Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

notoracismAvatar border
TS
notoracism
Pasar Nokia Terdesak Google dan Apple
NEW YORK, (PRLM).- Direktur Utama Nokia yang baru Stephen Elop mengirim memo untuk para staf yang secara terang-terangan mengisyaratkan raksasa telefon genggam itu sedang dalam krisis.

Dalam memo yang pertama kali diterbitkan oleh blog teknologi Engadget, Elop menggambarkan perusahaan seperti sedang berdiri di "anjungan yang terbakar", dikelilingi para saingan yang inovatif yang merebut pangsa pasar mereka.

Secara khusus ia mengatakan bahwa perusahaan telah terlena dan tidak menyadari keberhasilan sistem operasi Android dari Google dan iPhone dari Apple.

BBC telah melakukan verifikasi untuk memeriksa keaslian memo tersebut. "iPhone pertama diluncurkan pada 2007 dan kita masih belum punya produk yang mendekati pengalaman mereka," tulis Elop.

"Android muncul sekitar dua tahun lalu dan minggu ini mereka mengambil posisi memimpin yang semula kita pegang dalam volume telefon pintar. Hebat sekali," tambahnya.

Meskipun Nokia memimpin pasar telefon pintar dalam hal penjualan handset, secara keseluruhan pangsa pasar mereka secara bertahap mengecil.

Menurut riset perusahaan IDC, pangsa pasar Nokia turun dari 38% pada 2009 menjadi 28% pada akhir 2010.

Sementara itu para pesaing termasuk Apple dan HTC, telah menambah jumlah pangsa pasar mereka atau berhasil mempertahankannya.

Ben Wood, analis di perusahaan riset CCS insight, mengatakan memo itu menunjukkan bahwa Elop "sangat memahami masalah struktural yang mendasar yang dihadapi Nokia". "Saya pikir ini menunjukkan bahwa ia mewarisi perusahaan yang kondisinya jauh lebih buruk dari yang ia berkirakan. Pekerjaan yang harus dilakukan untuk memulihkan keadaan tidak bisa diremehkan," kata Wood kepada "BBC".

Memo Elop juga menunjukkan Nokia terdesak di pasar telefon genggam murah oleh perusahaan-perusahaan Cina. "Mereka cepat, murah, dan melancarkan tantangan kepada kita," tulisnya.

Nokia diperkirakan akan mengumumkan strateginya ke depan dalam keterangan pers hari Jumat (11/2).

Wood memperkirakan Elop akan menggunakan kesempatan itu untuk menyatakan bahwa perusahaannya tidak dalam kondisi baik, kalah perlengkapan dengan para saingan dan jika ingin pulih perusahaan harus mengambil beberapa keputusan drastis.

Menurut Wood tindakan drastis itu kemungkinan akan melibatkan penggunaan sistim operasi Android atau Windows Phone 7 dari Microsoft. "Semua opsi akan dipertimbangkan," kata Wood


tapi mau banyak hape yang android kek bb kek iphone kek tetap nokia adalah hape sejuta umat, betul tidak ? emoticon-Toast
0
1.7K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan