Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unk_damnationAvatar border
TS
unk_damnation
[CATOPER] Off to Mahameru 2012/05/16-21
Perkenalkan nubi yang selama ini cuma jadi reader dan tukang belanja di OANC emoticon-Embarrassment Baru kali ini bikin catoper, jadi maaf kalo kurang enak bacanya emoticon-Malu

Ini adalah trip ke semeru untuk pertama kalinya, dan trip ngesot pertama saia yang pake acara nginep di tenda (dari dulu bawaannya tektok melulu, soalnya naiknya ngga jauh-jauh). Ternyata ngesot berhari-hari itu... capek emoticon-Hammer Yah kira2 demikianlah kondisi nubi ngesot ini, langsung saja dimulai perjalanannya..

16 Mei 2012
Janjian dengan rombongan di stasiun kota bandung untuk naik kereta Malabar, berangkat jam 15:30.. Datanglah peserta rombongan satu per satu.. Total 12 orang dalam rombongan kali ini.

Nyaris tepat 15:30, kereta pun bergerak.. Karena rombongan kami rata2 bawa kulkas, alhasil mau naruh tas di bagasi atas gerbong ekonomi pun tidak muat semuanya.. Saya yang kebagian duduk di ujung gerbong pun dititipin jejeran kulkas. Tiga kulkas termasuk kulkas yang saya bawa sendiri emoticon-Hammer. Perjalanan ke jawa timur dengan kereta, seperti yang pernah saya alami sebelumnya, diwarnai dengan mata yang mati-nyala-mati-nyala, mang-mang yang jualan jajanan saat berhenti di tiap stasiun, dan yang paling ditunggu-tunggu, tukang jualan pecel yang sudah saya tunggu-tunggu di stasiun madiun emoticon-Angkat Beer.

17 Mei 2012
Masih dini hari, antara jam 03:00 - 05:00, saia menikmati pecel madiun.. Masih anget, mmmm.. Sayangnya ada yang jadi penyesalan saat itu; saya cuma beli satu.. harusnya dua bungkus emoticon-Berduka (S)

Perjalanan pun berlanjut. Cuci muka dan setoran harian dituntaskan di WC kereta emoticon-Hammer (S).
Spoiler for kereta jalan terus, terlambat sudah biasa:


Jam 08:30, kami serombongan pun tiba di stasiun kota baru malang (di tiket tulisannya tiba jam 07:04 emoticon-Stick Out Tongue).. Hmmm, akhirnya bisa mulai menggerakkan badan.. Rombongan pun segera keluar stasiun dan mencari tempat mangkal di warung terdekat. Kami pun makan pagi dan cek kelengkapan barang.
Spoiler for mangkal di warung samping stasiun:


Diputuskan, tendanya kurang dua, karena kami baru bawa dua tenda lafuma summertime 3/4. Diutuslah satu orang untuk nyewa tenda.. Setelah berlama-lama nunggu akhirnya datanglah dua tenda sewaan.. lafuma summertime 3/4 LAGI! Dua-duanya!! Alamat bakal tambah berat nih kulkas.. Untung saya ga kebagian tenda emoticon-Stick Out Tongue, tapi dapet bahan makanan tambahan emoticon-Cape d... (S)

Jam 10:00 barulah kami siap2 berangkat, carter angkot dan mulai naikin keril ke angkot. Tujuan selanjutnya: Terminal Tumpang.
Spoiler for Angkot ke Tumpang:


Jam 11:15 tiba di terminal tumpang... Ternyata buat naik jeep untuk ke ranupanenya ngantri panjaaaang bener emoticon-FrownGara2 kelamaan di stasiun emoticon-Frown
Spoiler for Tumpang:


Menunggu lama, kami pun belanja-belanja dulu. Kulkas pun makin berat emoticon-Nohope
Spoiler for kulkas, ready to go:


Jam 14:40 jeep kami BARU dateng. Untung dua orang diutus duluan ke tempat pendftaran supaya nanti nunggu pendaftaran nggak terlalu lama. Eah, capek sebelum nanjak kalo begini sih emoticon-Cape d... (S). Jalan aspal pun berubah jadi makadam.. hmmm mulai kerasa petualangannya emoticon-Big Grin. Jam 16:20 sampai di pertigaan semeru-bromo. Foto-foto dulu.. emoticon-Big Grin
Spoiler for Mana sih teletubbiesnya?:


Sekitar 17:15 rombongan sampai di ranupane. Langit makin gelap, rasanya sudah tidak sabar mau mulai jalan.. Akhirnya setelah siap-siap (ngantri wc dan cari gorengan emoticon-Stick Out Tongue) kami pun berangkat dari ranupane jam 17:40; Tujuan: Ranukumbolo!! Ternyata bawa keril fulpek berasa juga dari pinggang ke bawah emoticon-Frown. Jalan aspal berlubang kami susuri sampai bertemu gapura. Lalu kami belok kanan ke arah pesawahan. Belum jauh berjalan, beberapa pendaki lain masuk ke jalan setapak menanjak ke arah hutan di sebelah kiri.. sementara jalan besarnya terus lurus di sebelah kanannya. Rombongan kami pun bingung karena belum pernah ada yang ke semeru emoticon-Hammer (S)dan walaupun saia bawa gps tapi di tracknya nggak ada percabangan jalan emoticon-Embarrassment. setelah diperhatikan, ternyata jalur pendakian di semeru ada petunjuk jalannya: pita-pita plastik warna merah-putih. Aaah, jadi lega emoticon-Smilie.

Langit sudah benar-benar gelap. Dengan rimbun pepohonan menutup langit, track ranupane-ranukumbolo ini jadi gelap gulita. Kalo nggak bawa senter, nggak akan bisa liat apa-apa!! (sudah dicoba dan dibuktikan emoticon-Big Grin) Jadi buat yang mau ke semeru, jangan lupa bawa senter emoticon-Hammer

Langkah demi langkah mengantarkan rombongan kami melewati pos 1 (duduk-duduk santay), pos 2 (jalan terus - terlalu deket dari pos 1 nya), dan pos 3 yang atap shelternya rubuh (udah makin capek begitu nyampe sini, jadi duduknya makin lama emoticon-Stick Out Tongue). Ternyata berangkat dari pos 3 jalannya tiba-tiba nanjak setan emoticon-Nohope. Jadi inget waktu ke ciremay kalo treknya begini terus.. untunglah tanjakan mautnya cuma sebentar emoticon-Angkat Beer Selanjutnya jalannya relatif lebih banyak turunan landai.. sampai tiba di ranukumbolo!!
Spoiler for Ranupane sampai Ranukumbolo:


Lapak-lapak berjejalan, kami pun rehat dulu. Setelah itu cari-cari spot kemping (waktu menunjukkan pukul 23:20), kami pun gelar lapak.. tendanya empat kembar semua emoticon-Big Grin. Dan.. makan!!
Spoiler for Aaah the food:


Pertama kalinya saia ngesot makan makanan berat yang hangat emoticon-FrownSungguh pengalaman yang tiada duanya. Bandrek dan milo sachet langsung masuk list "perbekalan wajib untuk ngesot" ke depannya emoticon-Big Grin Kenyang, saia berkutat di dapur sebagai scavenger.. Akhirnya tidur jam 02:00 tanggal 18 Mei emoticon-Hammer

TU BI KONTINYU di post #8 emoticon-Embarrassment..
Diubah oleh unk_damnation 12-08-2013 13:12
0
7.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan