Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MegadethAvatar border
TS
Megadeth
(Sharing dan Tanya) Mengirim Surat dengan Perangko Melalui Kantor Pos
Pendahuluan
Halo rekan2 SP, mungkin thread saya kali in tidak secara langsung komplain (walaupun agak sedikit berbau komplain juga sih nanti di cerita saya), tapi sekalian sharing dan bertanya-tanya juga kepada teman2 disini, yang mungkin hobi atau sering mengirim surat dengan menggunakan perangko via Pos Indonesia.

Seiring dengan majunya teknologi, khususnya di kawasan kota-kota besar (bahkan kota-kota kecil pun), mengirim pesan / berita / informasi menjadi semakin mudah. Media berupa, sms, blackberry messenger dan email seolah memberikan akses seketika dalam memberikan informasi dalam bentuk apapun (sebut saja kata-kata hingga file-file komputer seperti foto dan dokumen word/pdf/dsb)

Maka dengan demikian, pengiriman surat melalui perangko terdengar seperti ketinggalan jaman. Namun memang masih ada segelintir orang yang menggunakan jasa ini. Termasuk saya. Namun, saya menggunakan jasa ini tidak untuk mengirim informasi, melainkan mengirim undian berupa TTS yang disajikan Harian Kompas tiap dua minggu sekali. (Alhamdulillah pernah menang sekali, meskipun cuman dapat Rp 250.000 tapi kan lumayan..hehe)

Seperti yang saya katakan sebelumnya, undian tersebut saya ikuti dengan mengirimkan jawaban yang ditulis, dimasuki amplop dan ditempel prangko sebesar Rp 2000 dan saya masukan di kantor pos terdekat, sampai suatu saat ada peristiwa seperti ini:

Kronologis
Saya (S): Mbak, beli prangkonya dua.
Pegawai Kantor Pos (P):Buat apa mas?
S: Ini ngirim surat
P: Kalo itu mah mending pakai pos tercatat / pos kilat aja mas..kalau prangko kan cuman khusus untuk kartu pos aja...
S: (agak bingung) ohya? (berpikir, apa jangan2 Pos Indonesia mengeluarkan kebijakan baru, dimana mengirim surat sekarang tidak bisa pakai prangko?)
P: Iya mas, kalo prangko kan sampenya bisa 10 harian gitu...mending pake pos kilat, langsung sampe..
S: (dalam hati, tau kok kalau pake prangko lama sampainya..tapi kan yang penting sampai..buktinya undian TTS Kompas yang saya kirim pake prangko, berhasil saya menangkan)

Akhirnya saya putuskan utk tetap beli perangko di kantor pos itu, dan tidak mengirimkan undian tersebut dan baru esoknya mengirimkannya di kantor pos lain..dan diterima dengan baik oleh pegawainya.


Menurut teman-teman, apa pendapat teman-teman dari cerita saya ini?

Adakah kecenderungan utk mengalihkan metode pengiriman surat saya dari yang menggunakan jasa prangko dgn hanya membayar Rp. 2.000 per surat menjadi menggunakan jasa pos kilat yang mencapai Rp. 9.000 per surat?


Demikian, apabila ada kesalahan, mhn maaf.

Terima kasih
0
36.5K
16
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan