Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdanWAvatar border
TS
AdanW
[HOT] Warga Cianjur Dipungut Biaya Untuk e-KTP
Spoiler for e-ktp:


Cianjur, 9/9 (ANTARA)- Sejumlah warga di beberapa wilayah di Cianjur, Jabar, mempertanyakan pungutan uang yang dilakukan aparat di tingkat desa dan kecamatan, untuk pengurusan E-KTP.
Bahkan ribuan warga di wilayah Cianjur selatan, terpaksa harus mengeluarkan uang Rp25 ribu, agar dapat dilayani petugas di kecamatan dalam pembuatan E-KTP.
Selain itu, warga harus mengeluarkan biaya lain, untuk datang sendiri ke kantor kecamatan yang berjarak belasan kilometer dari tempat tinggalnya.
"Setahu kami ini program pemerintah secara cuma-cuma, tapi kami dipaksa harus membayar Rp25 ribu, oleh aparat di tingkat desa, dengan alasan yang tidak jelas. Belum biaya untuk pergi ke kecamatan, satu orang bisa menghabiskan biaya sampai Rp100 ribu," kata Erwin (36) warga Kecamatan Pagelaran, Minggu.
Dia dan ratusan warga di wilayah tersebut, meminta agar aksi yang dilakukan sejumlah oknum tersebut, memiliki alasan yang jelas, serta jika melanggar dinas terkait memberikan sanksi terhadap oknum tersebut.
Sementara itu, pungutan yang sama dilakukan oknum desa di Kecamatan Cilaku, dimana warga perumahan Bumi Mas, Cilaku, mengaku dipungut biaya Rp5.000 perorang, untuk pengurusan E-KTP.
Namun tidak ada kejelasan dari oknum tersebut, perihal biaya yang dipungut dari masing-masing-masing pemohon, agar dapat dilayani dalam pembutan KTP elektronik itu.
Tidak jelas buat apa, katanya buat tertib administrasi dan untuk membayar petugas yang melakukan pendataan. Setahu kami pembuatan E-KTP itu, merupakan program pemerintah pusat dan gratis tidak dipungut biaya," kata Ida Fitri (38) salah seorang warga perumahan tersebut.
Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Cianjur, belum memberikan alasan terkait pungutan bagi pemohon E-KTP tersebut. Bahkan ponsel Kepala Dinas Disdukcapil, Hilam K, saat dihubungi tidak aktif.(KR-FKR/C/N001)
(U.KR-FKR/C/N001/N001) 09-09-2012 18:06:34 NNNN

sumber : IYAA.com
_________________
harus di usut ini.. pasti ada oknum yg ngeyell.. emoticon-Mad (S)
0
2.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan