Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fiandra27Avatar border
TS
fiandra27
(CATOPER) Dolo Waterfall
Kali ini saya akan menceritakan pengalaman jalan-jalan saya pada waktu itu yang kebetulan ditugaskan di Kediri. Yupz, sekadar jalan-jalan untuk melupakan segala hal yang berurusan dengan rutinitas sehari-hari. Tujuan kali ini adalah jalan-jalan ke Air Terjun Dolo. Buat yang di Kediri mungkin sudah ada yang pernah kesana. Kalau belum saya sangat sarankan untuk kesana.

Kabupaten Kediri memiliki beberapa air terjun yang cantik.Salah satunya, Air Terjun Dolo. Tempat wisata ini terletak di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo,Kediri. Jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat, kurang lebih 25 kilometer. Peta dan Koordinat GPS: 7°52'10"S 111°50'5"E. Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah dan mudah.

Berangkat jam setengah 8 dari Hotel Merdeka Kediri, bersama kedua teman saya Galang dan Angga yang memang asli Kediri, dengan dua buah sepeda motor. Sebelumnya kita mampir dulu ke rumahnya Galang untuk menukar sepeda motor milik Angga dengan sepeda motor lain yang dipunyai oleh Galang, dikarenakan sepeda milik Angga rada rawan jika buat ngetrack keatas. Galang berboncengan dengan Angga, sedangkan saya menyetir sendiri dengan menggunakan sepeda milik Galang.

Perjalanan dimulai dari rumah Galang pada jam 09:00 WIB, melewati Terminal Kediri, kearah Puhsarang sebelumnya, dari Puhsarang ke Besuki dengan sepanjang perjalanan bagus banget pemandangannya, nggak nyesel nggeber motor sampe atas. Apalagi disertai kabut dan rintik air, menambah keindahannya. Selama perjalanan kita mendapati beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan dan minuman hangat.

Tidak lupa kita berhenti di suatu jembatan yang ada di lembah di Besuki untuk foto-foto. Ketika berfoto-foto ria, ternyata saya merasakan bahwa kegiatan kita dari tadi dilihat seorang pria dengan motor GL-Maxnya emoticon-Takut (S).. Waktu itu saya bilang ke teman-teman, ada yang aneh dari pria ini, dikarenakan ketika kita melaju dengan sepeda motor kita, dia menguntit kita, entah dari kapan dia menguntit, dan ketika kita berhenti, diapun ikut berhenti. Ketika itu saya putuskan ke teman-teman untuk segera memacu motor mereka ke kawasan air terjun. Sembari melihat ke kaca spion, si pria ini terus menguntit kita, akhirnya sambil memacu motor, saya memberitahukan ke teman-teman agar berbalik arah kearah kawasan warung-warung kecil. Setelah sampai di warung, kita memesan beberapa camilan dan minuman hangat (Nescafe), dan berdiskusi soal penguntit tadi, dan diskusi kami ternyata didengar oleh sang pemilik warung. Mereka menjawab, maybe sang penguntit tadi warga sekitar Besuki. Mereka bilang tidak usah khawatir. Akhirnya, setelah merasa lebih tenang, kita melanjutkan perjalanan.emoticon-Malu (S)

10:00 WIB, Akhirnya sampai juga di kawasan Dolo. Sampai di titik pemberhentian, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju air terjun. Jalan yang kita lewati terbuat dari bebatuan yang desainnya dipadu dengan lingkungan. Sehingga kesan alami tetap terjaga. Apalagi di saat-saat tertentu, suara kicau burung terdengar tanpa henti. Setelah kurang lebih 15 menit menapaki anak tangga yang berjarak 750m dengan lambat laun kita akan mendengar gemricik air terjun. Letak kawasan wisata air terjun ini berada di bagian timur lereng gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 m dpl.. Tumpahan airnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 125 meter, dan memiliki 3 undakan di bagian bawahnya. Debit air yang dicurahkan tidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati. Begitu mendekati air terjun ini,kita langsung merasakan butiran-butiran air terjun yang sebagian terbang mengikuti angin. Suara gemuruh airnya seperti melengkapi sensasi Air Terjun Dolo.

12:00 WIB, setelah berfoto-foto ria, kami memutuskan untuk sesegera pulang dikarenakan gerimis sudah mulai mengundang. Untuk balik ke atas dibutuhkan tenaga yang lumayan, heuehue..+/- 3km dari titik awal emoticon-Malu (S)

12:30 WIB, Setelah sampai ke tempat parkiran kendaraan, akhirnya kita cepat-cepat pulang dengan menggunakan Rain Coat, dan hujan deras menemani perjalanan pulang kita sampai di daerah Puhsarang

NB:
1. Tiket masuk = Rp. 3000/orang emoticon-I Love Indonesia (S)
2. Jalan menuju lokasi rawan longsor. emoticon-Berduka (S)
3. Tempat Parkir lumayan luas dengan musholla yang bersih. emoticon-I Love Kaskus (S)
4. Banyak penjual makanan di kawasan ini yang juga menjual Durian hutan. emoticon-Genit:
5. Total lama perjalanan dari kota Kediri untuk ke lokasi air terjun = 1,5 jam emoticon-Malu (S)
6. Jangan lupa membawa jaket. emoticon-Malu (S) jaket idup jga ndak apa2 emoticon-Malu (S)

PHOTO'S

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for Monkey king /:capedes/:


Spoiler for ngambil dari web:


Spoiler for 6:


Spoiler for kebelet boker :


Spoiler for personil :mahos:



Sampahnya dibawa turun yak kkemoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan