makdekipehAvatar border
TS
makdekipeh
Hati-Hati Naik Metromini 640 (Ps. Minggu - Tanah Abang)
Selamat Pagi Juragan Sekalian,

Ane mau ceritain pengalaman nyata ane yang kejadiannya baru hari Senin pagi kemarin (22 Oktober 2012). Maksud ane cerita ini sekedar sharing supaya tidak terjadi pada juragan sekalian yang suka menaiki Metromini/Kopaja.

Ane tinggal di sekitar Kalibata, kantor tempat ane bekerja ada di Wisma Mulia, Jl. Gatot Subroto. Ane biasanya pagi-pagi naek Metromini 62 (Ps. Minggu -Manggarai) sampai dengan Pancoran karena masih bisa duduk, kemudian disambung antara naik Transjakarta atau naik Metromini 640 (Ps. Minggu - Tanah Abang) yang memutar arah di Pancoran, sehingga ane bisa tetap duduk. Sebetulnya ane bisa aja naik Metromini 640 dari rumah ane, cuma pasti sudah tidak kebagian tempat duduk alias berdiri sepanjang jalan.

Hari kemarin, sekitar pukul 07 pagi ane sudah sampai di Pancoran, ane lihat pas putaran ada Metromini 640 kosong, ane naiklah ke dalam paling isinya baru 5-6 orang, kemudian majulah Metromini 640 tersebut karena kalau kelamaan tuh supir bisa dipentung Polantas. Sampai sekitar Hanggar, penumpang Metromini 640 mulai penuh dan mulai ada yang berdiri. Ane kebiasaan kalau pas duduk di Metromini mainin BB buat nyapa temen2 di pagi hari tanpa ada rasa curiga apapun kalau ada yang mengamati ane.

Sampai melewati lampu merah kuningan ane mulai siap-siap berdiri dan mau turun lewat pintu belakang. Nah pas mau turun itu ada laki-laki berpakaian rapi (sktr 40thn-an) yang menghalangi ane turun. Dilanjut dengan dari belakang ane ada yang narik baju ane sambil bilang "Sebentar ada permen karet Pak". Sambil begitu ada satu orang lagi yang mencoba mengambil BB di kantong baju depan ane dan meraba dompet di saku belakang ane. Untungnya usaha mereka terasa sama ane, refleks spontan ane hardik aja tuh gerombolan orang "JANGAN MACAM-MACAM KAU SAMA AKU! MAU MALING YA KALIAN??" respon mereka jadi agak ngeper, yang ngalangin pintu bergeser, terus yang dibelakang ane yang tadi bilangin ada permen karet di baju ane (yang padahal gak ada), langsung pura-pura ngingetin "Pak waktunya turun". Ane masih kesel dan emosi, ane terusin tuh CACIAN ane ke minimal gerombolan 3 orang tadi sambil turun dan ane tunjuk-tunjuk ancam "JANGAN MACAM-MACAM KALIAN!" Pas Metromini 640 itu berangkat dan ane udah turun, masih ada satu orang yang lihatin ane dengan tajam, ane balas sambil teriak angkat tangan (bogem) "SIALAN KAU!"

Begitulah cerita ane kemarin, ane bisa refleks begitu karena ane pernah mengalami kejadian serupa pada tahun 2009 di Metromini 640 juga. Saat itu ane masih polos dan belum tahu skenario gerombolan copet seperti itu, sehingga ane kehilangan barang berharga ane waktu itu. Meskipun caranya agak sedikit berbeda, tapi dari pengalaman ane tersebut peran gerombolan tersebut bisa dipecah jadi minimal 3 peran:
  1. pertama, orang yang bertugas sebagai pengalih perhatian yang akan mencoba mengalihkan konsentrasi kita.
  2. kedua, orang yang bertugas ngambil barang kita yang diincar.
  3. ketiga, orang yang bertugas mengamankan mereka selama beraksi

Dan perlu dicatat, gerombolan ini biasanya berpakaian rapi, selayaknya orang kantoran.

Mohon jadikan pengalaman ane ini sebagai pelajaran, supaya tidak terjadi ke juragan sekalian dan lebih berhati-hati menjelajahi RIMBA ANGKUTAN UMUM Jakarta.


_______________________

Spoiler for Pengalaman Serupa Juragan Lainnya:


Spoiler for Terimakasih Mimin dan Momod yang sudah menjadikan HT:


Update 14 Februari 2016, korban terbaru di Metromini 640 meninggal dunia:
Quote:
Diubah oleh makdekipeh 14-02-2016 09:14
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
51.1K
1.5K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan