mubarak.20Avatar border
TS
mubarak.20
Sea Games dan PON Kacau, Menpora Didesak Introspeksi
Auditor negara dan penegak hukum diminta mengusut kejadian di dunia olahraga.

Menpora Andi Alfian Mallarangeng diminta untuk introspeksi dan mengevaluasi diri atas berbagai kejadian buruk di dunia olahraga Indonesia pascadiserahi tugas oleh Presiden SBY sebagai pejabat tertinggi di kementerian itu.

Pasalnya, menurut anggota Komisi X DPR Zulfadhli, selama ini kinerja kementerian itu dalam menjalankan event-event olahraga tak pernah beres. Termasuk, untuk pelaksanaan Sea Games dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Prestasi secara umum olahraga Indonesia, menurut Zulfadhli, juga tak meningkat. Bahkan, cenderung menurun.

"Yang mengemuka justru kasus-kasus dugaan korupsi dalam proyek-proyek negara terkait keolahragaan," katanya.

Berbagai insiden akibat mismanajemen juga dinilai Zulfadhli kerap terjad. Mulai dari rontoknya gedung Hambalang, kata dia, hingga ambruknya kanopi lapangan tenis di arena PON Riau, sebelum sempat dipakai.

"Semestinya Menpora sudah introspeksi dan mengevaluasi diri. Bahwa, sekian tahun kinerja kementerian itu memburuk, pelaksanaan event-event semakin tak beres," kata Zulfadhli di Jakarta, hari ini.

Dia menegaskan, evaluasi kinerja Menpora berada di angan Presiden SBY sebagai pemegang hak prerogatif penunjukan anggota kabinet. Lantaran itulah, layak tidaknya menpora menduduki jabatannya berada di tangan presiden.

Politisi asal Partai Golkar hanya menekankan, ada baiknya apabila pejabat eksekutif Indonesia meniru etika yang dimiliki oleh pejabat di negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan. Yakni, saat kegagalan harus ditebus dengan pengunduran diri.

"Saya pikir presiden juga tak buta dan pasti tahu kinerja menteri ini. Cuma memang perlu kesadaran. Kalau niat memperbaiki, tapi tak mampu, mestinya mengundurkan diri," tegas Zulfadhli.

Pada kesempatan itu, Zulfadhli juga mengingatkan agar auditor negara, dan bahkan aparat penegak hukum, segera mengusut tuntas kejadian-kejadian memprihatinkan yang terjadi di dunia olahraga, seperti banyaknya venues PON Riau yang rusak sebelum digunakan.

"Apakah itu tak sesuai karena dikorupsi? Ya belum tahu. Yang pasti itu tak beres. Masa arena belum dipakai, sudah ambruk, itu pasti ada yang tak beres dan harus diusut," tuturnya.

http://www.beritasatu.com/nasional/7...trospeksi.html
0
2.9K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan