CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
(ABBeM) Anda Bertanya Berwin Menjawab - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013502542/abbem-anda-bertanya-berwin-menjawab---part-2

(ABBeM) Anda Bertanya Berwin Menjawab

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 386 dari 402
Win mw nanya dong

1.Sebenernya revolusi prancis yang menyebabkan kepala Louis XVI akhirnya di guillotine itu penyebabnya apa sampai separah itu ?

2.Waktu revolusi russia, gmana akhirnya nasib si trotsky emoticon-Malu
win, lebih efektif mana, perang pake pesawat tanpa awak atau pesawat konvensional??

lebih efisien mana??

di indonesia orang kebanyakan lebih pilih kredit motor keren ketimbang beli rumah, apakah hal demikian juga terjadi di singapur?? (mungkin perbandingannya bukan motor kali ya)

burung ente panjangnya berapa win?? emoticon-Genit
Quote:


1. Perancis bersaing dengan inggris dalam memperebutkan hegemoni di eropa dan "new world". Hal ini memakan biaya besar terutama keterlibatan perancis dalam revolusi amerika yang memakan biaya besar walaupun mereka mendapatkan wilayah yg cukup besar pula yang kemudain hari dikenal dengan nama Louisiana (Diambil dari nama Raja Louis).

Akibatnya pemerintah perancis mengalami kesulitan keuangan dan diperparah hasil panen yang buruk selama 2 thn beruntun membuat banyak rakyat perancis kelaparan dan kekurangan nutrisi.

Banyak ahli ekonomi/menteri ekonomi memberikan saran yaitu bahwa pajak di Perancis tidak dapat dinaikan lebih tinggi lagi karena masalahnya adalah terlalu banyak potongan pajak/penghapusan pajak bagi golongan bangsawan dan gereja yang dimana mereka menguasai hampir 70 % ekonomi perancis sedangkan populasi mereka tidak mencapai lebih dari 1 % populasi perancis. Hal ini menimbulkan ketidakseimbangan fiskal yg parah.

Namun usulan2x ini selalu berhasil dipatahkan oleh anggota parlemen ato lingkaran dalam raja Louis yang berasal dari golongan bangsawan dan gereja.

Walaupun keuangan negara dalam kondisi yang kritis namun raja Louis dan istrinya yaitu Marry Antoinette hidup dalam kemewahaan yg bahkan melebih monarki2x lain dieropa saat ini. Disaat Raja George III dari Inggris bahkan mengurangi jumlah kuda2xnya dan menganti kain sutra dengan bahan garmen biasa, Marry Antoinette menghias istana kecil yang disebut petit trianon dengan hal2x terbaik dari seluruh eropa dan menghabiskan banyak sekali uang. Dia juga mengadakan pesta dan kasino selama 3 hari 3 malam pada saat ultahnya yang ke 21.

Secara politis, hal ini dimanfaatkan oleh oposisi di parlemen perancis yg menyebarkan selebaran berisi mengenai kelakukan keluarga monarki perancis ini. Hal ini membuat sentimen negatif dimasyarakat terhadap pemeritnahan.

Juga banyak prajurit perancis dan jendral2x perancis yang mempertanyakan bahwa mereka mati2xan bertempur di amerika untuk memperjuangkan kebebasan dan demokrasi serta persamaan hak dibawah hukum namun kenapa dinegara mereak sendiri mereka ditindas oleh monarki dan melihat ketidakadilan antara mereka yang berkuasa dengan rakyat jelata.

Bagi raja Louis XVI cara satu2xnya untuk mengisi kas negara adalah dgn menaikan pajak atau menyita asset gereja/bangsawan, 2 hal yang membuat rakyat dan bangsawan memusuhi dirinya.

Namun walaupun secara teoritis Lousi XVI adalah Monarki Absolut namun otoritasnya seringkali tidak dihiraukan karena dia adalah raja yang lemah yang memiliki banyak skandal dan kekurangan yang selalu dapat dimanfaatkan oleh lawan2x politiknya.

So sebagai bagian dari Strateginya dia memangil kembali Etats-General, ini kurang lebih kaya Majelis Rendah /DPR perancis yang belom pernah bersidang selama 160 thn. Gunanya majelis rendah ini adalah untuk memberikan konfirmasi langkah apa yang harus diambil untuk mengatasi krisis di perancis ini.

Sidang awal ini menemui jalan buntu, setiap pihak tidak ada yang mau mengalah dan melindungi kepentingannya masing2x.

Akhirnya beberapa bulan kemudian, golongan rakyat biasa (Commoner) mengadakan sidangnya sendiri dan karena tidak bisa menggunakan gedung parlemen mereka menggunakan lapangan tennis sebagai tempat sidang dan berjanji tidak akan membubarkan diri sampai mencapai kata sepakat untuk membentuk konstitusi yang baru.

Golongan bangsawan dan gereja jg diundang namun ditegaskan bahwa mereka tidak memiliki hak lebih/khusus namun dianggap jg sebagai bagian dari para commoner dan masing2x memiliki 1 suara.

Walaupun tidak seluruhnya, ada banyak golongan bangsawan dan gereja yang mengikuti sidang yang disebut National Assembly ini dan turun memberiakn masukan yg mewakili golongan mereka.

Pengurus kerajaan dan lingkaran dalam Louis XVI mendengar hal ini dan segera melakuakn tindakan memecat bangsawan/menteri/pejabat yang terlibat sidang yang dianggap ilegal ini terutama menteri keuangannya yang terus mengkampanyekan untuk memberikan pajak bagi golongan bangsawan dan gereja.

Raja Louis XVI mengirimkan pasukannya untuk membubarkan sidang ini namun rakyat bertahan dan kekacauan timbul diparis.

Militia Paris mendukung sidang nasional dan membantu rakyat melawan pasukan kerajaan. Kerajaan kemudian memerintahkan penangkapan terhadap pemipin2x sidang nasional karena dianggap ingin memberontak.

Namun rakyat bersatu dan pada thn 14 Juli 1789 mereka menyerang penjara Bastille untuk membebaskan tahanan politik itu dan mengambil persenjataan, inilah awalnya Revolusi Perancis.

Rakyat mempersenjatai diri dan melawan otoritas kerajaan dan berhadap dengan pasukan kerajaan namun pasukan perancis pun menaruh simpati terhadap perjuangan rakyat dan berbalik menentang peritnah raja.

Raja Louis XVI yang istrinya adalah adik raja Austria meminta bantuan kerajaan Austria yang mengirimkan 20.000 prajurit mengepung Paris. Raja jg membayar pasuakn bayaran dari Prussia dan Itali untuk membantunya.

Rakyat menilai Raja Louis XVI telah berkhianat dengan menyerahkan Perancis kedalam tangan bangsa asing. Dgn alasan inilah nantinya Louis XVI dihukum karena dianggap telah berkonspirasi dengan negara asing untuk menyerang negaranya sendiri.


2. Revolusi Russia ini maksudnya apa ? Bolshevik ?

Dia kan memang anggota Bolshevik dan salah satu ketua partai bersama Lenin.

Cuman akibat berebut pengaruh dan kekuasaan lawan Stalin akhirnya dia dibunuh oleh agen Sovyet dimeksiko.
selamat malam om berwin...

apa hal yang paling enak dan gak enak selama jadi moderator dikaskus?





Mu'Addib = Ahli Adab
Win..
Lo yakin masuk surga ga sih? emoticon-EEK!:
Quote:


1. Untuk bisa bilang efektif harus tahu dulu objektifnya apaanya dan parameter yang mau dipakai apa ?

2. Disini sich jarang orang mikir beli kendaraan bermotor karena infrastruktur transportasinya udah bagus.
Quote:


Enaknya ada modtools, gak perlu pake capcay, gak ada delay postingan, bisa lihat history, dsbnya.

Ga enaknya, sering disalah pahami oleh kaskuser, dicela2x, diancam2x, dsbnya.
Quote:


Surga apaan dulu neh ?

Definisi Surga kan beda2x.
Quote:


Surga seabis idup di dunia emoticon-Traveller
Quote:


Iya tp yang kaya apaan dulu ?

Kan beda2x itu buat tiap orang.
Quote:


selama saya ngaskus baru di banned 1 kali sama Mod Blue_Danube, justru saya senang karena moderator sudah menjalankan tugasnya dengan baik

dicela biasa karena iri atau stress karena sesuatu gak cuma momod aja

tapi kalau diancam saya baru dengar nih om, kalau boleh tau diancam karena apa?
Mu'Addib = Ahli Adab
Quote:


Yah mulai dari yg simple2x aja, mulai diancam disebarin mengenal Real Life, foto, dsbnya.

Sampe ada yang ngancam melaporkan ke polisi, ke menkominfo, dsbnya.
@Berwin,

Thx atas jawaban ats revolusi prancis + trotsky.

saya jadi tertarik hal2 ini sejak baca buku2 george orwell (Animal Farm + 1984)
juga bukunya huxley (Brave new world)

Kalo kang berwin pernah baca buku ini, skarang kita di Indonesia lebih mengarah ke pola buku 1984 atau polanya si huxley ? dan scara global bagaimana ?
om win,
suka baca komik manga nggak?? emoticon-Big Grin

antara One Piece, Naruto, sama Bleach suka yang mana alur critanya?? emoticon-Ngacir
kalo ada debat science vs religion, memihak yg mana mod? alesannya?
anw bener ga god particle itu bisa menjelaskan asal usul kehidupan?
Quote:


Saya paernah baca ke 2 buku itu.

Tentinya dunia secara global dan termasuk Indonesia mengarah kearah Huxley.

Orwell mengetengahkan tema bahwa dimasa depan orang akan tidak mengetahui kebenaran karena kebenaran disembunyikan oleh penguasa. Huxley berpendapat orang tidak akan mengetahui kebenaran karean informasi terlalu banayk sehingga orang tidak dapat lagi membedakan yang mana yg benar dan tidak.
Quote:


Gak pernah baca 1 bukupun dari ke 3 manga yang kamu sebutkan diatas.
Post ini telah dihapus oleh berwin
Post ini telah dihapus oleh berwin
Quote:


Tidak 2-2 nya.

Saya ini religius yang ke sains2xan namun juga Scientific yg ke religius2xan.
Halaman 386 dari 402
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di