BERlSlKAvatar border
TS
BERlSlK
Pilgub Jabar Ajang Pertarungan Artis dengan Polisi
Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat akan diramaikan para artis dan jenderal polisi. Rachel Maryam dan Dede Yusuf sudah mendaftar bahkan mendapat lampu hijau dari partai masing-masing. Deddy Dores sudah mendaftar dari jalur independen, sementara Rieke “Oneng” Dyah Pitaloka masih menunggu restu dari DPP PDIP.

Di jajaran polisi, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur sudah mendaftar sebagai calon dari jalur independen. Sementara, Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna masih menunggu waktu yang tepat.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Kamarudin, menilai, siapa pun yang maju dalam Pilgub Jabar dia tidak sekadar iseng atau main-main. Pasalnya, ongkos politik sangat besar mengingat populasi penduduk Jabar lebih banyak dibanding daerah lainnya.

Kamarudin mengatakan, ada dua posisi yang cenderung diminati kalangan artis, yakni gubernur dan anggota DPR. Bila kalah di pilgub, setidaknya nama mereka sudah lebih populer untuk maju kembali di pemilihan legislatif 2014 mendatang.

“Bisa jadi dua momen ini yang dimanfatkan. Sebab, investasi yang dikeluarkan untuk meningkatkan popularitas sangat tinggi,” jelas Kamarudin kepada Okezone, Selasa (9/10/2012).

Dia menambahkan, kalangan artis akan mendapat hadangan berarti dari para petinggi Polri yang juga akan meramaikan pilgub.

”Ini akan lebih menarik. Kalau artis hanya mengandalkan popularitas tinggi, rasanya tidak cukup. Sebab, popularitas tidak selalu berbanding lurus dengan kemahiran berorganisasi politik,” terang dosen FISIP UI itu.

Menurutnya, para petinggi Polri sudah memiliki modal cukup saat bertugas di institusinya. Selain itu, mereka mendapat pendidikan kedisiplinan yang kuat, kemampuan berorganisasi, serta lebih terampil dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

”Kalau kita lihat ini berbeda dengan artis yang hanya mengandalkan popualritas. Sebab, kita tahu tidak ada wadah bagi para artis untuk belajar berorganisasi politik. Mereka hanya terkenal karena sering muncul di televisi,” simpulnya.

EMBER

Hayo Pilih yang mana
Quote:
0
3.6K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan