alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014343385/make-aerio-amp-baleno-nextg-kumpul-di-mari
Quote:Original Posted By devilbuzz
thanx info nya ya. tinggal tgg hasil dari beress nya aja nih emoticon-Big Grin



kalo kayak gini, kayaknya ngerasa aki nya yg defect deh.. krn itu aki baru beli mei 2012 ini.. krn mekanik nya beres bilang alternatornya berfungsi dgn baik..

charger aki nya yg pake kabel listrik itu ya? kmrn liat d ace hardware, 200rb an kalo ga salah... jd pengen beli deh heheheheh


suck memang kalo kena aki defect..... secara harga aki mahal emoticon-Frown
aku masih mendingan berarti, sebenernya aki bawaan dari pemilik sebelumnya sih, aki MF cuman kalo liat bon pembeliannnya blom ada 2 tahun rasanya jengkel bener, apalagi pas dicek voltase akinya seakan2 full charge....ini yang bikin aku ragu apa bener dari akinya.... secara ga punya alat buat test beban (load test)

yup yang kek ntuh.... aku beli di ace yang kurang dari 200rb om emoticon-Big Grin
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

Ya memang kalo mau cari di toko luaran keknya lebih murah dari ace, tp disesuaikan aja ama waktu buat carinya, kalo aku dah ga sempet blusukan cari2 ke toko2 *yang harganya kalo kita tanya2 doang jadi sungkan* jadi ya beli di ace emoticon-Malu

charger aki secara simpel sih dilihat dari :
1. kapasitasnya (baca Amperenya)
semakin gede ampere maka semakin cepet aki cepet full, tapi ya harganya mahal.....
punyaku 2 Ampere aja, jadi kecil..... cuman karena aku bisa charge semalaman dan tinggal tidur, so ga terlalu butuh ampere gede.

2. phase nya.
Kalo secara lengkap sih bisa sampe 7 phase..... cuman ya mahal...
yang simpel aja bisa 2 phase atau 1 phase....
kalo 1 phase isinya cuman charge aja, kalo aki dah penuh kudu dilepas chargernya kalo kelamaan bisa over charge
kalo 2 phase isinya selain charge juga ada maintenance, kalo aki udah penuh dia kasi arus lebih kecil untuk maintenance supaya aki tetep penuh, jadi aman untuk ditancepin berlama2

nah yang punyaku 2 phase ntuh om....cuman ampere kecil jadi ya murah....
kalo ampere kecil gini juga aman buat charge aki motor.... emoticon-Big Grin

trus tips aki baru sih setelah beli, charge sampe penuh.... karena dry charge dari pabrik pasti berkurang selama aki ada di toko..... padahal aki tipe lead acid ntuh bisa bikin sulfatasi di platnya kalo dibiarkan dalam kondisi discharge terlalu lama.....so kalo ada charger sendiri bisa bikin 100% charge untuk memperpanjang umur aki...... ntuh teorinya sih emoticon-Big Grin
prakteknya baru aku terapkan di aerio..... aki pembelian mei 2009, sampe sekarnag masih terpasang dan ga pernah gagal starter emoticon-Big Grin
jadi aki yang aku test ini : http://otodiy.blogspot.com/2010/01/d...angan-aki.html masih aku pakai sampe sekarang emoticon-Big Grin
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.
yang next g baru ganti aki, jadi blom tau apa tips di atas berlaku juga apa enggak... emoticon-Big Grin

regards,
singachu
Quote:Original Posted By Biumer
mau tanya masalah aerio mt
ada montir yang pernah ngecek ane, dia bilang cyilnder assy head bermasalah, dan nyaranin ganti beserta seal dsb, soalnya dulu pernah discrub ama dia.
dan dia bilang harus ganti
Head assy clylinder, gasket cylinder head, bolt kes oli, bolt head, seal oli, gasket intake manifold, o-ring pompa

ane butuh second opinion (ane awam banget masalah mobil)
1.Untuk ngecek cylinder assy head dan lain2 masih bagus gimana ya, apa ada biaya ?
2.apa ada bengkel resmi suzuki yang recommended jabodetabek, yang ngatasin masalah, bukan sekedar ganti2 yang gak ada hubungannya (pengalaman ane di beres dewi sartika, yang bermasalah apa diganti yang lain)
3. Untuk barang yang dibeli di Senen (sentosa), jika kategori original apakah sama dengan barang bengkel resmi ?
4. apa mungkin kalau beli sparepart di luar gitu, bengkel resmi suzuki mau pasangin ?

sementara itu dulu gan, makasih atas jawabannya, emoticon-I Love Indonesia (S)


Salam keal om ..

bantu jawab aja yng nomer 3 dan 4 ...
3.kalau nomer part sama dan bungkus sama semoga sama dengan orisinilnya, selama ini gw belanja di sentosa atrium .. cukup puas juga om ...
4. ada pengalaman ke bengkel resmi bawa spare part dr luar ... masih bisa ... hanya mereka tidak bisa kasih garansi pengerjaan apabila bermasalah ... waktu itu genti kampas kopling om ...

semoga berkenan om ..

Quote:Original Posted By the_sixth_sense


magnatec 10/40 di jkt sih masih kisaran 240 rebuan om emoticon-Embarrassment
tapi ogut pake nya top1 10/30 emoticon-Big Grin



di tempat ogut genti ban... lupa nama nya emoticon-Hammer
di ruang tunggu nya, ntuh yg di display liqui moly semuah emoticon-Big Grin


gw pake eneos 10/40 om .... harga 220 rebu ..
Quote:Original Posted By robin1977
..Alhamdulillah baru nebus baleno next g 2003..
..cuman kendalanya Electric Mirror dah ga fungsi..bisa dibenerin ngga ya?..
..mohon bantuannya para suhu baleno lovers..
..terimakasih..
..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-Shakehand2

selamat bergabung gan....
kendala electric mirror?? bisa gan...
ke spesialis spion aja...

Ganti LED Speedometer jadi putih ???

Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.

Spoiler for ritual_bongkar:


Sekedar tips, dari petunjuk om CT untuk mencabut jarum penunjuk kecepatan, tacho, bahan bakar, dan temperatur disarankan untuk menggunakan pinset. Tapi ternyata dengan tangan kosongpun bisa dengan mudah dilepas. Caranya dengan menarik pelan2 sambil memutar berlawanan arah jarum jam (kecuali jarum penunjuk bahan bakar muternya searah jarum jam). Dengan demikian jarum akan mudah sekali dilepaskan.

Spoiler for cek_nyala_LED:


Ini adalah kondisi sebagian lampu indikator dan semua lampu backlite menyala. Lampu LED yang mengiluminasi panel sebenernya hanyalah 6 buah yg ditunjuk oleh tanda panah. Masing2 dua biji di deket jarum tacho & speed, dan masing2 satu biji di deket jarum temperatur dan BBM.

Spoiler for bentuk_LED_SUPERFLUX:


Ini adalah potret jarak dekat bentuk *LED SUPER FLUX yg dimaksud (*cmiiw). Jelas lokasinya berada di sebelah batang jarum, karena fungsinya sekaligus juga mengiluminasi jarum tersebut.

Spoiler for test_pake_lampu_senter_1_LED_PUTIH:


Dan ini adalah percobaan ane tanpa menggunakan rangkaian PCB aslinya, melainkan hanya menggunakan lampu senter LED (1 biji, kebayang kira2 seberapa terangnya dengan 6 biji?) yang saya posisikan kira2 di lokasi LED aslinya, sekedar untuk membuktikan bahwa lembaran panel meter tersebut sebenernya berwarna putih. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita bikin variasi warna misalkan dengan mika untuk jilid yg berwarna-warni untuk melapisi bagian tertentu, misal untuk angkanya dibikin warna lain.

UPDATE !!!!

Akhirnya, setelah iseng nyambangin toko elektronik, ane nemu LED fleksibel kaya gini.

Spoiler for LED_FLEKSIBEL:


Harganya seribu per biji, tapi belinya kudu kelipatan 3 biji. Akhirnya belilah 7 ruas (21 biji) seharga 21 ribu.

Spoiler for perbandingan_LED_lama_vs_baru:


Ini setelah di potong dan di kupas pembungkusnya, untuk kemudian dibandingkan ukurannya, dan ternyata sama persis. Untuk tegangan juga udah aku tes, maksimal 4volt udah putus, 3volt masih oke. Tapi sayangnya aku cek di rangkaian PCB speedometernya isinya justru cuman sekitar 1,5v. Meskipun sebenernya kurang terang, tapi justru relatif aman gak takut putus. Hehehe...

Okelah, untuk ritual solder menyolder lepas dan pasang LED ane gak bisa dokumentasikan, soalnya tangan kepake semua, dan itupun udah dibantu istri megangin PCBnya emoticon-Malu (S)

Spoiler for Mika_warna_warni:


Untuk tambahan variasi, aku pake mika transparan warna warni untuk gaya ala OPTITRON emoticon-Wink

Spoiler for tempel_di_belakang_lembar_panel:


Cukup dibentuk sesuai keinginan, dan ditempelkan di belakang lembar panelnya.
Oh iya, LCD odometernya juga aku kasih mika biru dibelakangnya, serasa kaya honda megapro emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for HASIL_AKHIR:


Dan hasil akhirnya adalah seperti ini, hehehe... matching ama warna HeadUnit originalnya kan???


UPDATE LAGI !!!

Nyala panel sudah dialihkan ke ACC1, bukan lampu senja lagi.

Terimakasih. emoticon-shakehand
Taunya packing knalpot bocor darimana? dari suaranya ato dari tarikannya yg ngempos?

Quote:Original Posted By AgenDunia
Pengen share pengalaman waktu hunting oreo kesayangan 3 tahun yang lalu.. Btw pilihan pertama terlihat di WTC, mobil warna merah, ngakunya tangan pertama tapi klo diliat dari tahun di plat no kok beda,, abis itu yg jual ngaku lupa klo ternyata bukan tangan pertama tapi tangan kedua bekas mobil operasional kantor.. emoticon-Hammer2
Muter2 tapi yg dicari ga ada, gw nyari yg manual tapi rata2 matic semua emoticon-Frown.
Setelah pegel akhirnya nyoba nyari di mangga dua square seberang WTC, terlihatlah sesosok oreo biru metalik yang kelihatan kinclong.. gw pake trik pura2 tanya harga mobil yang disebelah si oreo, livina klo ga salah,, pura2 berminat padahal minatnya sama oreo emoticon-Big Grin.. Abis coba liat2 livina, dengan gaya sok2 ga suka dengan model oreo gw tanya deh harganya, klo ga salah dibilang 90jt, langsung dengan muka menghina gw bilang "beuh, mahal banget, padahal modelnya udah agak jadul emoticon-Big Grin" .. Abis itu harga langsung drastis diturunin,, padahal gw belum nawar.. *berhasil emoticon-Big Grin .. Setelah sepakat dengan istri, diam2 gw panggil orang bengkel buat ngetes.
Orang bengkel ngetesnya sadis,, di parkiran di kebut pake gigi 1, sampe gw ama orang showroom yg nemenin pucat pasi.. abis itu dikasi tau klo mesin oke, body ok, cuman katanya packing knalpot agak bocor. Abis itu baru gw nawar... walau hasilnya ga jauh2 dari harga terakhir..
So far si oreo ga pernah ngulah yg aneh2. masih yg wajar2 sewajarnya mobil usia senja..

Oya om2, mau tanya sekalian, remote udah ganti batere tapi waktu sekring alarm dipasang langsung menyala tapi ga respon dengan remote. Apa ada cara2nya supaya alarm bisa sinkron dengan remote lagi? thx


Salam kenal agan2. Sy pengguna aerio 2005 matic hitam.

Kenangan pakai ini boil enak bgt.. Cuma ane mau lepas ini mbl.

Kalau dri agan2 ada yg minat dan lagi cari aerio bs pm sya yah atau lihat di profile sya bagian my thread ada link nya kesna..

Salam bgi pengguna aerio..
Quote:Original Posted By singachu
om MikeToyota jagonya om.....

Next G ku.....well nabrak pager tetangga secara frontal, baret dua2nya emoticon-Ngakak

tp emang beneran nabrak pager tetangga kok....bini mau masukin mobil, posisi mobil serong siap mundur..... turun mobil mau buka pagar, tuas di netral aja ga pake handrem..... ama anak digeser ke D...mantep nyeruduk pintu pager sampe ga bisa dibuka..... emoticon-Cape d... (S) malem aku pulang kerja, mbetulin pager tetangga biar bisa dibuka, betulin gerendel ga berhasil, terpaksa minjemin rantai ama gembok dulu emoticon-Embarrassment

regards,
singachu


nama gw koq disebut2 disini om singa emoticon-Cape d... (S)
Wah ac ane kok bermasalah.
Kalo lagi macet2an, ac jadi gak dingin. Kalo jalan lagi baru normal.
Kadang bisa ndut2an, kek clutch putus sambung berulang2.

Tadi dicek di tukang ac, ada masalah di bag fan radiator yg gak nyala.
Ane perhatiin kok cuma fan yg high speed yg nyala, yg low speed kagak nyala.
Kira2 error dr bag mana ya? Mohon bantuannya.
Quote:Original Posted By sinxa
Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.


Spoiler for HASIL_AKHIR:


Dan hasil akhirnya adalah seperti ini, hehehe... matching ama warna HeadUnit originalnya kan???


UPDATE LAGI !!!

Nyala panel sudah dialihkan ke ACC1, bukan lampu senja lagi.

Terimakasih. emoticon-shakehand


Jozz Banget Om ..... emoticon-thumbsup

sekalian Katana gw donk om ...... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Zindro
Wah ac ane kok bermasalah.
Kalo lagi macet2an, ac jadi gak dingin. Kalo jalan lagi baru normal.
Kadang bisa ndut2an, kek clutch putus sambung berulang2.

Tadi dicek di tukang ac, ada masalah di bag fan radiator yg gak nyala.
Ane perhatiin kok cuma fan yg high speed yg nyala, yg low speed kagak nyala.
Kira2 error dr bag mana ya? Mohon bantuannya.


jangan2 Fan AC sdh minta pensiun om ?
Coba pas nyalain mobi pagi2.... langsung AC dinyalain om.... lihat dulu muternya fan AC.
Quote:Original Posted By singachu
suck memang kalo kena aki defect..... secara harga aki mahal emoticon-Frown
aku masih mendingan berarti, sebenernya aki bawaan dari pemilik sebelumnya sih, aki MF cuman kalo liat bon pembeliannnya blom ada 2 tahun rasanya jengkel bener, apalagi pas dicek voltase akinya seakan2 full charge....ini yang bikin aku ragu apa bener dari akinya.... secara ga punya alat buat test beban (load test)

yup yang kek ntuh.... aku beli di ace yang kurang dari 200rb om emoticon-Big Grin
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.



regards,
singachu



weeew.... alat perangnya lengkap banget .... emoticon-thumbsup
Bisa pinjem tuh kalau aki gw bermasalah.... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Galagajrut
jangan2 Fan AC sdh minta pensiun om ?
Coba pas nyalain mobi pagi2.... langsung AC dinyalain om.... lihat dulu muternya fan AC.


Fan AC normal sih om, masih kenceng.
Ini malah fan radiator, biasanya kan lama baru muter. Nah sekarang lamaaaaa banget, kalo muter bentar doang terus mati. Perasaan yg low speed kagak aktif.
Quote:Original Posted By sinxa
Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.

Spoiler for ritual_bongkar:


Sekedar tips, dari petunjuk om CT untuk mencabut jarum penunjuk kecepatan, tacho, bahan bakar, dan temperatur disarankan untuk menggunakan pinset. Tapi ternyata dengan tangan kosongpun bisa dengan mudah dilepas. Caranya dengan menarik pelan2 sambil memutar berlawanan arah jarum jam (kecuali jarum penunjuk bahan bakar muternya searah jarum jam). Dengan demikian jarum akan mudah sekali dilepaskan.

Spoiler for cek_nyala_LED:


Ini adalah kondisi sebagian lampu indikator dan semua lampu backlite menyala. Lampu LED yang mengiluminasi panel sebenernya hanyalah 6 buah yg ditunjuk oleh tanda panah. Masing2 dua biji di deket jarum tacho & speed, dan masing2 satu biji di deket jarum temperatur dan BBM.

Spoiler for bentuk_LED_SUPERFLUX:


Ini adalah potret jarak dekat bentuk *LED SUPER FLUX yg dimaksud (*cmiiw). Jelas lokasinya berada di sebelah batang jarum, karena fungsinya sekaligus juga mengiluminasi jarum tersebut.

Spoiler for test_pake_lampu_senter_1_LED_PUTIH:


Dan ini adalah percobaan ane tanpa menggunakan rangkaian PCB aslinya, melainkan hanya menggunakan lampu senter LED (1 biji, kebayang kira2 seberapa terangnya dengan 6 biji?) yang saya posisikan kira2 di lokasi LED aslinya, sekedar untuk membuktikan bahwa lembaran panel meter tersebut sebenernya berwarna putih. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita bikin variasi warna misalkan dengan mika untuk jilid yg berwarna-warni untuk melapisi bagian tertentu, misal untuk angkanya dibikin warna lain.

UPDATE !!!!

Akhirnya, setelah iseng nyambangin toko elektronik, ane nemu LED fleksibel kaya gini.

Spoiler for LED_FLEKSIBEL:


Harganya seribu per biji, tapi belinya kudu kelipatan 3 biji. Akhirnya belilah 7 ruas (21 biji) seharga 21 ribu.

Spoiler for perbandingan_LED_lama_vs_baru:


Ini setelah di potong dan di kupas pembungkusnya, untuk kemudian dibandingkan ukurannya, dan ternyata sama persis. Untuk tegangan juga udah aku tes, maksimal 4volt udah putus, 3volt masih oke. Tapi sayangnya aku cek di rangkaian PCB speedometernya isinya justru cuman sekitar 1,5v. Meskipun sebenernya kurang terang, tapi justru relatif aman gak takut putus. Hehehe...

Okelah, untuk ritual solder menyolder lepas dan pasang LED ane gak bisa dokumentasikan, soalnya tangan kepake semua, dan itupun udah dibantu istri megangin PCBnya emoticon-Malu (S)

Spoiler for Mika_warna_warni:


Untuk tambahan variasi, aku pake mika transparan warna warni untuk gaya ala OPTITRON emoticon-Wink

Spoiler for tempel_di_belakang_lembar_panel:


Cukup dibentuk sesuai keinginan, dan ditempelkan di belakang lembar panelnya.
Oh iya, LCD odometernya juga aku kasih mika biru dibelakangnya, serasa kaya honda megapro emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for HASIL_AKHIR:


Dan hasil akhirnya adalah seperti ini, hehehe... matching ama warna HeadUnit originalnya kan???


UPDATE LAGI !!!

Nyala panel sudah dialihkan ke ACC1, bukan lampu senja lagi.

Terimakasih. emoticon-shakehand



AWESOME mameennnn.....
emoticon-thumbsup
posisi dimana gan??
oreo gw donk....
gw ga berani bongkar sndiri... emoticon-Malu

untuk kelengkapan
lampu LED + uang rokok + makan + minum + eeq
smuanya ane tanggung deh...
emoticon-thumbsup

NB :
rokok : max 15rb marlboro djarum gudang garem and degenk
makan : padang aja cukup
minum : teh botol sosor
eeq : di WC umum 2rban...
laporan minggu ini...
hari kamis - sabtu
mobil ane nginep dibengkel buat mencari rembesan oli
sangat sulid mencarinya...
ternyata egh ternyata...
klep control oil'nya yg bocor netes2 sampe vanbelt kececeran oli jg...
untuk saat ini vanbelt uda kering...
and klep control oli + seal vtec diganti...
damage cost : .:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

barang yg telah usang

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.
barusan ini malem....
ane ke gandaria city.. sehabis ntn ama dadar guling bermesraan
rangkul2an pelukan...
pas niat mao pulang... di parkiran.... pas panasin mbl...
didalem dasbord ane penuh dengan asepp gann......
emoticon-Takut ane ama dadar guling ane kluar dr mobil lsng...
asepnya kek org bakar sampah + bau menyengat dr dalem dasbord yg depan...
ane panikk emoticon-Cape d...
kluar dr mobil lsng...
ane pikir mao meledak itu mobil oreo ane....

ternyata..
konslet pada kabel variasi yg dipasang sama pengguna oreo ane sebelumnya...
anjritt....
itu kabel buat variasi lampu dipedal yg sudah tidak nyala
tp tetep tersambung listrikk....

ane msk lg ke ACEhardWARE beli obeng+gunting+solasiban
ane gunting itu kabel + ane solasiban dah...
alhamdulilah sampe rmh dengan selamat walau bau menyengat bekas kabel kebakar masi kecium...

barang bukti yg bikin konslet + bikin asep + bikin heboh parkiran....
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.
weh banyak DIY nih.....ntar malem diproses ah...

Quote:Original Posted By anakcumiasin
barusan ini malem....
ane ke gandaria city.. sehabis ntn ama dadar guling bermesraan
rangkul2an pelukan...
pas niat mao pulang... di parkiran.... pas panasin mbl...
didalem dasbord ane penuh dengan asepp gann......
emoticon-Takut ane ama dadar guling ane kluar dr mobil lsng...
asepnya kek org bakar sampah + bau menyengat dr dalem dasbord yg depan...
ane panikk emoticon-Cape d...
kluar dr mobil lsng...
ane pikir mao meledak itu mobil oreo ane....

ternyata..
konslet pada kabel variasi yg dipasang sama pengguna oreo ane sebelumnya...
anjritt....
itu kabel buat variasi lampu dipedal yg sudah tidak nyala
tp tetep tersambung listrikk....

ane msk lg ke ACEhardWARE beli obeng+gunting+solasiban
ane gunting itu kabel + ane solasiban dah...
alhamdulilah sampe rmh dengan selamat walau bau menyengat bekas kabel kebakar masi kecium...

barang bukti yg bikin konslet + bikin asep + bikin heboh parkiran....
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.


Weh turut berduka gan, untuk segera tanggap dan bisa terselesaikan dengan baik....
Ntuh lampu variasi pedal, maksudnya lampu buat nerangin kolong dashboard ya ?

regards,
singachu
Quote:Original Posted By sinxa
Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.

Spoiler for ritual_bongkar:


Sekedar tips, dari petunjuk om CT untuk mencabut jarum penunjuk kecepatan, tacho, bahan bakar, dan temperatur disarankan untuk menggunakan pinset. Tapi ternyata dengan tangan kosongpun bisa dengan mudah dilepas. Caranya dengan menarik pelan2 sambil memutar berlawanan arah jarum jam (kecuali jarum penunjuk bahan bakar muternya searah jarum jam). Dengan demikian jarum akan mudah sekali dilepaskan.

Spoiler for cek_nyala_LED:


Ini adalah kondisi sebagian lampu indikator dan semua lampu backlite menyala. Lampu LED yang mengiluminasi panel sebenernya hanyalah 6 buah yg ditunjuk oleh tanda panah. Masing2 dua biji di deket jarum tacho & speed, dan masing2 satu biji di deket jarum temperatur dan BBM.

Spoiler for bentuk_LED_SUPERFLUX:


Ini adalah potret jarak dekat bentuk *LED SUPER FLUX yg dimaksud (*cmiiw). Jelas lokasinya berada di sebelah batang jarum, karena fungsinya sekaligus juga mengiluminasi jarum tersebut.

Spoiler for test_pake_lampu_senter_1_LED_PUTIH:


Dan ini adalah percobaan ane tanpa menggunakan rangkaian PCB aslinya, melainkan hanya menggunakan lampu senter LED (1 biji, kebayang kira2 seberapa terangnya dengan 6 biji?) yang saya posisikan kira2 di lokasi LED aslinya, sekedar untuk membuktikan bahwa lembaran panel meter tersebut sebenernya berwarna putih. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita bikin variasi warna misalkan dengan mika untuk jilid yg berwarna-warni untuk melapisi bagian tertentu, misal untuk angkanya dibikin warna lain.

UPDATE !!!!

Akhirnya, setelah iseng nyambangin toko elektronik, ane nemu LED fleksibel kaya gini.

Spoiler for LED_FLEKSIBEL:


Harganya seribu per biji, tapi belinya kudu kelipatan 3 biji. Akhirnya belilah 7 ruas (21 biji) seharga 21 ribu.

Spoiler for perbandingan_LED_lama_vs_baru:


Ini setelah di potong dan di kupas pembungkusnya, untuk kemudian dibandingkan ukurannya, dan ternyata sama persis. Untuk tegangan juga udah aku tes, maksimal 4volt udah putus, 3volt masih oke. Tapi sayangnya aku cek di rangkaian PCB speedometernya isinya justru cuman sekitar 1,5v. Meskipun sebenernya kurang terang, tapi justru relatif aman gak takut putus. Hehehe...

Okelah, untuk ritual solder menyolder lepas dan pasang LED ane gak bisa dokumentasikan, soalnya tangan kepake semua, dan itupun udah dibantu istri megangin PCBnya emoticon-Malu (S)

Spoiler for Mika_warna_warni:


Untuk tambahan variasi, aku pake mika transparan warna warni untuk gaya ala OPTITRON emoticon-Wink

Spoiler for tempel_di_belakang_lembar_panel:


Cukup dibentuk sesuai keinginan, dan ditempelkan di belakang lembar panelnya.
Oh iya, LCD odometernya juga aku kasih mika biru dibelakangnya, serasa kaya honda megapro emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for HASIL_AKHIR:


Dan hasil akhirnya adalah seperti ini, hehehe... matching ama warna HeadUnit originalnya kan???


UPDATE LAGI !!!

Nyala panel sudah dialihkan ke ACC1, bukan lampu senja lagi.

Terimakasih. emoticon-shakehand





archieved : http://otodiy.blogspot.com/2012/10/d...eedometer.html
very nice mod emoticon-2 Jempol

regards,
singachu
Quote:Original Posted By anakcumiasin
laporan minggu ini...
hari kamis - sabtu
mobil ane nginep dibengkel buat mencari rembesan oli
sangat sulid mencarinya...
ternyata egh ternyata...
klep control oil'nya yg bocor netes2 sampe vanbelt kececeran oli jg...
untuk saat ini vanbelt uda kering...
and klep control oli + seal vtec diganti...
damage cost : .:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

barang yg telah usang

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.


archieved : http://otodiy.blogspot.com/2012/10/a...an-rembes.html

regards,
singachu
Quote:Original Posted By anakcumiasin
barusan ini malem....
ane ke gandaria city.. sehabis ntn ama dadar guling bermesraan
rangkul2an pelukan...
pas niat mao pulang... di parkiran.... pas panasin mbl...
didalem dasbord ane penuh dengan asepp gann......
emoticon-Takut ane ama dadar guling ane kluar dr mobil lsng...
asepnya kek org bakar sampah + bau menyengat dr dalem dasbord yg depan...
ane panikk emoticon-Cape d...
kluar dr mobil lsng...
ane pikir mao meledak itu mobil oreo ane....

ternyata..
konslet pada kabel variasi yg dipasang sama pengguna oreo ane sebelumnya...
anjritt....
itu kabel buat variasi lampu dipedal yg sudah tidak nyala
tp tetep tersambung listrikk....

ane msk lg ke ACEhardWARE beli obeng+gunting+solasiban
ane gunting itu kabel + ane solasiban dah...
alhamdulilah sampe rmh dengan selamat walau bau menyengat bekas kabel kebakar masi kecium...

barang bukti yg bikin konslet + bikin asep + bikin heboh parkiran....
.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.

.:Make Aerio & Baleno NextG? Kumpul di mari:.


archieved : http://otodiy.blogspot.com/2012/10/a...o-berasap.html
biar sebagai pengingat yang lain (including myself) untuk berhati2 dalam modifikasi emoticon-Angkat Beer

regards,
singachu
×