan urusan/keperluan kita2 yang sedang berangkat/pulang kerja? Kita2 yang kerja sangat jelas urusan/keperluannya,aktifitas kita itu selain membakar bensin juga menghasilkan sesuatu,berupa hasil kerja yang menggerakkan roda perekonomian. Istilahnya tindakan kita2 yg berkeliaran di jalan pada saat berangkat/pulang kerja itu memang perlu dan ber-efek positif bagi perekonomian. Nah,lantas tindakan mereka2 yang berkeliaran di jalan bukan untuk kerja itu,apa manfaatnya buat perekonomian,gan,selain bakar2 bensin dan memacetkan jalanan?. GA ADA,kalo menurut ane sih.

Trus,kalo jelas aktivitas mereka tuh ga ada manfaatnya buat perekonomian,kenapa mereka berkeliaran macet2in jalan? Suka2 gua,dong ! Pasti gitu jawabnya kalo kita tanya. Wong kendaraan punya gua,bensin gua beli pake duit gua sendiri,trus gua juga khan punya hak atas jalan seperti juga loe2 pada. Gitu,kurang lebih jawabannya. Iya khan? Sekarang,apa yang bisa kita lakukan untuk mengerem laju pertumbuhan orang2 kaya gini? Bisa botak kepala kita mikirin jawabannya,gan. emoticon-Big Grin

Cara yang paling efektif menurut ane sih, naikkan harga BBM. Why? Coba pikirkan, seandainya harga bensin 10 ribu/liter, apakah ente masih mau berkeliaran di jalan, muter2, keliling2 utk tujuan selain kerja? Mungkin iya, kalo....... pertama, keperluannya emang benar2 penting dan kedua, kalo duit ente bejibun. emoticon-Big Grin. Yang mau ane sampaikan adalah jika harga bensin itu mahal, maka hanya mereka2 yang benar2 punya keperluan penting saja yang akan berkeliaran di jalan, sehingga kemacetan pasti juga akan berkurang banyak. Setuju,agan-agan?

Masalahnya adalah pasti banyak yang kaga setuju kalo harga bensin di naikkan. Iya? Ane ga mau ngebahas masalah itu disini. Ane cuma mau bilang dua hal terkait harga bensin. Pertama : Harga bensin kita emang terlalu murah sehingga efeknya rakyat kita jadi ga menghargai nilainya alias terlalu mudah nge-bakar2 bensin untuk hal2 yang bahkan kurang penting. Kedua, kita perlu sadar bahwa nge-bakar2 bensin untuk hal2 yang tidak produktif itu sama dengan ngebakar uang subsidi yang jumlahnya ratusan triliun dan terus naik setiap tahunnya. Ingat lho,uang subsidi itu adalah uang rakyat,yang mestinya bisa lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal2 lain yang lebih produktif. Amin.


Spoiler for Komentar mantaps::


Spoiler for Komentar yang lucu. /:D/:
Diubah oleh topanlesmana 12-11-2012 06:15
0
26.3K
445
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan