thediaperscakeAvatar border
TS
thediaperscake
Buah-Buahan Khas Indonesia yang terlupakan
Buah-Buahan Khas Indonesia yang terlupakan
-------------------------------------------

Ngaku orang indonesia??kenal buah ini ga..?



Jamblang / Juwet
Spoiler for *:

Buah jamblang ini, cukup terkenal dengan pohonnya, yang katanya, menjadi sarang kuntilanak . Dibalik semua itu, ternyata buah jamblang rasanya sepet-sepet dan manis. Beberapa bagian tanaman ini juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya sering kali digunakan sebagai obat kencing manis, diare, dan beberapa penyakit lain.



Kelendang / Cempedak
Spoiler for *:

Sekilas buah ini mirip nangka, bentuknya yang unik dan rasanya yang manis, rasanya seperti campuran nangka dan manggis. Tertarik untuk mencoba ? Jika tertarik. Silahkan ke Kota Samarinda di bulan Desember.



Gohok / Kaliasem / Gowok
Spoiler for *:

Sesuai dengan namanya buah ini rasanya asem alias kecut tapi seger. Buah ini ga bisa di makan sama kulit-kulitnya ini, tapi jika sudah pernah memakan buah ini hanya bisa “Nyengir”. Keberadaannya sudah lumayan langka ditemui saat ini, tapi buat Anda yang belum pernah mencoba buah ini. Anda bisa datang ke Jl. Yusuf Adiwinata, Menteng. Hati-hati dengan rasa asamnya!



Kesemek
Spoiler for *:

Dagingnya renyah dan rasanya mirip campuran mangga dan apel. Dan kalo Anda mau tau, dibandingkan semangka dan apel kandungan vitamin C juga A pada buah ini jauh lebih tinggi. Kesemek juga mencegah kanker & jantung ( duet penyakit orang kaya nih gan ), menurunkan kolestrol jahat, dan mencegah sembelit.



Ceplukan
Spoiler for *:

Buah yang mirip cherry hutan ini. Memiliki nama sunda Cecendet. Biasanya tumbuh liar di kebon-kebon, tepi hutan dan daerah yang terkena cahaya matahari. Tapi seumur-umur saya belum pernah nemuin tanaman ini yang buahnya udah masak (warnanya kuning). Katanya rasanya manis dan di sukai anak-anak. Yang mau coba ? Biasanya udah di bentuk dalam kemasan tablet, soalnya buah ini khasiatnya sangat banyak.



Kecapi / Sentul / Ketuat
Spoiler for *:

Kecapi merupakan buah yang agak rumit memakannya, karena kulitnya begitu liat dan kuat, kadang perlu dijepit pake pinngiran pintu untuk membukanya. Malah kalau belum bisa juga, biasa dilempar ketanah sampai kulitnya terbuka (jadi inget masa kecil).
Lemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi.
Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.
Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.
Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.



Lobi – Lobi
Spoiler for *:

Buah lobi, biasanya kita sebut lobi-lobi, kalo di Sukabumi lolobi . Biasanya lobi-lobi di jadikan rujak dengan bumbu standar, garam, gula merah, cabe rawit, tambah terasi, dan rasanya bener bener asam manis, seger banget. Biasanya di tukang rujak bebeg masih di jual.



Nasi by magabut01
Spoiler for *:

Rasanya manis dan berair



Sisin by magabut01
Spoiler for *:




Kersen / Buah Singapur / Baleci / Cery jawa / Talok by finanda87
Spoiler for *:

Orang Bali menyebutnya buah singapur, entah karena asal buah ini dari singapur atau hanya suatu kebetulan saja. Kalau di Jakarta suka disebut dengan buah ceri. Buahnya kecil dan rasanya manis. Di Lumajang, anak-anak menyebutnya baleci.
Buah ini juga dapat dijadikan selai, selain dimakan secara langsung. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar. Komposisi dari kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan semacam teh.



Buni / Boniby oyul89
Spoiler for *:

Buah ini berbentuk bulat kecil-kecil, rasanya sesuai dengan warnanya, warna hijau kecut, warna merah agak manis dan warna hitam sangat manis. Buah ini biasa dipakai untuk rujak (rujak boni). Manfaat mengonsumsi buah ini, karena dapat menjaga kesehatan mata karena memang kandungan vitamin A nya yang tinggi, melancarkan saluran pencernaan, dan sebagai antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh.



Kitau / Kerto / Babasaran / Bebesaran / Murbei / Lampaung / Mempaungby GembongOfJunker
Spoiler for *:

Buah dengan nama latin yaitu Morus australis Poir, merupakan tumbuhan perdu atau pohon yang tingginya 6-9 m. Daunnya berbentuk segitiga atau jantung, mudah luruh dari rantingnya. Buahnya bergugus, warnanya coklat tua kalau sudah masak. Daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera.
Biasanya buah ini tumbuh liar di hutan dan ditanam di halaman atau di kebun. Kandungan kimia: Karoten; Adenin; Kolin; Amilase; Minyak lemak; Vitamin C; Vitamin A; Vitamin B1; Kalsium; Fosfor; Maklurin; Rutin; Morin; Ergosterol. Khasiat pada buah ini antara lain: antipiretik; antitusif; diuretik; anti flogestik; analgesik.
Kegunaan buah ini untuk kesehatan, yaitu:
1. Hepatitis; kurang darah dan tekanan darah tinggi:
Buah besaran 7-10 g; Air matang secukupnya, Dibuat jus, Diminum sehari 1 kali; diulang selama 14 hari
2. Radang persendiaan dan nyeri pinggang:
Ranting dan daun besaran 10 g; Air 110 ml, Diseduh, Diminum sehari 1 kali pada pagi hari, 100 ml[/FONT][/QUOTE]


Mahkota Dewaby LieFeeL
Spoiler for *:

Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua/Irian Jaya. Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti:
1. Alkaloid,
Bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
2. Saponin,
Bermanfaat sebagai: sumber anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, n mengurangi penggumpalan darah
3. Flavonoid,
Berguna untuk: melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinflamasi (antiradang),sebagai anti-oksidan, n membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
4. Polifenol,
Berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)



Menteng / Kepundung / (ke)mundung
Sekilas buah menteng mirip dengan buah duku namun tajuk pohonnya berbeda. Rasa buahnya biasanya masam (kecut) meskipun ada pula yang manis. Buah ini mempunyai nama latin Baccaurea racemosa (Reinw.) Muell. Arg.; juga B. javanica dan B. dulcis.
Tumbuhan ini asli dari Pulau Jawa, dan dapat ditemui di sekitar Jakarta dan Bogor kadang-kadang masih ditemukan penjual buah menteng.


Gandaria / Jatake
Konon tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia, yang tumbuh subur di daerah dataran tinggi seperti darah puncak Jawa Barat. Buah gandaria memiliki warna hijau dan kulit buah berangsur kekuningan atau jingga ketika buah beranjak matang. Bentuknya oval sebesar bola bekel. Bijinya berwarna ungu muda. Cita rasanya asam segar.
Di daerah Jawa Barat, buah ini sebagai bahan campuran rujak atau sambal pelengkap ikan atau ayam bakar/goreng, ikan asin dan lalapan. Tidak hanya buah, ternyata daun gandaria juga bisa dimakan mentah sebagai lalapan.



emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
TS nya pingin dikasih emoticon-Rate 5 Star n juga bergelas emoticon-Toast
nona212
nona212 memberi reputasi
2
66.9K
2.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan