ajaklalenAvatar border
TS
ajaklalen
Hari ke-21 Jokowi "Pasar & Stasiun Pasar Minggu Lebih Rapi, Tak Ada PKL di Trotoar"
Jakarta - Pemandangan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terutama di depan pasar dan stasiun KA pagi ini, Senin (5/11/2012) terlihat berbeda dari biasanya. Bersamaan dengan hari ke-21 Jokowi sebagai gubernur DKI, tak ada lagi pedagang-pedagang PKL di trotoar maupun pinggir jalan.

Pemantauan detikcom, sekitar pukul 09.30 WIB, suasana lebih terang dan enak dipandang terlihat di sekitar pasar dan stasiun. Suasana kumuh sebagaimana hari-hari sebelumnya kini nyaris tak terlihat lagi.

Arif, salah seorang penumpang kereta api, benar-benar kaget saat keluar dari stasiun Pasar Minggu. Begitu keluar dari stasiun pagi ini, Arif begitu terpesona. Matanya langsung menangkap sinar Matahari yang begitu terang. Oh… pedagang-pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya mangkal di trotoar di depan Stasiun Pasar Minggu itu hilang. Entah dipindah ke mana.

"Selama ini, begitu saya keluar stasiun, cahaya tidak seterang ini, karena pintu masuk stasiun terhalang oleh terpal-terpal para pedagang kaki lima," kata Arif, yang setiap hari naik KRL Commuter Line dari Bogor-Pasar Minggu itu.

Yang masih terlihat jelas hanya para tukang ojek yang masih mangkal dan memarkir motornya di depan pintu stasiun. Jalan raya di depan stasiun juga terlihat lebih bersih dibanding biasanya.

Penilaian Arif ini memang tidak mengada-ada. Sehari-hari, banyaknya PKL yang mangkal di trotoar-trotoar jalan itu memang membuat pintu stasiun KA Pasar Minggu tertutup oleh para pedagang. Bahkan, bagi masyarakat yang baru pertama kali masuk stasiun KA Pasar Minggu akan kesulitan untuk mencarinya.

Bersihnya trotoar dari PKL ini terlihat jelas sepanjang jalan menuju stasiun KA. Bahkan, tidak hanya itu. Para pedagang yang biasanya menggelar dagangannya di perempatan pasar menuju stasiun KA juga bersih. Median jalan di tengah-tengah jalan kini terlihat bersih dari para pedagang buah.

Pemandangan pinggir jalan depan pasar dan Supermarket Robinson juga terlihat bersih. Bila sebelumnya banyak pedagang yang mangkal di pinggir jalan sehingga membuat sempit ruas jalan dan membuat macet lalu lintas kendaraan, kali ini tampak tak terlihat lagi. "Beda banget sekarang," kata Bagus, penumpang Metro Mini 75.

Terlihat sekitar dua mobil Satpol PP yang stand by di dekat pasar dan stasiun Pasar Minggu. Menurut seorang pedagang yang membuka kios di Stasiun Pasar Minggu, pembersihan PKL di trotoar dan pinggir jalan itu dilakukan pada Minggu (4/11/2012) malam.

"Saya tidak tahu para PKL itu dipindah ke mana. Tapi penertiban oleh Satpol PP berlangsung lancar, relatif tak ada gejolak," kata pedagang itu.

Kini, suasana di sekitar pasar dan stasiun Pasar Minggu tenang, meski tetap terlihat padat dengan kendaraan dan orang-orang. Yang pasti, suasana jalan-jalan di sekitarnya lebih bersih dan tertib, lebih enak dipandang. Masyarakat yang berlalu lalang juga lebih nyaman.

sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/11/05/105345/2081391/10/pasar-stasiun-pasar-minggu-lebih-rapi-tak-ada-pkl-di-trotoar?991101mainnews[/url]

komeng:
Kinerja Pak Jokowi sudah mulai nyata terlihat....sekarang camat dan lurah turun ikut kerja bakti membersihkan trotar dan selokan....mudah mudahan bertahan cara seperti ini....emoticon-Coolcoolemoticon-Cool


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.1K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan