CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[HOLY] Anda Bertanya, Katolik Menjawab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014734553/holy-anda-bertanya-katolik-menjawab

ANDA BERTANYA KATOLIK MENJAWAB

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 228 dari 529
Pagi semua...

1.gereja katolik mengakui bahasa roh atau tidak
2.apakah pandangan gereja katolik terhada bahasa roh

sedekar bertanya yak di index belum ada soalnya...
sudah pernah nanya di post2 sebelumnya tapi di cuekin...

emoticon-Ngacir Tubrukan
Quote:

HADDEERR!!emoticon-Kiss

Selamata atas jadi ts ABKAM.

Cek kulkuss,semoga dah 20 putaran.emoticon-Cendol (S)

Dah ah,mau shopping lagee..................................................................emoticon-Ngacir

Mumpung ada obral duren monthong.emoticon-Embarrassment


Gbu all,always.emoticon-Angel
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Iya, berdasarkan keyakinan Katholik.

Tidak masuk akal? Iya, tidak masuk akal,
mengandung tanpa laki2 juga tidak masuk akal.
Kalau ente bicara faith kemungkinan besar ada yang tidak masuk akal bakal dijumpai di sono. Kalau mau yang serba masuk akal ya silakan pelajari sains.

Quote:

Satu,
pastur ada banyak.

Berhubung ane bingung korelasinya apa, ane tebak saja dengan analogi.
Di kampung ane ada banyak orang punya radio,
apakah harus ada pemancar radio banyak agar semua radio bisa menerima siaran? Tidak pemancar radio cukup satu saja, asalkan kekuatannya cukup maka semua radio bakal bisa menerima siaran.

Quote:

Ane tahu tentu saja tentang inkuisisi,
cuman silakan di-elaborate lagi,
soalnya infalibilitas Paus ada syaratnya:
- bicara sebagai Paus,
- mengomongkan ex cathedra,
- membicarakan pengajaran iman dan moral,
- doktrin berlaku universal di seluruh Gereja Katholik.

Apakah Paus yang memerintahkan inkuisisi memenuhi hal di atas?


Quote:

Apakah Tuhan tidak berhak menunjuk makhluk Tuhan untuk menjalankan suatu perintah?
Apakah ente mau menjalankan peran Tuhan dengan mendikte mana yang Tuhan berhak pilih atau tidak pilih?

Toh,
lihat saja justru Tuhan tidak mau mengomong sendiri kepada manusia malah nunjuk2 nabi segala.

Quote:

Tidak ada salahnya mencoba keluar dari belenggu pemikiran ente kemudian mencoba mengamati sesuatu yang lain dari sudut pandang yang lain. emoticon-Angkat Beer
Quote:


Gereja Katolik mengakui bahasa Roh sebagai karunia Roh Kudus bagi seseorang.

Bahasa Roh sendiri diakui sebagai karunia doa.

Karunia berdoa di dalam Roh ini merupakan pemenuhan janji Rom 8:26, “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”

Oleh dorongan Roh Kudus, seseorang yang mendapat karunia bahasa Roh akan dapat berdoa dengan cara yang baru, yang tidak pernah dikenalnya sebelumnya.
Pada saat ia memusatkan hati memuji Allah dan membuka mulutnya, maka ia akan mengeluarkan “keluhan-keluhan yang tidak terucapkan” yang melibatkan pergerakan lidahnya, sehingga bahasa Roh kadang juga disebut bahasa lidah.
Inilah yang dikenal dengan berdoa dengan bahasa Roh, di mana Roh Kudus sendiri yang membantunya berdoa.


Quote:



Bahasa Roh dalam Katolik lebih dititikberatkan pada buah karunia Roh itu sendiri.

Kita tidak bisa menilai / memastikan apakah seseorang memiliki karunia bahasa Roh atau bukan.

Namun Yesus mengajarkan agar kita menilai baik dan buruknya suatu pohon dari buahnya (Mat 12:33). Maka khusus mengenai bahasa Roh ini, kita menilainya buahnya dari:

  • Buah dari bahasa Roh ini adalah sesuai dengan buah Roh Kudus yang dijanjikan, yaitu, kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri (Gal 5:22).
    Maka pengalaman pada saat orang mendapat karunia berdoa dalam bahasa Roh, pertama-tama adalah pengalaman akan kasih Tuhan, yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, dengan suka cita dan damai sejahtera yang melimpah.
  • karunia bahasa Roh tersebut memberikan pertobatan sejati yang terus menerus dalam kehidupan orang tersebut.
  • karunia tersebut menjadikan orang tersebut semakin rendah hati untuk bertumbuh di dalam iman dan pengenalannya akan Allah, dan untuk menggunakan karunia yang diberikan oleh Roh Kudus itu untuk membangun umat. Bagi umat Katolik, maka sikap kerendahan hati juga diwujudkan ketaatan kepada pihak otoritas Gereja Katolik.
  • untuk memeriksa keotentikan karunia Roh Kudus untuk bernubuat, ialah: nubuat itu harus sesuai dengan Alkitab dan yang diajarkan oleh Gereja Katolik, sebab Roh Kudus tidak mungkin mengajarkan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang sudah pernah diwahyukan-Nya kepada Gereja.


Bila ada orang yang mengklaim dirinya memiliki karunia bahasa Roh, maka sebaiknya kita melihat buah perbuatannya selama hidupnya dulu sebelum memastikan benar/tidaknya klaim tsb.
Quote:


terima kasih

saya seorang kristen charismatic...
walaupun begitu saya sekolah di katolik
juga sempet ikut misa2 di katolik..
khususnya misa natal dan paskah..
namun,
karna proses ibadahnya yang ''teratur''
saya tidak pernah melihat satupun
adanya penggexpresian bahasa roh
dalam tubuh gereja sekalipun...

padahal dari penjelasan anda gereja
mengakui karunia tsb,
maaf klo ada salah2 kata..

lebih baik di index kan
kalau katolik mengakui bahasa roh
namun dititikberatkan pada buahnya...

Jesus Bless
Post ini telah dihapus oleh
Quote:


1KOR 14 :5-6

14:5\tAku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.
14:6\tJadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?




buat apa berbahasa roh, kalau tidak dimengerti.
bahasa Roh seharusnya menyampaikan berita dari Allah kepada manusia, dan bukan dari manusia kepada Allah.
Quote:


mana elu juga ga bisa tunjukin kan tot,,,,
banyak koar doank isinya cman kentut...
Quote:



Agan harus mencerna kata2 saya...
saya tidak melihat katakanlah ''fenomena''
bahasa roh dalam gereja katolik
sperti dalam gereja charismatic
nah yang saya ingin tanyakan kan
pandangan gereja katolik thd bahasa roh
karna saya ingin tau
bukan saya menghakimi...
Quote:


weleh2 si komo lewat
baru tau ane Maria perawan lagi setelah lahirin Yesus
jadi selaput daranya dipasang lagi gitu sama Roh Kudus yg menghamilinya? emoticon-Thinking
Quote:


saya pernah diajak ikut komsel dari kelompok kemaat kristen karismatik.
di komsel, dikasih contoh berbahasa roh.
malah disuruh berdoa minta kepada Tuhan,
supaya berbahasa roh.

jadinya ga usah heran kalau yang bukan karismatik,
di gereja ga pernah keliatan org berdoa dengan bahasa roh.
Quote:


Yang ane bold itu masih masuk akal gan dari sudut pandang Biologi. Meskipun kemungkinannya sangat luar biasa kecil. Menurut pandangan saya, mukjizat (dari siapapun) bukanlah sesuatu yg bertentangan dengan hukum alam melainkan sesuatu yg sangat sangat tidak lazim terjadi.

Quote:


Ane agak kurang paham dengan infalibilitas yg syarat dan ketentuannya berlaku. Kalau gak didefinisikan dengan jelas takutnya malah jadi kayak "pasal karet".

1. Apa yg dimaksud dengan "bicara sebagai Paus" ? Ketika Paus memerintahkan hal kontroversial (apapun itu), boleh gak orang (Katolik) yg gak setuju bilang "dia (maksudnya Paus) bicara atas nama pribadi, bukan atas nama Paus sehingga tidak infallible dalam masalah yg sedang dia bicarakan"

2. Saya gak ngerti maksudnya ex cathedra

3. Apa yg dimaksud dengan "membicarakan pengajaran iman dan moral" ? Apakah itu berarti "jika Paus bicara/berbuat hal bermoral maka dia infallible dan bila dia bicara/berbuat hal amoral maka dia tidak infallible" ?

4. Siapa yg menentukan apakah sebuah doktrin berlaku universal di Gereja Katolik ? Paus ? Apakah itu berarti Paus bisa menentukan sendiri mana keputusannya yg infallible dan mana yg tidak ?

Saya menangkap kesan sepertinya Paus bisa memilih kapan dia mau infallible dan kapan tidak.

Quote:
Quote:


Pengekspresian bahasa Roh itu seperti apa, bro?

Dalam Gereja Katolik juga dikenal keadaan ekstase. Keadaan pada seseorang di saat mengalami pengalaman mistik dengan Allah.

Namun Gereja Katolik tetap menitikberatkan pada buah Roh daripada keadaan / kondisi yang dialami oleh orang yang mengalami ekstase.

Ciri-ciri pengalaman mistik sejati ialah orangnya rendah hati, berbuat kasih dalam hidup konkret, bersedia menderita demi Tuhan dan sesama, dan suka berkumpul atau menjalin kesatuan dengan sesama atau umat.

Ciri ini banyak dijumpai pada diri santo-santa / para orang kudus.

Yang terpenting adalah yang konkret dalam hidup sebagai buah karunia Roh itu sendiri.
gan, ane ga tau ini thread yg pas buat ptanyaan ane ato ga soalny barang yg ane cari eksklusif dan ga semua org tau dan butuh, tp barangny si khusus Katolik emoticon-Malu (S)

jd ane cari buku gan.. tepatny buku panduan Gereja Ganjuran Hati Kudus Tuhan Yesus. kalo ga salah pas Gereja itu udah selesei drenovasi ulang pasca gempa Jogja, ada suatu misa pemberkatan gtu.. dan dibagiin buku itu pas misa. bukunya ga djual dan dbagiin gratis waktu itu.
pas kmaren ane k sekretariat Gerejany, mereka bilang bukuny udah abiz dan softcopy fileny udah thapus emoticon-Cape d... (S)

tolongin y gan, ini buat Tugas akhir ane ngebahas itu Gereja beserta ukiran2 dan ornamen2 arsitekturny yg khas Jawa itu.
ane ga tau lg harus cari kmana tuh buku, soalny ga djual emoticon-Berduka (S)
gan,,kenapa sih tuhan harus mengirimkan anaknya ke dunia?
Post ini telah dihapus oleh
Quote:


ane tau taqiya itu sunnah, tapi jangan kebanyakan taqiya di trit orang juga dong gan emoticon-Smilie
Post ini telah dihapus oleh drtommy94
Quote:


yang saya maksud adalah bahasa lidah..
bahasa yang pengucapannya menggunakan bahasa asing bagi si pengucap
grja charismatic pada umumnya ''melakukan'' bahasa roh tsb dalam setiap ibadahnya... buah2 roh pun tetap ditekankan malah lebih ditekankan dari bahasa roh itu sendiri..
jadi ketika saya tdk melihat pengekspresian bahasa lidah tsb dlm gerja katolik
saya yg awam hanya ingin mengetahui pandanga gerja katolik terhadap bahasa roh tsb..

tapi spt yg agan jawab td d atas saya sudah cukup puas..
Quote:


Maaf bro.......

Teman saya dulunya punya namun hilang entah kemana bukunya.......

But, yang tahu betul tentang Ganjuran adalah Romo Utomo yang tinggal di parokinya......

Dulunya banyak menulis tentang Ganjuran juga.......

Coba anda temui Romo Utomo, siapa tahu beliau masih menyimpan catatan2 penting ttg Ganjuran, ataupun mewancarai beliau saja sebagai narasumber....

Namun harap maklum, sudah sepuh (tua)........emoticon-Blue Guy Peace

Atau kunjungi websitenya :
http://gerejaganjuran.com/pages-2-ge...-ganjuran.html
http://mudikaganjuran.wordpress.com/history/
Halaman 228 dari 529
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di