- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
10 Mobil Klasik Termahal yang Pernah Dilelang


TS
r.c.t.i.o.k
10 Mobil Klasik Termahal yang Pernah Dilelang
Quote:
10 Mobil Klasik Termahal yang Pernah Dilelang
Quote:
Bila mata dunia kebanyakan hanya terpaku pada mobil-mobil anyar berharga mahal, jarang ada yang mengetahui kalau mobil termahal di dunia justru merupakan mobil klasik.
Dalam beberapa tahun belakangan, mobil klasik memang menjadi mobil buruan yang membuat harga mobil-mobil klasik jadi meningkat hingga tidak masuk akal.
Lihat saja Bugatti Type 57C Atlantic lansiran 1936 yang laku terlelang pada 2010 hingga ke angka US$ 4,7 juta atau sekitar Rp 420 jutaan, lebih mahal dari mobil baru termahal di dunia, Bugatti Veyron Super Sport yang dijual 'hanya' belasan miliar rupiah.
Mau tahu mobil klasik apa saja yang menjadi mobil termahal di dunia? Berikut 10 mobil termahal yang pernah dilelang seperti dilansir AFP.
Dalam beberapa tahun belakangan, mobil klasik memang menjadi mobil buruan yang membuat harga mobil-mobil klasik jadi meningkat hingga tidak masuk akal.
Lihat saja Bugatti Type 57C Atlantic lansiran 1936 yang laku terlelang pada 2010 hingga ke angka US$ 4,7 juta atau sekitar Rp 420 jutaan, lebih mahal dari mobil baru termahal di dunia, Bugatti Veyron Super Sport yang dijual 'hanya' belasan miliar rupiah.
Mau tahu mobil klasik apa saja yang menjadi mobil termahal di dunia? Berikut 10 mobil termahal yang pernah dilelang seperti dilansir AFP.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]1. 1936 Bugatti Type 57C Atlantic - US$43,7 juta (2010)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]
Quote:
Bugatti 57 SC Atlantic lansiran 1936 ini berhasil mencapai harga yang hampir tidak masuk akal, US$ 43,7 juta. Mobil Bugatti 57 SC tersebut sebelumnya dimiliki Dr. Peter D. Williamson asal New Hampshire yang meninggal pada 2008 silam.
Hasil pelelangan Bugatti 57 SC Atlantic lansiran 1936 ini pun langsung mematahkan status mobil lelang termahal yang sebelumnya dipegang oleh Ferrari 250 Testa Rossa buatan tahun 1957 yang dilelang pada bulan Mei 2009 di Maranello, Italia dengan harga US$12,2 juta atau sekitar Rp 112,58 miliar.
Selain karena teknologi dan desain ekstremnya, satu hal yang juga istimewa di mobil ini adalah kenyataan bahwa ini adalah mobil yang dirancang sendiri oleh Jean Bugatti yang merupakan putra pendiri kerajaan Bugatti, Ettore Bugatti dan terbuat dari bahan aluminium.
Bugatti 57 SC Atlantic sendiri adalah sebuah mobil eksotis yang dibangun berdasarkan mobil konsep Aerolithe Elektron Coupe yang pernah diperlihatkan di ajang Paris Auto Show tahun 1935 dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.
Saat ini hanya ada dua unit Bugatti 57 SC Atlantic yang berkondisi benar-benar asli. Selain mobil yang dilelang ini, satu unit lagi dipegang oleh perancang mode terkenal Ralph Lauren.
Namun sayang, tidak disebutkan siapa yang membeli mobil Bugatti dengan harga fantastis itu. Gooding & Company melelang mobil itu dalam sebuah private sales yang tertutup.
Hasil pelelangan Bugatti 57 SC Atlantic lansiran 1936 ini pun langsung mematahkan status mobil lelang termahal yang sebelumnya dipegang oleh Ferrari 250 Testa Rossa buatan tahun 1957 yang dilelang pada bulan Mei 2009 di Maranello, Italia dengan harga US$12,2 juta atau sekitar Rp 112,58 miliar.
Selain karena teknologi dan desain ekstremnya, satu hal yang juga istimewa di mobil ini adalah kenyataan bahwa ini adalah mobil yang dirancang sendiri oleh Jean Bugatti yang merupakan putra pendiri kerajaan Bugatti, Ettore Bugatti dan terbuat dari bahan aluminium.
Bugatti 57 SC Atlantic sendiri adalah sebuah mobil eksotis yang dibangun berdasarkan mobil konsep Aerolithe Elektron Coupe yang pernah diperlihatkan di ajang Paris Auto Show tahun 1935 dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.
Saat ini hanya ada dua unit Bugatti 57 SC Atlantic yang berkondisi benar-benar asli. Selain mobil yang dilelang ini, satu unit lagi dipegang oleh perancang mode terkenal Ralph Lauren.
Namun sayang, tidak disebutkan siapa yang membeli mobil Bugatti dengan harga fantastis itu. Gooding & Company melelang mobil itu dalam sebuah private sales yang tertutup.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]2. 1962 Ferrari 250 GTO - US$ 35 juta (2012)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]

Quote:
Mobil Ferrari 250 GTO tahun 1962 ini merupakan mobil yang dibuat khusus untuk pembalap Sir Stirling Moss. Mobil ini laku terlelang hingga angka US$ 35 juta atau sekitar Rp 331 miliar. Wow!
Mobil lansiran tahun 1962 berbalut warna hijau tersebut memang menjadi salah satu mobil incaran. Selain karena statusnya sebagai mobil yang khusus dibuat untuk pembalap legendaris, selama masa produksi di 1962-1964 Ferrari tercatat hanya membuat 39 unit Ferrari 250 GTO.
Mobil super mahal ini diketahui dijual beberapa waktu oleh pebisnis kelahiran Belanda, Eric Heerema dan dibeli oleh seorang kolektor Amerika Serikat bernama Craig McCaw meski kedua orang itu enggan mengomentari berita tersebut.
Ferrari bernomor sasis 3505 ini sendiri dibeli Heerema dekade yang lalu dari kolektor Jepang, Yoshiho Matsuda dengan harga hanya US$ 8,5 juta. Sementara Matsuda membeli mobil ini hanya seharga US$ 3,5 juta saja.
Nama Ferrari untuk para kolektor dalam beberapa waktu belakangan memang tengah moncer setelah dua bulan lalu sebuah Ferrari 250 Testa Rossa yang pernah memenangi balapan 24 jam Le Mans tahun 1958 bisa laku hingga US$ 25 juta dan sebuah Ferrari 250 GTO dibeli oleh pesohor Inggris Chris Evans sekitar US$ 18 juta pada tahun 2010.
Di Januari, Ferrari 250 GTO buatan 1963 dengan nomor sasis 5095 berhasil terjual hingga US$ 32 juta. Menurut data Historic Automobile Group International (HAGI), harga mobil klasik Ferrari terus naik dan di kuartal pertama 2012 ini ada kenaikan 4,82 persen.
Sebelum Ferrari 250 GTO bekas punya Stirling Moss ini memecahkan rekor, predikat mobil termahal di dunia dipegang oleh Type 57SC Bugatti Atlantic lansiran 1936 yang dibeli oleh seorang kolektor asal California di 2010.
Dia tidak mengungkapkan berapa uang yang dia keluarkan untuk mobil ini tapi diperkirakan antara US$ 30-34 juta.
Mobil lansiran tahun 1962 berbalut warna hijau tersebut memang menjadi salah satu mobil incaran. Selain karena statusnya sebagai mobil yang khusus dibuat untuk pembalap legendaris, selama masa produksi di 1962-1964 Ferrari tercatat hanya membuat 39 unit Ferrari 250 GTO.
Mobil super mahal ini diketahui dijual beberapa waktu oleh pebisnis kelahiran Belanda, Eric Heerema dan dibeli oleh seorang kolektor Amerika Serikat bernama Craig McCaw meski kedua orang itu enggan mengomentari berita tersebut.
Ferrari bernomor sasis 3505 ini sendiri dibeli Heerema dekade yang lalu dari kolektor Jepang, Yoshiho Matsuda dengan harga hanya US$ 8,5 juta. Sementara Matsuda membeli mobil ini hanya seharga US$ 3,5 juta saja.
Nama Ferrari untuk para kolektor dalam beberapa waktu belakangan memang tengah moncer setelah dua bulan lalu sebuah Ferrari 250 Testa Rossa yang pernah memenangi balapan 24 jam Le Mans tahun 1958 bisa laku hingga US$ 25 juta dan sebuah Ferrari 250 GTO dibeli oleh pesohor Inggris Chris Evans sekitar US$ 18 juta pada tahun 2010.
Di Januari, Ferrari 250 GTO buatan 1963 dengan nomor sasis 5095 berhasil terjual hingga US$ 32 juta. Menurut data Historic Automobile Group International (HAGI), harga mobil klasik Ferrari terus naik dan di kuartal pertama 2012 ini ada kenaikan 4,82 persen.
Sebelum Ferrari 250 GTO bekas punya Stirling Moss ini memecahkan rekor, predikat mobil termahal di dunia dipegang oleh Type 57SC Bugatti Atlantic lansiran 1936 yang dibeli oleh seorang kolektor asal California di 2010.
Dia tidak mengungkapkan berapa uang yang dia keluarkan untuk mobil ini tapi diperkirakan antara US$ 30-34 juta.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]3. Aston Martin DBR1/2 - US$32 juta (2012)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]

Quote:
Mobil ini adalah salah satu mobil Aston Martin paling ikonik di dunia. Menyandang nama DBR1/2, mobil ini pernah memenangkan kejuaraan Le Mans di tahun 1959 ketika dikendarai oleh pembalap legendaris Sir Stirling Moss.
Dengan angka 20 juta pounds atau Rp 303 miliar tersebut, Aston Martin DBR1/2 pun menjadi mobil Inggris termahal di dunia jauh mengalahkan Bentley 1929 yang terjual 5 juta pounds tapi sedikit dibawah mobil termahal di dunia yang disandang Ferari 250 GTO yang berharga 22 juta pounds.
Mobil berkelir hijau ini dibuat pada tahun 1957 dan masih dalam kondisi prima meski sudah berumur lebih dari setengah abad.
Selain Le Mans, mobil ini juga memenangkan kejuaraan Trophy Tourist RAC di Goodwood pada tahun 1958 dan 1959. Dan hingga kini, mobil tersebut masih bisa berlari.
Dengan angka 20 juta pounds atau Rp 303 miliar tersebut, Aston Martin DBR1/2 pun menjadi mobil Inggris termahal di dunia jauh mengalahkan Bentley 1929 yang terjual 5 juta pounds tapi sedikit dibawah mobil termahal di dunia yang disandang Ferari 250 GTO yang berharga 22 juta pounds.
Mobil berkelir hijau ini dibuat pada tahun 1957 dan masih dalam kondisi prima meski sudah berumur lebih dari setengah abad.
Selain Le Mans, mobil ini juga memenangkan kejuaraan Trophy Tourist RAC di Goodwood pada tahun 1958 dan 1959. Dan hingga kini, mobil tersebut masih bisa berlari.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]4. 1963 Ferrari 250 GTO - US$19,4 juta (2010)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]

Quote:
Ferrari 250 GTO merupakan salah satu mobil paling diincar oleh para kolektor dan mobil lansiran 1963 yang satu ini dibeli oleh pesohor asal Inggris, Chris Evans di 2010.
Tercatat hanya 36 mobil Ferrari 250 GTO yang dibuat di dunia dan hanya 2 unit yang tercatat masuk balai lelang selama 18 tahun terakhir.
Di 2010 itu, mobil ini tercatat laku terlelang hingga US$ 19,4 jutaan atau sekitar Rp 186,5 jutaan.
Tercatat hanya 36 mobil Ferrari 250 GTO yang dibuat di dunia dan hanya 2 unit yang tercatat masuk balai lelang selama 18 tahun terakhir.
Di 2010 itu, mobil ini tercatat laku terlelang hingga US$ 19,4 jutaan atau sekitar Rp 186,5 jutaan.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]5. 1957 Ferrari 250 Testa Rossa - US$ 16,9 juta (2011)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]

Quote:
Makin tua makin jadi. Mungkin itulah ungkapan yang tepat bagi mobil ini. Bukan apa-apa, Ferrari 250 Testa Rossa lansiran tahun 1957 ini ternyata bisa laku terlelang hingga angka yang membuat geleng-geleng kepala, yakni US$ 16,4 juta atau sekitar Rp 140,1 miliar.
Ferrari 250 Testa Rossa lansiran tahun 1957 ini membuat gebrakan dalam sebuah lelang yang berlangsung di Monterey, California, Amerika Serikat tahun lalu.
Harga tinggi yang didapat mobil ini diprediksi timbul karena mobil ini memiliki nilai jual yang tinggi karena mampu membawa Ferrari mencapai popularitas dalam sejarah balap dunia dan karenanya pantas untuk dikoleksi.
Apalagi, mobil Ferrari 250 Testa Rossa lansiran tahun 1957 yang dilelang ini merupakan sebuah mobil prototype dan karena itu, mobil ini bisa dibilang adalah mobil pertama dalam sejarah panjang 'red hed' design pada tahun 60an.
Selain itu, mobil yang memiliki wajah ala 1958 Le Mans NART (North American Racing Team) livery ini juga berada dalam kondisi prima setelah direstorasi.
Ferrari 250 Testa Rossa lansiran tahun 1957 ini membuat gebrakan dalam sebuah lelang yang berlangsung di Monterey, California, Amerika Serikat tahun lalu.
Harga tinggi yang didapat mobil ini diprediksi timbul karena mobil ini memiliki nilai jual yang tinggi karena mampu membawa Ferrari mencapai popularitas dalam sejarah balap dunia dan karenanya pantas untuk dikoleksi.
Apalagi, mobil Ferrari 250 Testa Rossa lansiran tahun 1957 yang dilelang ini merupakan sebuah mobil prototype dan karena itu, mobil ini bisa dibilang adalah mobil pertama dalam sejarah panjang 'red hed' design pada tahun 60an.
Selain itu, mobil yang memiliki wajah ala 1958 Le Mans NART (North American Racing Team) livery ini juga berada dalam kondisi prima setelah direstorasi.
Quote:
Code:
[CENTER][FONT="Arial Black"][SIZE="4"][COLOR="DarkGreen"][B]6. 1931 Bugatti Royale Kellner Coupe - US$ 14,9 juta (1987)[/B][/COLOR][/SIZE][/FONT][/CENTER]

Quote:
Di antara banyak mobil yang masuk daftar ini, mobil ini merupakan salah satu mobil termahal yang telah terlelang dengan harga tinggi pada puluhan tahun silam.
Ya, sebab Bugatti Royale Kellner Coupe lansiran 1931 ini telah dilelang sejak 1987 silam. Bahkan 15 tahun silam, mobil ini telah mampu menggaet pembeli untuk memboyongnya dengan harga US$ 14,9 jutaan.
Pembeli mobil ini adalah seorang kolektor asal Jepang yang namanya tidak mau diberi tahu namanya. Bila harga saat itu dikonversi dengan inflasi selama 15 tahun terakhir, maka mobil ini sebenarnya bisa jadi akan berada di posisi kedua.
Ada rumor yang berkembang kalau mobil klasik ini akan kembali mawarnai balai lelang. Bila itu benar-benar terjadi, rekor sangat mungkin akan tercapai mengingat harga yang bisa digapainya 15 tahun silam itu.
Ya, sebab Bugatti Royale Kellner Coupe lansiran 1931 ini telah dilelang sejak 1987 silam. Bahkan 15 tahun silam, mobil ini telah mampu menggaet pembeli untuk memboyongnya dengan harga US$ 14,9 jutaan.
Pembeli mobil ini adalah seorang kolektor asal Jepang yang namanya tidak mau diberi tahu namanya. Bila harga saat itu dikonversi dengan inflasi selama 15 tahun terakhir, maka mobil ini sebenarnya bisa jadi akan berada di posisi kedua.
Ada rumor yang berkembang kalau mobil klasik ini akan kembali mawarnai balai lelang. Bila itu benar-benar terjadi, rekor sangat mungkin akan tercapai mengingat harga yang bisa digapainya 15 tahun silam itu.
Quote:
LANJUT KE BAWAH
V
V

V
V

0
3.4K
Kutip
28
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan