Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mubarak.20Avatar border
TS
mubarak.20
Cucu Suka Justin Bieber, Megawati Sindir Puan
SURABAYA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarno Putri menilai kebudayaan Indonesia berada dalam keadaan bahaya. Menurut dia, kondisi itu tampak dari rendahnya perhatian generasi muda terhadap seni budaya bangsa seperti kesenian maupun tari tradisional.

"Sebaliknya, perhatian berlebihan justru diberikan pada kebudayaan asing," kata Megawati ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/10/2012).

Ketika itu, Megawati tengah menjelaskan kembali mengenai Trisaksi peninggalan proklamator Soekarno, yakni berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Megawati menjabarkan Trisakti itu tanpa membawa lembaran naskah. Mantan Presiden RI tersebut membaca isi pidato dengan alat bantu teleprompter. Namun, terkadang Megawati berimprovisasi di luar naskah yang disiapkan seperti ketika menjelaskan berkepribadian dalam budaya.

Megawati curhat perilaku cucunya yang juga anak dari putrinya, Puan Maharani. Sang cucu lebih tertarik terhadap artis luar negeri ketimbang dalam negeri.

"Mu (panggilan nenek) senang tidak dengan Justin Bieber? Dia keren yah? Ganteng yah?" cerita Megawati mengutip pernyataan cucunya.

Megawati lalu menyebut bahwa artis Indonesia juga banyak yang bagus. Awanya, dia memperkenalkan penyanyi Bob Tutupoli. Rupanya, sang cucu mengenal artis lawas itu, tetapi menilai tidak masuk ukurannya lantaran sudah tua. Megawati lalu menyebut artis lain, Nazril Irham alias Ariel.

"Ah, that's right. Ting... Matanya berbinar-binar. Syukur, syukur, syukur masih ada juga dari Indonesia yang dia senangi," cerita Megawati disambut tawa para kader PDI-P yang hadir di lokasi Rakernas di Pakuwon Imperial Ballroom.

Istri Ketua MPR Taufiq Kiemas itu menilai kondisi yang dialami cucunya dan juga generasi muda lain bukan karena kesalahan si anak. Menurut dia, kesalahan ada pada orangtua yang tidak mengajarkan kepada anak-anaknya untuk mencintai budaya bangsa.

"Itu kesalahan generasi itu? Yah tidak. Siapa suruh kita orangtua tidak mengajarkan budaya kita kepada mereka. It's ok, kamu mau ke Hard Rock dan sebagainya. Jangan jadi bangsa kuper. Mudah-mudahan banyak didengar oleh orangtua, yah," pungkas Megawati lalu kembali disambut tawa para kadernya.

http://nasional.kompas.com/read/2012...ti.Sindir.Puan

si ibu mah kritis, tapi waktu memimpin negara ini sama aja seperti presiden sebelumnya.. gak ada bedanya. soal kedele lah, soal budaya lah, soal tata ruang lah. dan banyak lagi, tapi ya begitu pada jamannya si ubuini memimpin ga berubah juga dari pemerintahan sebelumnya....
0
4.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan