Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

strat.o.casterAvatar border
TS
strat.o.caster
[Sharing] Hemat Dalam Bergitar
Pertama-tama ane mohon izin nambahin isi forum ini. Kalau sebelumnya sudah ada yg post trit serupa ane akui "keterlambatan" ane dan respect ane untuk TS trit terdahulu emoticon-Blue Guy Peace.

Kita pasti udah sering baca trit atau artikel tentang cara-cara menghemat pengeluaran, energi, mudik dsb emoticon-Berbusa (S). Cara-cara yg disebutkan juga kurang lebih sama misal buat catatan pengeluaran, bawa minum sendiri waktu di perjalanan, bawa makan dari rumah dsb.

Dari pengamatan ane, ada juga penghematan2 yg bisa dilakukan sehubungan dengan hobby kita bermain gitar untuk meminimalisir penggunaan dana dan energi serta ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan juga. Beberapa di bawah ini yg ane terapkan selama ini:

Ampli
Berhubung rumah ane kecil, main di rumah cukup pake ampli 15watt aja. Kalau di luar rumah baru lah ampli yg lebih gede dikeluarin. Lumayan mengehemat listrik kan. Kalau ampli 15watt terasa kurang keras, ane anjurkan main di ruangan yg sesempit mungkin di rumah (kamar mandi kalau perlu!!). Dijamin suara ampli bisa terdengar agak lebih keras emoticon-Metal:.

Ganti senar
Ane sangat beruntung dikaruniai telinga yg lebih suka suara senar yg udah karatan dibanding suara senar baru. Senar bakal ane pake terus sampe kulit ari jari2 ane aus tiap kali abis maen. Alhasil, rata2 ane ganti senar sekitar 4 bulan sekali, jadi ga perlu sering2 beli Dean Markley Blue Steel 0.11 kesukaan ane emoticon-thumbsup

Haus dan keringatan setelah main
Disadari atau tidak, bermain gitar adalah aktifitas fisik. Badan ane selalu berkeringat seperti berolah raga setelah bermain gitar emoticon-Cape d... (S). Akibatnya setelah main gitar ane kadang butuh 2 gelas es teh manis buat pelepas dahaga. Sekarang, kalau situasi memungkinkan ane main gitar dengan baju dibuka emoticon-Malu (S). Lumayan rasa kepanasan dan hausnya berkurang. Ini juga bisa mengurangi jumlah cucian gan, jadi pemakaian air, sabun dan listrik (buat mesin cuci dan/atau setrika) juga berkurang.

Perluas wilayah jajahan
Maksudnya jangan main di wilayah situ-situ aja gan. Kunjungi sebanyak mungkin fret dari pangkal sampai ujung neck. Ini supaya fret wire ausnya merata. Kalau ausnya cuma di daerah2 tertentu sayang pas mau re-fret harus beli satu set gan emoticon-Takut (S).

Itu beberapa yang ane bisa share. Ane sangat yakin agan2 pasti juga punya kiat-kiat yg bagus untuk membantu mensukseskan gerakan penghematan. Semoga bisa bermanfaat. Untuk segala kekurangan ane mohon maaf. Terima kasih udah mampir di sini. Ane terima segala bentuk komentar dan pemberian (cendol, cingcau, bata, semen, pasir dsb).

Cheers,

Strat.o.caster
0
2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan