Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pepepdeweAvatar border
TS
pepepdewe
negeri di atas awan
Artapela & Sulibra di Gunung Gambungsedaningsih




Ada yang kenal dengan istilah "bera" dalam bahasa Sunda?
Kurang lebih, "bera" adalah kondisi lahan bekas pesawahan yang ditinggalkan lama setelah panen.
Sementara itu di gunung-gunung dan perkebunan dikenal istilah "gambung", yang dalam konteks tertentu hampir analog dengan istilah "bera" dalam peritilahan pesawahan.

Di Bandung Selatan, terdapat gunung dengan nama "gambung", lengkapnya Gunung Gambungsedaningsih. Sejak lama, lahan di gunung ini dijadikan tempat berkebun, dari ketinggian 1000 mdpl hingga 2100 mdpl yang hampir menyentuh puncak gunung.

Setelah masa panen, beberapa wilayah ditinggalkan lama penggarap, bahkan sampai bertahun-tahun. Karena lokasinya diketinggian, vegetasi yang tumbuh hanya berupa rumput pendek yang menciptakan savana, "makplak hejo".
Bisa jadi, itu yang menjadi latarbelakang gunung ini dinamai Gunung Gambung, sementara tambahan "sedaningsih" masih misterius hingga hari ini.

Pada tahun 2014, sekelompok pemuda di desa Sukapura "maliré" lahan gambung yang ditinggalkan lama penggarap tersebut. Kemudian dua "savana" di atas punggung gunung dinamai "artapela" dan "sulibra", nama kedua selain nama lokasi juga dijadikan nama kelompok/komunitas yang mengelola wilayah ini.

Artapela dan Sulibra berada di atas ketinggian >2000 mdpl, setiap malam dan pagi, jika beruntung para pendaki yang berkemah di sini disuguhkan pemandangan yang menarik, dari gemerlap lampu kota, awan/kabut ysng berlarian di bawah kaki, hingga lanskap Gunung Rakutak dan Ciremai di ujung timur jauh.

Bersambung...
Diubah oleh pepepdewe 27-04-2020 05:36
0
5.1K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan