Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

CintaSayangAvatar border
TS
CintaSayang
Fun fearless financial goals!


Apa sih yang perlu diketahui oleh 20-something ladies like us dalam mengatur keuangan yang baik? Jangan salah dear, di usia Anda sekarang justru merupakan saat yang paling tepat untuk menata masa depan cerah! Simak tips dari Cosmo berikut ini.

Be Aware of Your Budget
Yes. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengecek dan menghitung pola hidup Anda. Bandingkan seberapa besar penghasilan Anda dan seberapa pula pengeluarannya. Dengan mengetahui polanya, Anda akan lebih mudah menentukan kebijakan yang akan diambil.

Set Specific Goal in Mind
Kalau Anda punya budget tersisa, better save it honey. Tapi sebaiknya Anda juga sudah punya tujuan sendiri untuk apa tabungan itu akan digunakan, karena apabila kita menabung tanpa tujuan bisa-bisa tabungan itu akan habis tanpa terasa. Gadget baru? Baju atau tas incaran? Atau bahkan mobil? Go for it! Menabung membutuhkan usaha keras, dan Anda berhak 'memetik' hadiahnya di kemudian hari.

Saving For Your Future
Menabung untuk mencapai sesuatu seperti yang sudah diutarakan di atas, berbeda dengan menabung untuk masa depan Anda. Menurut Brian T. Jones, perencana keuangan terkemuka dan penulis buku Getting Started: The Financial Guide for a Younger Generation, menabung untuk rencana besar di masa depan—seperti pernikahan, atau yang lebih jauh lagi, pensiun—paling tepat dimulai di usia awal dua puluhan, karena akan memperbesar kesuksesan dari hasil tabungan Anda. Pisahkanlah dua tabungan tersebut, dan menabunglah secara adil tanpa melupakan salah satunya.

Stay Out of Debt
Ini merupakan pakem yang harus Anda tanamkan pada diri sendiri: stay out of debt! Kontrol diri Anda, jangan sampai tergoda untuk belanja overbudget. Cara termudah menghindari debit adalah dengan mempraktikkan poin nomor dua di atas dengan efektif.

Evaluate Regularly
Cosmo tahu, di usia dua puluh tahunan seperti saat ini Anda akan menemukan banyak perubahan dan penyesuaian baik dalam hal karier maupun keuangan. Untuk itu, Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin mengenai progress yang telah dicapai dari waktu ke waktu. Ingat ladies, perubahan karier dan pemasukan bukan berarti Anda boleh berhenti menabung. It's for your future after all!

0
3.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan