Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

utt.gtAvatar border
TS
utt.gt
Keutamaan Shalat Malam
Keutamaan Shalat Malam
assalamualaikum wr wb
Tiada kata yang lebih pantas untuk kita ucapkan selain memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya. Sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindahnya yang ada dimuka bumi ini.
Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang

Shalat itu tiang agama. Maka, keberagamaan seorang muslim tidak akan tegak jika ia belum mendirikan shalat. Bahkan, pembeda dari seorang muslim dan bukan muslim adalah shalat. Jika ia masih mengerjakan shalat, dipastikan ia seorang muslim. Jika tidak, maka kemuslimannya diragukan. Seorang muslim tidak pernah meninggalkan shalat wajib dan selalu berusaha melaksanakan shalat sunat untuk mendapatkan berbagai keutamaan shalat.

Salah satu shalat sunat yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad Saw. dan dianjurkan oleh Allah Swt. adalah Shalat Malam, atau yang sering disebut sebagai Tahajjud. Bahkan, status shalat ini sunat muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Allah Swt. berfirman, “Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.” (QS : Al-Isra’: 79).

Sepanjang hidupnya Rasulullah Saw. tidak pernah meninggalkan Shalat Malam.

Keutamaan Shalat Malam Secara Umum

Lalu, apa saja keutamaan Shalat Malam itu? Beberapa di antaranya adalah:

1. Menguatkan jiwa

Allah Swt, berfirman, “Sungguh bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa) dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan.” (QS. Al-Muzammil: 6)

Di keheningan malam, ketika sebagian besar manusia sedang tertidur, dalam Shalat Malam akan sangat terasa kedekatan yang erat dengan Sang Pencipta. Sujud kita akan terasa lebih khusyuk. Pada saat itulah, terbangun perasaan kebergantungan hanya kepada Allah Swt. dan keyakinan bahwa Allah Swt. satu-satunya penolong. Dengan begitu, jiwa kita dikuatkan untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup.

2. Sarana bertaubat

Shalat Malam disunahkan untuk dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Itulah waktu yang paling baik untuk berdoa. Maka, angkatlah tangan memohonlah pada Yang Maha Pengampun untuk mengampuni dosa-dosa kita. Menangis tidak dilarang. Bahkan, Allah Swt memuji orang-orang yang menangis karena teringat dosa-dosanya.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw. menyebutkan bahwa tanda-tanda orang yang tergolong melakukan taubat nasuha, salah satunya adalah selalu shalat malam. Karena orang yang benar-benar taubat nasuha selalu meninggalkan bantal dan kasurnya untuk beribadah kepada Allah.

Melakukan shalat malam termasuk bagian dari perilaku meninggalkan bantal dan kasurnya. Orang lain sedang asyik tidur, ia malah asyik beribadah kepada Allah Swt.

3. Senjata orang-orang beriman

Ketika tidak ada lagi keajaiban di dunia ini, kita hanya akan mengandalkan Dia turun tangan dalam urusan kita. Oleh karenanya, doa yang mudah dikabul pada sepertiga malam terakhir ini menjadi senjata bagi orang-orang beriman untuk menyelesaikan urusan-urusannya.

4. Terapi hawa nafsu

Waktu-waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Malam adalah waktu di mana semua orang dalam keadaan terlelap. Rasa malas akan selalu ada pada seseorang yang diharuskan terbangun pada saat-saat seperti itu. Hawa nafsu selalu mengajak kita untuk selalu berada dalam zona nyaman. Maka, seseorang yang berhasil terbangun, lalu berwudhu untuk melaksanakan Shalat Malam sama dengan mendidik hawa nafsunya agar tidak mengalahkan keimanannya. Konsisten dalam mengerjakan Shalat Malam terus-menerus akan mengikis kecenderungan hawa nafsu pada perbuatan dosa atau maksiat.

5. Menenangkan pikiran

Sadar atau tidak sadar, orang yang sering melaksanakan Shalat Malam akan terlihat dari wajahnya yang cerah dan damai. Hal ini berakar dari pikiran yang tenang karena menemukan kekhusyukan di tengah malam. Pikiran yang tenang akan menuntun kita untuk melakukan segala sesuatu dengan teratur dan tuntas.

Inilah lima keutamaan Shalat Malam. Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah Swt. agar tidak berat untuk bangun di sepertiga malam terakhir guna melaksanakan Shalat Malam.

Keutamaan Shalat Malam Melalui Hadits Riwayat Umar bin Khattab

Di dalam kitab Raudhatul ‘Ulama dimaktubkan hadits yang diriwayatkan Umar bin Khaththab yang bersumber dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda, “Siapa yang shalat malam dengan sebaik-baiknya, maka Allah akan memulyakan dengan sembilan hal. Lima hal di dunia dan empat hal di akhirat.

Lima hal di dunia adalah:

1. Allah akan memeliharanya dari segala macam musibah.

2. Nampak dari wajahnya tanda taat beribadah kepada Allah Swt.

3. Hampir semua orang selalu menaruh hati kepadanya, terlebih utama orang-orang shaleh.

4. Ucapan yang keluar dari lisannya selalu kata-kata yang mengandung hikmah

5. Ia akan selalu menjadi orang yang bijaksana.

Sedangkan empat hal di akhirat adalah:

1. Ketika dibangkitkan dari kuburnya (di padang mahsyar) dengan wajah yang cerah.

2. Ia melalui penghitungan (hisab) amal dengan ringan.

3. Ia melalui titi shiratal mustaqim seperti kilat menyambar.

4. Menerima catatan amal di hari kiamat kelak dengan menggunakan tangan kanannya.

Nah, inilah yang keutamaan shalat malam yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman. Sungguh luar biasa keuntungan yang didapat. Lantas mengapa kita masih malas untuk melalukan shalat malam? Ataukah ingin bukti lain yang bisa memotivasi kita agar semangat melakukan shalat malam.
sekian dari ane mudah mudahan bermanfaat bagi agan2 skalian
bilahi taufik walhidayah, wasalamualaikum warohmatullah hiwabaraakatu

jika agan berkenan ane siap menerimaemoticon-Ketupat
0
3K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan