Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hutchikaraAvatar border
TS
hutchikara
Indonesia akan menggunakan sistem wajib militer
Assalamualaikum wr wb

Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Selain itu, Indonesia juga memiliki wilayah yang sangat luas dan dikelilingi oleh lautan. Dengan keadaan yang seperti ini maka Indonesia menjadi sangat rawan dengan serangan dari luar negeri. Oleh karena itu, maka negara pun mengambil keputusan dengan mengadakan wajib militer bagi rakyat Indonesia. Namun yang menjadi pertanyaan adalah masih layakkah wajib militer di masa yang semuanya sudah serba menggunakan teknologi ini?

Spoiler for pic:


UU wajib militer dirasa perlu karena memang telah diamanatkan oleh UUD 1945 mengenai pengamanan negara dilakukan dalam satu sistem pemerintahan rakyat semesta. Maksudnya bahwa keamanan negara bukan hanya merupakan urusan tentara saja, melainkan seluruh rakyat Indonesia. Dalam sistem pertahanan terdapat 3 jenis komponen yakni komponen utama, komponen pendukung serta komponen cadangan. Rakyat merupakan komponen cadangan dari sistem pertahanan Indonesia. Namun, bukan berarti semua rakyat bisa ikut menjadi komponen cadangan melainkan semua anggota PNS serta anggota TNI yang telah memasuki masa pensiun. Untuk yang bukan PNS, diwajibkan bagi mereka yang berumur diatas 18 tahun. Bagi PNS, wajib militer merupakan tuntutan sehingga kalau tidak mematuhi maka akan mendapat hukuman penjara paling lama 5 tahun.

Program wajib militer ini untuk menambah jumlah personel anggota TNI yang menurut Departemen Pertahanan dirasa kurang. Indonesia mempunyai jumlah penduduk sekitar 240 juta warga. Idealnya sebuah negara memiliki 0,4% dari jumlah penduduknya untuk alat kelengkapan negara. Sayangnya, jumlah personel kelengkapan negara Indonesia tidak mencapai angka 1 juta melainkan 413 ribu personel yang terdiri dari 317 ribu personel TNI AD, 82 ribu personel TNI AL, serta 34 ribu personel TNI AU. Diharapkan dengan program wajib milite, jumlah personel TNI bisa mencapai angka 1 juta personel sehingga mencapai jumlah yang ideal tersebut.

Sistem ini rencananya akan diberlakukan mulai tanggal 1 Oktober 2012. Tak pandang bulu mau artis pejabat, tukang siomay, tukang nasi goreng pun harus patuh oleh sistem ini. Sudah siapkah kalian ?????

Setidaknya itulah yang dilansir oleh www.cuma.bohong.net



Wakakakakakakaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakserius aamat yak...tapi patut diperbincangkan gan. Dengan tambah amburadulnya negara kita, koruptor, penjahat, dan tidak pedulinya manusia terhadap lingkungan akan menghancurkan negara kita perlahan ataupun cepat. Pertanyaannya adalah.....


Perlukah Sistem Wjib Militer Ini Diterapkan Di Indonesia ?

Jujur gan ane njawab perlu... Ane udah prihatin sama negara kita gan.. Menurut agan2 gimana ? sok atuh pendapat nya limpah ruahkan disini...
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 87 suara
Perlukah wajib militer ?
perlu
63%
nggak perlu
33%
mending dipenjara 5 tahun aja deh
3%
0
5.2K
95
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan