Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

niapraAvatar border
TS
niapra
Sultan Mau Jadi Calon Presiden, Asalkan...
Sultan Mau Jadi Calon Presiden, Asalkan...


Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan pandangannya jika bakal dicalonkan sebagai presiden pada Pemilihan Presiden tahun 2014 nanti.

"Ya terserah saja, asal ada partai yang tidak meminta saya harus menyerahkan Kartu Tanda Anggota," kata Sultan seusai dilantik sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, Rabu 10 Oktober 2012. Sultan menyatakan soal pencalonan sebagai presiden, dirinya memilih untuk bersikap pasif. "Terserah saja kalau ada yang mengatakan saya dicalonkan. Saya di rumah saja," ujarnya.

Kendati dalam Undang-Undang No 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan tak boleh menjadi anggota partai politik. Namun demikian, ia tetap memiliki hak politik untuk menjadi calon presiden atau wakil presiden.

Mantan Dewan Panasehat Partai Golkar itu telah resmi mundur dari partai berlambang pohon beringin dengan mengembalikan Kartu Tanda Anggota pada 5 September 2012. Pengunduran itu sebagai syarat disahkannya UU Keistimewaan oleh DPR RI dengan alasan agar Sultan tidak berpihak pada partai politik atau terlibat konflik kepentingan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DI Yogyakarta Gandung Pardiman pernah mengusulkan Sultan sebagai calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie pada 2014 mendatang. Usulan itu juga telah didengungkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke III Partai Golkar yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor Juli 2012 lalu. "Kami akan tetap usulkan Sultan sebagai cawapres pada Rapat Pimpinan Nasional ke IV tahun 2013 nanti," kata Wakil Ketua DPD Golkar DIY Janu Ismadi. Pengusulan Sultan sebagai cawapres dinilai karena sata ini figur Raja Yogyakarta itu dianggap punya integritas dan bersih dari korupsi.





SUMBERRR



maju sebagai indenpenden aja
gak usah terikat sama partai
0
1.3K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan