Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PoisonsAvatar border
TS
Poisons
Help!! Menghentikan perkelahian ikan oscar?
Saya memelihara 2 ekor ikan oscar dalam sebuah akuarium berukuran 60x40x40, jenis oscar albino 3" dan oscar hitam biasa 2.7" (sedikit lebih kecil dari yang albino) dan juga terdapat ikan pembersih kaca sebesar 2.5", yang ingin saya tanyakan mengapa kedua oscar saya terus berkelahi?
Awalnya memang saya sudah memiliki oscar albino terlebih dahulu (sekitar 1 minggu), namun saya lihat ketika dia sendirian di aquarium dia nampak begitu stress dengan terus bersembunyi dibalik filter parahnya lagi sewaktu tadi pagi saya ganti air di aquarium, saya menggantinya secara menyeluruh dalam arti saya meletakkan oscar albino itu kedalam akuarium kecil saya (30x20x15) lalu mengangkat dan mecuci keseluruhan ornamen yang ada didalam aquarium (batu, mesin filter, filter samping (corner filter) - saya memang menggunakan 2 jenis filter di aquarium ini) si albino langsung bertindak seolah-olah malas hidup dengan terus bersembunyi dibalik filter dan memiringkan tubuhnya.
Dari hal inilah saya berinisiatif membelikan dia teman, lalu saya belilah oscar hitam & ikan pembersih kaca tersebut, sebelum mencampur mereka saya terlebih dulu menjaring oscar albino saya dan meletakkannya di ember bersama dengan kedua ikan baru tersebut. mungkin sekitar 3mnt lalu saya mulai memasukkan mereka satu persatu dimulai dari ikan pembersih kaca - oscar hitam - oscar albino. 15mnt pertama mereka nampak akrab dengan saling mendekat dan berenang bersama - sama, walaupun saya tahu mereka masih sama - sama stress karena mereka terlihat begitu ketakutan ketika saya mendekat, setelah 15mnt berselang mala petaka ini datang. Mereka mulai berkelahi satu sama lain (saling menggigit di mulut layaknya perkelahian ikan cupang), memang mereka berdua berjenis jantan jika saya tidak salah mengidentifikasinya berdasarkan sumber yang saya baca yaitu dari warna sisik dan warna merah disekitar insang.
Setelah peristiwa saling menggigit itu saya lihat saya berusaha menghentikannya dengan mengetok - ngetok aquarium dan benar mereka berhenti, namun tidak lama kemudian hal itu terjadi lagi dan saya ulangi hal yang sama dan berhenti lagi.
Sekarang memang kondisinya sudah tidak separah tadi, saya melihat mereka saling berenang berdekatan namun sesekali si albino menyerang si hitam, saya tidak tahu itu serangan bercanda atau serius yang saya lihat hanyalah si hitam beberapa kali berenang menjauh. Namun tidak lama kemudian mereka berenang bersama - sama lagi, dari pengamatan saya terlihat si albino lebih dominan karena ketika saya beri makanan si albino lebih aggressive melahap sedangkan si hitam cenderung lebih sedikit bahkan tidak mau makan.
Namun ada sisi possitive dari semua ini yaitu si Albino sudah tidak terlihat stress lg dengan dia mau berenang kedepan bersama dengan si Hitam dan tidak bersembunyi dibalik filter lagi walaupun sesekali dia menyerang si Hitam. Saya sudah berusaha mencari berbagai informasi dari berbagai sumber dan forum, memang kebanyakan forum - forum diluar negri sana. Yang menjadi masalah adalah kemampuan Bahasa Inggris saya yang terbilang hanya mampu memahami 80% dari yang mereka jelaskan, Saya simpulkan dari apa yang saya baca bahwa sebenarnya tidak masalah jika dengan ukuran aquarium saya diberi 2 ekor ikan oscar. Namun faktanya kenapa mereka terus tidak bisa akur / bersahabat? Soal makanan saya selalu menyediakan mereka makanan yang cukup bahkan melimpah (ikan nila + pelet yang terdapat kandungan untuk pencerah warna).
Mohon bantuan dari para pakar ikan Oscar maupun para pakar Ikan lain ataupun teman - teman yang pernah mengalami kasus serupa.. Saya tidak mau kehilangan salah 1 dari mereka..
Trimakasih untuk para pembaca yang mau membaca pertanyaan saya dan memberikan pendapatnya..
Untuk jawaban terbaik akan mendapatkan cendol dari saya... emoticon-Smilie

best regards,
-Christian-
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
21.3K
7
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan