adiehvibizAvatar border
TS
adiehvibiz
Kredibilitas Finansial
Kesehatan Finansial
Kesehatan finansial suatu organisasi dan pengelolaan dananya adalah hal yang sangat penting bagi lembaga donor. Pada banyak kasus, pengurus organisasi tidak tahu bagaimana cara menampilkan gambaran keuangan yang positif dari organisasi mereka dan permintaan dana mereka. Supaya berhasil, sebuah proposal harus mengaitkan penjelasan program dan hasil-hasilnya dengan penjelasan keuangan yang terinci. Hal itu harus menunjukkan bahwa organisasi anda aman, kuat keuangannya, dan bisa memanfaatkan dananya dengan baik. Tetapi ingat: laporan keuangan anda, yang salinannya diminta oleh para donor, dapat memberikan pesan-pesan terselubung, seperti:

•Anda mendapatkan terlalu banyak dana atau memiliki banyak kelebihan dana, sehingga sebenarnya anda tidak terlalu membutuhkan dana.

•Anda lepas kendali dalam mengelola keuangan, dengan pengeluaran yang melebihi pemasukan, sehingga anda tidak bisa dipercaya memegang uang

•Anda mengeluarkan terlalu banyak uang untuk kegiatan pencairan dana, administrasi maupun biaya perjalanan, dan membuang-buang uang yang anda terima.

Tetapi selalu ada kasus di mana laporan keuangan anda mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan tingkat pekerjaan anda. Biasanya hal ini terjadi jika anda menerima bantuan dalam bentuk dukungan non-keuangan atau melalui kerja sukarelawan. Pada banyak kasus, hal-hal ini tidak masuk dalam laporan keuangan, padahal sangat penting. Dengan demikian, harus diciptakan suatu mekanisme untuk memasukkan hal-hal tersebut ke dalam laporan keuangan anda.

Ikuti workshop Smart Financial Management

0
475
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan