bejotampanAvatar border
TS
bejotampan
Tips MENCARI Kerja part 1 : Memilih Jalur Karir


sebelum agan sekalian menikmati thread ane, ada beberapa hal yang perlu ane sampaikan. Ane disini menerjemahkan artikel dari sumber, dengan sedikit tambahan yang semoga tidak mengubah isi dan makna dari trit. bahasa yang dipake disini juga masi semi barat, sehingga melatih agan untuk menganalisa tulisan ane. semoga bermanfaat.


MEMILIH JALUR KARIR ANDA
ditulis oleh Danny Pancho

Pilihan karir Anda harusnya berdasarkan pada “kebahagiaan yang dirasakan dari pekerjaan”, “potensi imbalan”, dan “peluang kesuksesan anda dalam pekerjaan tersebut”. Pilihan Karir ini, kadang berhubungan dengan jurusan dan gelar kesarjaan Anda, kadang pula tidak.

Dalam adat perkuliahan, jalan karir kita biasanya sudah diarahkan atau bahkan didikte agar sesuai dengan jurusan. Hal semacam itu sekarang bukan lagi sebuah patokan yang pasti, syukurlah, berkat Allah yang mengaruniakan kemajuan teknologi, makin banyak pula jenis pekerjaan, makin banyak keterampilan yang mana sekarang justru bisa dipelajari dengan cepat dan mudah. Lulusan Agribisnis sekarang bisa jadi Web Programmer, Perawat bisa jadi Encoder (programmer), Insinyur pun bisa jadi orang HRD Professional, sarjana Biologi jadi pegawai bank, dan lain sebagainya.




Di jaman sekarang ini, hanya karir yang benar-benar "terspesialisasi"-(semisal bidang hukum, kesehatan, keteknikan dan semacamnya)-lah yang mengharuskan latar belakang pendidikan dan gelar kesarjanaan tertentu. Diluar itu, Perusahaan sekarang cenderung menganggap bahwa pendidikan perkuliahan adalah pondasi dasar untuk membangun keterampilan dasar karyawan. Dan nantinya sebelum masuk dunia kerja, calon karyawan akan dibekali dengan keterampilan yang lebih spesifik.

Jika Anda bagus dalam komunikasi, bagus dalam berhitung , dan memiliki keterampilan analisis dan pemahaman yang mendalam, Anda pasti akan memiliki kesempatan yang cukup bagus untuk mendapatkan pekerjaan, nggak peduli latar belakang ataupun title anda.



Perkembangan ini sekarang menjadi dilemma buat para lulusan perguruan tinggi. Mau lanjut ke pekerjaan yang sesuai dengan yang sudah dipelajari dan dipersiapkan dengan empat - lima tahun kuliah ? Atau memilih nyoba-nyoba pekerjaan yang ga nyambung dengan jurusan Anda? Kalau Anda memilih pindah jalur, seberapa besarkah peluang mencapai SUkKSES?


Untuk membantu Anda menemukan jawabannya, anda harus bertanya dan menjawab pertanyaan berikut ini pada diri anda sendiri:

Spoiler for Pertanyaan_1:


Spoiler for Pertanyaan_2:


Spoiler for Pertanyaan_3:


berlanjut di bawah > > > >
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
25.5K
495
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan