lex.divinaAvatar border
TS
lex.divina
Mobil Jepang Dibakar Massa di China
Beijing - China tengah dilanda gelombang Anti-Jepang. Saat ini, di China pabrik mobil Jepang tutup sementara banyak diler dan mobil Jepang milik warga China yang dibakar massa.

Sentimen anti-Jepang saat ini tengah melanda dataran negeri tirai bambu.

Dilansir China Car Times, banyak diler mobil Jepang seperti Toyota dan Honda yang dibakar. Lebih dari itu, mobil-mobil Jepang pun dibakar di tengah jalan.

Kedutaan Besar Jepang juga dilempari telur dan botol air. Bahkan pendemo sempat melempari kedutaan dengan ponsel asal Jepang, tapi kemudian berlanjut dengan batu.

Bagi wilayah China yang tidak ada kedutaan atau konsulat Jepang, toko merek Jepang menjadi sasaran.

Ada sekitar 20 persen mobil Jepang di jalanan China. Tapi sentimen yang makin kuat membuat mobil Jepang bahkan tidak mendapat parkir. Ada beberapa tempat parkir yang malah dengan terang-terangan hanya menyediakan parkir untuk mobil-mobil merek China, Korea atau Jerman.

Selain sentimen, hal itu kemungkinan untuk menghindarkan sang pemilik lahan dari serangan para pendemo yang ingin menghancurkan mobil Jepang. Selain menyerang aset asal Jepang, para pekerja asal Jepang dilaporkan juga sempat diserang di Shanghai.

Akibat sentimen anti-Jepang ini pula pabrik mobil merek Jepang seperti Toyota, Honda, Mazda atau Nissan harus membekukan kegiatan produksinya. Penjualan mobil merek Jepang pun anjlok di negara yang memiliki pasar mobil terbesar di dunia itu.

Masalah kedua negara ini sendiri timbul setelah Jepang memutuskan untuk membeli kepulauan yang oleh China disebut kepulauan Diaoyu dan Senkaku oleh Jepang. Pulau itu dibeli dari dana publik senilai 2,05 miliar yen. Langkah Jepang ini ditentang oleh China yang membuat negeri tirai bambu itu mengirimkan kapal patroli ke Laut China Timur.

[url=http://oto.detik..com/read/2012/09/26/172237/2038483/1207/mobil-jepang-dibakar-massa-di-china?o9911011207]sumber[/url]

semoga orang-orang Jepang di sana tetap bersabar
0
10.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan