Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PengamenJalanAvatar border
TS
PengamenJalan
4 Pesawat Tempur (Super Tucano) Tiba di Indonesia
4 Pesawat Tempur (Super Tucano) Tiba di Indonesia

Indonesia dan Brazil membuka lembaran baru dalam kerjasama di bidang pertahanan. Lembaran baru itu ditandai dengan penyerahan 4 dari 8 helikopter Super Tucano yang dipesan TNI AU dari industri pesawat terbang EMBRAER. Melalui kontrak yang telah ditandatangani kedua negara, 4 helikopter lainnya akan rampung tahun 2013.

Penyerahan 4 pesawat helikopter Super Tucano itu berlangsung di pabrik pesawat EMBRAER, Gaviao Peixoto, Sao Paulo kemarin (6/8/2012).

Sekjen Kemhan Marsekal Madya Eris Herryanto secara simbolis menerima prototipe pesawat helikopter Super Tucano dari CEO/President EMBRAER Frederico Curado.

Diharapkan keempat pesawat heli tersebut sudah dapat tiba di Jakarta pada 2 September 2012. Frederico Curado direncanakan menyaksikan secara langsung penyerahan 4 helikopter Super Tucano itu kepada Pemerintah Indonesia.

“Kami bangga dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam upaya pengamanan wilayahnya dari berbagai tantangan yang ada,” kata Curado.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Oceania yang menggunakan helikopter Super Tucano.

Helikopter ini mempunyai kehandalan dalam hal pengintaian, penyerangan dan penyergapan.

Saat ini, tercatat tidak kurang dari 10 negara telah menggunakan helikopter Super Tucano produksi EMBRAER.

Di Brazil, helikopter Super Tucano digunakan untuk mengamankan wilayah perbatasannya, utamanya di daerah Amazon dari aksi penyelundupan yang berasal dari negara-negara yang berbatasan langsung dengan Brazil.

Di samping melayani pesanan berbagai jenis pesawat untuk kepentingan militer/sipil, saat ini EMBRAER juga tengah memodernisasi pesawat F-5 milik Angkatan Udara Brazil melalui peningkatan peralatan persenjataannya, radar maupun avioniknya.

Dalam rangka upaya modernisasi peralatan persenjataan TNI AU, pihak EMBRAER telah pula menyampaikan tawarannya untuk mendukung upaya dimaksud, termasuk modernisasi F-5 milik TNI AU.

“Kami rasa terbuka opsi bagi pelaksanaan modernisasi itu [peralatan persenjataan] di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, acara penyerahan simbolis helikopter di Brazil pada hari itu, dihadiri pula Dubes Sudaryomo Hartosudarmo dan Atase Pertahanan.

Pejabat Brazail yang hadir yaitu KSAU Brazil Jenderal Juniti Saito, Direktur urusan Asia Oceania Kemlu Brazil Dubes Fransisco Mauro Brasil Holanda dan para pejabat di lingkungan Angkatan Udara Brazil

4 Pesawat Tempur (Super Tucano) Tiba di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com — Sabtu (1/9/2012) sekitar pukul 11.50 WIB, empat pesawat tempur taktis Super Tucano yang baru dibeli dari Brasil mendarat di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Kadatangan pesawat diterima Wakil Kepala Staf TNI AU Marsda Dede Rusamsi.

Pesawat yang dikemudikan delapan pilot dari Brasil itu disambut oleh tarian dan tradisi Betawi.

Pesawat buatan Embraer Brazil ini bermesin single turboprop serta piawai untuk latih dan tempur ringan. Kecepatannya yang rendah membuat pesawat ini biasanya diperuntukkan untuk mata-mata udara.

Editor :Nasru Alam Aziz

4 Pesawat Tempur (Super Tucano) Tiba di Indonesia


sumber : http://www.kemlu.go.id/buenosaires/P...?IDP=5738&l=id

http://nasional.kompas.com/read/2012...iba.di.Jakarta
0
3.5K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan