HollpeaAvatar border
TS
Hollpea
Pertanyaan Seputar Komunitas Legalisasi Ganja
Salam Damai,

ada satu komunitas yang mendukung legalisasi ganja di Indonesia, saya sangat tertarik pada komunitas ini, karena saya juga memandang positif tanaman unik ini. edukasi, sejarah, konspirasi tentang tanaman ini dijelaskan dengan sejelas-jelasnya oleh komunitas ini, bahkan komunitas ini sampai menerbitkan sebuah buku tentang keberadaan ganja di muka bumi.

secara umum ganja dikenal negatif di masyarakat Indonesia, termasuk narkotika golongan I sesuai dengan UU no 35 ayat 111 pasal 1 & 2, dan banyak gosip dan isu2 yang gak bener seputar tanaman ini. komunitas ini mengungkap fakta sebenarnya tentang tanaman yang sudah 12.000 tahun menemani perjalanan hidup manusia. di sinilah saya tertarik, karena ganja ternyata bukan hanya sekedar buat hiburan semata. tapi dari mulai biji, akar, daun, dan batangnya bisa dijadikan suatu komoditi yang amat sangat bermanfaat dan berpotensi untuk membangun ekonomi negara.

saya amat setuju dan memberikan dukungan penuh terhadap komunitas ini, masyarakat perlu di edukasi lebih tentang manfaat positif ganja, karena mereka hanya memandang sebelah mata saja, dan memang membenci lebih mudah daripada mencoba memahami - Pandji Pragiwaksono -. tapi tunggu dulu, ada keraguan dari diri saya terhadap komunitas ini setelah saya membaca thread2 yang ada di dialog komunitasnya, meskipun mereka menjabarkan tentang banyak manfaat positif dari ganja (selain sebagai bahan rekreasi) seperti bahan kertas, tali, minyak nabati, kebutuhan medis, dll, juga membuat berita2 tentang hal-hal positif dari ganja yang ditampilkan dari berbagai sudut pandang, sosial ekonomi politik dan sebagainya, tapi pada kenyataannya, topik thread yang amat diminati di sini hanya sekedar ganja sebagai rekreasi saja. oke, gak papa kalo itu untuk anggota komunitas yang sudah memahami manfaat positif dari ganja (meskipun baru sebatas kegunaan rekreasinya saja, mungkin) tapi bagaimana dengan masyarakat?? bagaimana mereka memandang komunitas ini akan menjadikan ganja sebagai komoditi untuk bidang ekonomi apabila yang terpapar pada thread2nya hanya ketertarikan untuk tujuan rekreasi semata?? yang ditakutkan adalah, masyarakat men-judge bahwa komunitas ini ingin melegalkan ganja hanya untuk kepentingan pribadi dan rekreasi saja (biar ganja murah, biar ganja gampang dapetnya). bagaimana mungkin hal tersebut bisa menggugah hati masyarakat untuk ikut mendukung gerakan legalisasi ganja di Indonesia?

"alkohol ama rokok yang jelas lebih ngerusak aja boleh legal kenapa ganja yang lebih aman tidak?" meskipun benar, bukan itu yang membuat orang tergugah, "gw giting kok, gak mabok, giting ma mabok beda kali.." meskipun iya, bukan itu yang membuat orang mendukung pergerakan ini. tapi masyarakat ingin fakta atau setidaknya argument yang berdasar dan alasan2 yang tepat (menurut pandangan masyarakat) kenapa ganja harus dilegalkan itu yang masyarakat inginkan, ada pepatah mengatakan -jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya- betul, tapi kenyataan hidup adalah, -penampilan merupakan cerminan dari isi-. maksud saya di sini, masyarakat tidak akan simpati bila hal-hal yang di tonjolkan dalam forum adalah hal-hal yang ilegal (masih belum legal), yang bertujuan hanya untuk kepentingan dan keinginan dari suatu komunitas minoritas. disamping itu, thread2 yang dibahas tersebut merupakan momok yang paling membuat ganja di anggap negatif, seperti : saran-saran buat yang baru nyimeng, bagaimana menghadapi polisi saat ketangkep, menanam ganja dalam pot, thread2nya sama aja bunuh diri donk buat komunitas ini, mengingat status ganja yang masih ilegal di mata hukum Indonesia dan masih negatif dimata masyarkat

sangat disayangkan mengingat tujuan baik menjadi dianggap tidak baik karena menyangkutkan unsur kepentingan pribadi semata, ada baiknya bila komunitas ini dibenahi lagi, bikin thread2 yang sekiranya bisa menggugah hati masyarakat, dan tanyakan pada diri pribadi para anggotanya, benar tidak kalau gabung di sini adalah untuk kesejahteraan rakyat. untuk mengungkap fakta seputar manfaat positif ganja, untuk menjadikan ganja sebagai bahan baku industri, benar tidak? kenapa saya ingin ganja dilegalkan? tanya diri sendiri, tanya dan temukan jawabannya, selagi jawaban tersebut merupakan keinginan untuk memuaskan unsur rekreasi saja, maaf, pendapat pribadi saya, ganja tidak akan mungkin menjadi legal di Indonesia. namun, apabila yang dibahas adalah seputar pemanfaatan ganja untuk kepentingan masyarakat, contoh : bagaimana membuat kertas/tali dari serat ganja, bagaimana menghasilkan ganja yang baik untuk dunia medis, bagaimana mengolah minyak ganja agar dapat dijadikan bahan bakar alternatif yang efisien, mungkin masyarakat bisa menerima meskipun sedikit demi sedikit.

saya mendukung penuh gerakan legalisasi ganja, tapi saya mendukungnya untuk kepentingan masyarakat umum yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia. ini hanya sekedar masukan dan saran untuk komunitas yang ingin menjadikan ganja legal di mata masyarakat.

peace n' love 4ever




EDUCATE YOURSELF!!!


Quote:
0
29.2K
399
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan