CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
Open Recruitment UKM JU-JITSU AKATEL PURWOKERTO
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016655252/open-recruitment-ukm-ju-jitsu-akatel-purwokerto

Open Recruitment UKM JU-JITSU STT Telematika Telkom PURWOKERTO

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
kirain kendo, lamun kendo melu dehemoticon-Malu (S)
Quote:

knapa gan.

Quote:

bukan gan
ini ju-jitsu
Quote:


mastah muncul...
wow kk wow..

ju-jitsu kuwi beladiri sekang brasil apa dudu yah kang..?
Quote:


kayane ju jitsu jepang lho... nek sing sekang brazil kaya gracie family ana embel"e brazilian jiu jitsu

CMIIW emoticon-Big Grin

aja diomehi nek salah eeeaaaa emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Udu kang.
tekan negara jepang.
tanah kelahiranku
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:

anda benar kang.
ju-jitsu yang ada di ukm ini ju-jitsu yang biasa dari jepang.
Quote:


sejatine Jujutsu sekang Jepang, tapi pas ganu taun2 wingi pas takon n ngobrol maring almarhum pak Prof Sitompul, ora ngeneih ngerti aliran Ryuha sing dianut IJI kuwe ryuha sing endi.

Nek BJJ kan wis genah, asale sekang Kosen Judo sing dimodifikasi nang Helio Gracie dng menekankan ne-waza sbg porsi yg paling besar.
Quote:


ternyata ngono to...
woke2 mandan mubeng..hihihihi
semoga sukses kang acarane...emoticon-2 Jempol
Hayoh...hayoh... do melu.... emoticon-Big Grin
emoticon-2 Jempol

sedikit membaca SEJARAH JU-JITSU di Indonesia...mantap!!! gan....

SEJARAH
A. UMUM
Dalam sejarah perkembangan beladiri di dunia, cara berkelahi atau pertahanan diri yang digunakan masih menggunakan cara-cara primitif, yaitu setiap manusia yang melakukan pembelaan dirinya tidak mengenal aturan tehnik sama sekali, asalkan mampu mengalahkan dan membunuh lawan dengan segala cara. Hal itu disadari mengingat tehnik melumpuhkan dan mematahkan lawan tidak dimilikinya.

Sejak adanya perkembangan dan kemajuan budaya manusia, juga kepandaian yang dimiliki serta tak lepas dari pengaruh geografis, perkelahian tersebut berkembang, sehingga setiap bentuk perkelahian itu makin lama makin sempurna dan mempunyai metode atau cara yang teratur dan sistimatis untuk dipelajari. Sejak itu tehnik-tehnik membanting dalam Sumo tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tehnik membanting dari Ju-jitsu, sehingga secara umum tehnik membanting dalam Sumo didapatkan juga dalam Ju-jitsu.
Pada saat Kekaisaran Suinin (tahun 230 B.C) telah ada seuatu bentuk pertandingan adu kekuatan fisik untuk memperebutkan hadiah yang disediakan oleh Kaisar. Dalam pertandingan itu telah dipakai tehnik membanting dan menghimpit (menjepit) tubuh lawan agar tidak bisa bergerak. Hal tersebut menunjukkan awal tumbuhnya tehnik kuncian yang sederhana yaitu menindih. Selanjutnya tehnik membanting, mengunci, menendang, memukul, dan menangkis itu berkembang terus menerus dari tahun ke tahun.
Sejalan dengan perkembangan tehnik perkelahian tersebut Ju-jitsu juga menyumbangkan tehnik berkelahi yang hanya diketahui oleh marga/suku tertentu. Kerahasiaan cara belajar tehnik Ju-jitsu baru dapat diketahui pada jaman pemerintahan Pangeran Teijun (tahun 850-880 C) dimana pada saat itu telah dimulai dan dibuka sekolah-sekolah Ju-jitsu yang hanya boleh dipelajari oleh orang-orang Jepang saja.
Ju-jitsu mulai kebangkitannya sekitar tahun 1300 C dimana seorang tokoh Ju-jitsu di Jepang bernama AKIYAMA berhasil menciptakan tehnik-tehnik berkelahi yang hebat dan lebih maju dibanding dengan beladiri yang ada di Jepang pada saat itu.
Puncak keemasan olahraga beladiri Ju-jitsu terjadi saat jaman Restorasi Meiji (tahun 1868 C) dimana sekolah-sekolah Ju-jitsu tumbuh dan berkembang dengan pesat. Diantara yang paling terkenal adalah sekolah Ju-jitsu Takebouchi-Ryu, Se-kighuci-Ryu, Kyushin-Ryu, Kito-Ryu, Shinkage-Ryu,, Daito-Ryu, Yogyi-Ryu, Yoshin-Ryu, yang selanjutnya menjadi nama aliran dari masing-masing aliran perkumpulan / club Ju-jitsu. Disamping sekolah-sekolah Ju-jitsu yang terkenal itu masih banyak sekolah-sekolah Ju-jitsu yang terkenal yang lain dengan inti gerakan yang berbeda-beda. Akhirnya dari sekolah-sekolah atau aliran Ju-jitsu tersebut membentuk wujud baru dan melahirkan beladiri baru.

B. DI INDONESIA
Beladiri Ju-jitsu, khususnya aliran Kyushin-Ryu masuk ke Indonesia pada saat sekitar pergolakan Perang Dunia II, yaitu pada tahun 1942 yang dibawa oleh tentara Jepang bernama Ishikawa. Selanjutnya perkembangan di Indonesia terkenal dengan aliran I-Kyushin Ryu.
Ishikawa mewariskan ilmunya kepada R. Soetopo asal daerah Ponorogo yang kemudian menurunkan kepada Drs. Firman Sitompul, Irjen Polisi (Purn) Prof. Drs. DPM. Sitompul, S.H., M.H., M.Min, Drs. Heru Nurcahyo, MM, AKBP. Drs. Heru Winoto. Selanjutnya pengembangan di Indonesia dilanjutkan lagi oleh tokoh-tokoh Ju-jitsan muda lainnya.
Pada tahun 1980 diadakan seminar beladiri yang diadakan oleh Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta yang diikuti oleh seluruh perwakilan beladiri yang ada. Hasil yang diperoleh beladiri Ju-jitsu terpilih sebagai salah satu beladiri yang layak untuk dapat dijadikan kurikulum wajib bagi mahasiswa PTIK. Lebih dari itu ketangkasan beladiri Ju-jitsu itu juga mendapat pengakuan dari Kedutaan Besar Jepang, yang pada saat itu hadir sebagai undangan pada seminar beladiri tersebut. Selanjutnya Ju-jitsu menjadi kurikulum wajib bagi mahasiswa PTIK hingga sekarang.

Sebagai informasi, bahwa dalam hal pengembangan kepelatihan di lingkungan Polri, Institut Ju-jitsu Indonesia telah melakukan pendidikan dan latihan di seluruh Polda pada Tahun 1999 yang lalu. Adapun dasar pelatihan dimaksud mengacu kepada :

1. SuratPerintah Kapolri No. Pol. : Sprin/29778/VIII/1999 tanggal 13 Agustus 1999 tentang Penunjukan Kalemdiklat Polri sebagai penanggung jawab dalam menyusun program latihan beladiri Ju-jitsu di lingkungan Polri baik pusat dan wilayah secara bertahap dan di lingkungan pendidikan secara selektif;

2. SuratPerintah Kapolri No. Pol. : Sprin/3381/IX/1999 tanggal 22 September 1999 tentang Penunjukan Kalemdiklat Polri untuk menyelenggarakan pelatihan tenaga pelatih beladiri Ju-jitsu Indonesia, tentang materi metode dan waktu latihan;

3. Surat Kapolri kepada para Kapolda No. Pol. B/3534/IX/1999 tanggal 27 September 1999 perihal Pemberitahuan penggantian beladiri Polri dengan beladiri Ju-jitsu.


Disamping itu beladiri Ju-jitsu sangat dirasakan kemanfaatannya oleh instansi lainnya, mengingat banyaknya teknik yang dipelajari dengan segala macam bentuk tantangaan yang dapat menyelesaikan perkelahian dengan cepat dan tepat. Sehingga pengembangannya juga dilakukan dibeberapa instansi pemerintah, TNI, Polri lainnya seperti : Kantor Sekretariat Negara (Tahun 1987), Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup (1994), Batalion Linud 328 Kostrad (1987), Kopasus (1990), Paspampres (1997), Pasukan Gegana Polri (1987), Dinas Penyelamatan Bawah Air ( Dislambair ) TNI AL dan instansi lainnya.

Institut Ju-jitsu Indonesia kini sudah semakin berkembang dengan pesat, hampir di seluruh propinsi berbagai lapisan masyarakat sudah mengenal bela diri ini bahkan tidak sedikit di berbagai propinsi sudah terbentuk kepengurusan maupun berdirinya dojo-dojo tempat latihan.
Daya minat masyarakat terhadap bela diri ini juga semakin tinggi, sumber daya manusia yang ada juga sudah memadai, berbagai event kejuaraan juga sudah sering dilakukan, hal ini merupakan tanda-tanda kemajuan Intitut Ju-jitsu di Indonesia sangat diharapkan, pada gilirannya nanti ju-jitsu akan menjadi yang terbaik dan terdepan.
Kemajuan perkembangan Ju-jitsu bukan hanya didalam negeri saja, akan tetapi Institut ju-jitsu Indonesiajuga telah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan bela diri Ju-jitsu di negara-negara lain. Keberadaan organisasi kita juga sudah di akui dan telah menjadi anggota dari Federasi Ju-jitsu Internasional AJJIF GLOBAL atau ALL JAPAN JU-JITSU INTERNASIONAL FEDERATION.
Beladiri IJI harus dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, menjunjung tinggi sumpah dan semboyan Ju-jitsu, serta harus dapat menjadi pengawal setia NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

Open Recruitment UKM JU-JITSU AKATEL PURWOKERTO
"Dojo Khusus Polisi Militer Lanud Medan"

Sangat menginspirasi !!!

Penyematan Sabuk Hijau dalam Ujian Kenaikan Tingkat, Dojo Khusus Sekolah Luar Biasa (SLB) Permata Bunda Kota Bontang Kalimantan Timur, yang sekaligus dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Gashuko dan Achievement Motivation Training Institut Jujitsu Indonesia Se Kota Bontang.

Open Recruitment UKM JU-JITSU AKATEL PURWOKERTO

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang, 30 September 2012.
ayo gan pada milu
emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo
Quote:


lah RL-e dewek juga sesepuh jiujitsu gan... emoticon-Army (S)
Quote:

apa iya gan
Ane pengin ikut Gan, tapi ga punya dasar dasar sama sekali, masih bisa nguasain ga yah gan?
Post ini telah dihapus oleh fire.man
Quote:


maaf sebelum nya lho gan emoticon-Big Grin

bukan bermaksud sok tau apalagi menggurui

punten juga oom TS.. saya ikutan comment disini emoticon-Big Grin

menurut saya belajar beladiri itu yang penting niat nya gan emoticon-Big Grin

gak perlu pusing" ngmng gak punya dasar... bisa nguasain gak... dll

yang penting latihan dan berusaha aja emoticon-Big Grin

namanya juga latihan.. ya kan berarti dari gak bisa jadi bisa... emoticon-Big Grin

CMIIW emoticon-Peace maap klo ketikan saya kurang berkenan... emoticon-Big Grin



nggarap tugas maning...................emoticon-Ngacir

Quote:


sem.. lombo kiye emoticon-Cape d...

teyeng be ora ko' emoticon-Ngakak (S)

Quote:


ora gan.. aja percaya
Quote:

bener sing diomongna om fire man gan
kita latihan bersama dari ga bisa sampai bisa.
wis gabung bae gan kalau ada niat.
Post ini telah dihapus oleh fire.man
Halaman 2 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di