Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sinta7Avatar border
TS
Sinta7
7 Pekerjaan yang dihindari saat ini
7 Pekerjaan yang dihindari saat ini
Dulu di Indonesia, setiap anak-anak memiliki cita-cita karir yang nyaris seragam. Bila bukan menjadi dokter atau insinyur, bisa dibilang pilihan yang tersisa adalah mendaftar seleksi tentara. Demikian pula di Amerika Serikat.

Beberapa pekerjaan di Negeri Paman Sam itu sangat diidam-idamkan anak muda seluruh negeri. Rata-rata orang tertarik karena iming-iming gaji tinggi dan gengsi yang akan menyertai ketika kita menjalani profesi tersebut.

Sekarang zaman telah berubah. Beberapa pekerjaan rupanya malah memberi tingkat stres yang berlebihan dan merugikan produktivitas kita, meski bayaran yang diberikan relatif tetap tinggi. Berdasarkan alasan itulah, situs pencari kerja CareerCast.com melansir daftar tujuh pekerjaan wajib dihindari masa-masa sekarang.

Selain sudah tidak terlalu mentereng, beberapa pekerjaan itu memberi beban tanggung jawab besar. Jika tidak siap mental, sebaiknya pilih jalur karir lain yang lebih pas.

Berikut daftar tujuh pekerjaan wajib dihindari pada 2012:


1. Manajer Hubungan Masyarakat
Separuh dari mahasiswa fakultas komunikasi kemungkinan memilih konsentrasi hubungan masyarakat. Padahal pekerjaan humas masa kini semakin berat saja. Banyak perusahaan secara tidak langsung menimpakan nyaris seluruh tanggung jawab pemasaran produk mereka kepada divisi humas. Mulai dari menangani peluncuran produk baru, sampai menjaga citra perusahaan di media massa.

Dengan semakin kuatnya industri media saat ini, posisi humas juga dilematis. Mereka harus akrab dengan wartawan namun tetap membela perusahaan kala ada produk atau layanan yang bermasalah.

Di Amerika, rata-rata gaji seorang manajer humas mencapai USD 92.156 per bulan. Memang besar, tapi jika tidak suka tekanan besar dari segala arah, sebaiknya jangan coba-coba menjajal dunia kehumasan.

2. Pengacara
Sebagian besar mahasiswa hukum pastinya mengambil konsentrasi hukum pidana. Karir yang terbayang tentu saja menjadi pengacara. Namun, di Amerika, profesi penasehat hukum semakin berat dijalani. Padahal dua dekade lalu, menjadi pengacara sama dengan meniti karir menjadi politikus top.

Seiring krisis ekonomi melanda empat tahun terakhir di Negara Adi Daya itu, banyak pengacara di sana menangani kasus gugatan kepailitan dan sengketa aset antara perbankan dengan nasabahnya. Citra pengacara sebagai pembela korporasi dan musuh warga biasa semakin mencuat.©©©

Dengan tawaran gaji USD 112.760 per bulan, memang masih ada yang berminat menjalani profesi tersebut. Namun, syaratnya, anda harus tahan menjadi salah satu sosok yang dibenci masyarakat.

3. Dokter Bedah
Menjadi dokter merupakan cita-cita banyak anak di Indonesia dulu, barangkali sampai sekarang. Di Negeri Paman Sam, menjadi dokter juga tetap dianggap mentereng, tapi ada risiko yang harus dibayar, khususnya jika mengambil spesialisasi dokter bedah.

Semakin makmur masyarakat, mereka akan semakin menuntut peningkatan kualitas layanan kesehatan. Akibatnya, dokter bedah adalah salah satu profesi paling menimbulkan stres di Amerika. Mereka harus siaga 24 jam dan kerap dimaki-maki keluarga pasien, lantaran operasi bedah merupakan tindakan medis paling berisiko dalam dunia kesehatan.

Bila siap menghadapi itu semua, rata-rata gaji USD 305.078 per bulan menanti anda.

4. Pialang Saham
Menelepon banyak orang dan selalu memantau layar yang memampang harga saham, merupakan gambaran pekerjaan seorang pialang saham. Bayaran besar, kisaran USD 70.474 per bulan juga semakin menambah citra elit seorang pialang.

Tunggu dulu. Sekarang, menjadi pialang tidak bisa sembarangan. Aturan pasar modal di pelbagai negara semakin ketat. Di Amerika, hanya pialang dengan rekam jejak bagus dan pengalaman di atas 10 tahun boleh bekerja di bursa Wall Street.

Sebabnya adalah krisis ekonomi 2008 lalu. Pialan ceroboh adalah salah satu pihak yang disalahkan ketika resesi melanda. Jika tidak cermat membaca pasar, sebaiknya hindari saja pekerjaan yang semakin membuat stres ini.

5. Pilot Sipil
Hampir semua orang tentu menikmati sensasi terbang. Demikian juga para pilot. Tidak sedikit anak-anak bermimpi bisa menerbangkan pesawat komersial, apalagi gajinya besar. Bisa mencapai USD 103.158 per bulan bila kita menggunakan standar di Amerika.

Sayangnya, dengan menjamurnya maskapai murah satu dekade terakhir, citra pilot bergaji besar pelan-pelan terhapus. Tenaga pilot akan setara pengemudi bus di masa yang akan datang.

Belum lagi, jika anda abai pada kesehatan, jangan pernah bermimpi menjadi pilot. Seorang penerbang pantang minum alkohol, merokok, dan berjantung lemah. Rabun pun dilarang. Nasib penumpang taruhannya. Masih berminat?

6. Direktur Perusahaan
Menjabat direktur sebuah perusahaan memang membangkitkan gengsi. Citra direktur di negara manapun adalah orang-orang sukses. Tapi, ketika ekonomi semakin sulit seperti beberapa tahun terakhir, jangan harap anda bisa tidur nyenyak.

Tekanan bukan hanya para pemegang saham yang selalu menuntut kinerja perusahaan meningkat, namun juga pihak luar. Misalnya aktivis lingkungan yang bakal terus menghujat bila perusahaan yang anda pimpin dianggap merusak lingkungan. Atau juga tekanan serikat pekerja yang menuntut kenaikan gaji.

Bayaran rata-rata seorang direktur di Amerika mencapai USD 166.141 per bulan. Bila anda merasa semua tantangan yang bikin stres itu sepadan, silakan meniti karir di perusahaan sampai puncak tertinggi, yaitu posisi direktur.

7. Manajer Periklanan
Di zaman sekarang, semua perusahaan memasang iklan, apapun bentuknya. Bergerak di bidang advertising seakan menjanjikan tambang uang besar.

Perusahaan menuntut produk mereka dilirik, tapi kreativitas seorang pekerja periklanan kadang dianggap tidak sesuai. Inilah pekerjaan paling abstrak, tidak terlalu pasti, namun tingkat stresnya besar.©©©

Di Amerika, persaingan antar perusahaan periklanan amat ketat. Standar gajinya pun menurun, menjadi hanya USD 64.107 per bulan.


Sumber : 7 Pekerjaan yang dihindari saat ini



__________________
0
1.9K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan