Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bentar.nrAvatar border
TS
bentar.nr
Keganjilan Tes CPNS KEMENKUMHAM 2012
Keganjilan Seleksi CPNS KEMENKUMHAM 2012

Halo agan2 sekalian!

Jumat tanggal 10 Agustus yang lalu ane ikut tahap verifikasi berkas dalam tahapan tes CPNS KEMENKUMHAM yang diadakan di SEPOLWAN lebak bulus. Hari tersebut adalah hari seleksi untuk pelamar S1 dan sebagian SMA/K yang jumlahnya sampai ribuan pelamar. Seleksi kali ini menurut ane agak berbeda dengan seleksi tahun 2010 sebelum adanya moratorium di mana saat itu setelah pelamar lulus administrasi, peserta hanya melakukan verifikasi berkas dan langsung mengambil kartu peserta ujian, dan kemudian langsung tes. Tahun ini, KEMENKUMHAM membuat tahapan pertama sebelum mendapat kartu adalah pengukuran tinggi badan (TB) dan berat badan (BB) dan barulah dilakukan verifikasi berkas. Jadi intinya, sebelum pengukuran TB dan BB ini dilakukan, verifikasi berkas tidak bisa dilakukan. Atau, jika pengukuran TB dan BB ini tidak lulus, sudah pasti gagal total bahkan untuk bisa sampai ke verifikasi berkas. (Setelah tahapan tsb, akan ada tes kesamaptaan/jasmani, kemudia n tes tulis.)

Nah, pada tahap inilah ane menemukan keganjilannya gan. Ane memang bukan orang yang tinggi gan, tapi juga bukan orang yang pendek. Tinggi ane biasa ukur, dan terakhir ukur untuk pembuatan SKCK di Polres (foto TB terpampang jelas di SKCK karena memang sekarang foto kita ada penunjuk TB-nya di belakang jika kita buat SKCK), tinggi ane adalah 170cm, dan memang biasanya ane ukur TB ane gak pernah kurang dari 167cm. Nah, ketika TB ane diukur di SEPOLWAN itu, TB ane cm 163cm!!! WTF banget gan! Udah gitu, BB ane yang biasanya cuma 55-57, apalagi kemarin itu lagi puasa, BB ane menyentuh angka 60kg! Angka yang gak pernah tersentuh sebelumnya! How could this be??. Kontan aja ane gak lolos gan di tahap itu.

Tapi di situlah letak keganjilannya, masa tubuh ane menciut dalam jangka waktu 1 bulan semenjak ane buat SKCK sampai hari jumat itu? Ane baru berumur 25 tahun, degradasi masih jauh, lagipula mana mungkin hilang sebanyak 7cm dlm waktu 1bulan. Ane gak mengalami kecelakaan atau apapun. Dan ane juga pernah ikut seleksi SECAPA TNI, TB ane gak bermasalah, ane lewat2 aja masalah ini.

Gak percaya, setelah ane sampe rumah ane ukur TB ane dan BB ane, ternyata memang masih 169cm dan 55kg!!

Analisa ane adalah begini gan: tahun ini rencananya tes CPNS akan dilakukan secara serempak, dan soalnya akan diadakan dari komsorsium 10 universitas, jadi yang bikin soalnya bukan lagi Kementerian/daerah sendiri gitu gan. Modelnya seperti SNMPTN gitu deh. Nah, KEMENKUMHAM ini "sengaja" mengurangi meteran TB dan dan menambah timbangan BB untuk "mempermudah dan mempersingkat" seleksi pelamar yang jumlahnya ribuan itu(sebab gak mungkin lagi melakukan "seleksi" setelah pelamar melakukan tes tertulis karena konsorsium tadi sehingga hasilnya gak bisa di"modofikasi" lagi seperti tahun2 sebelumnya) Memperkirakan rata2 TB pelamar s1 yang sekitaran 165-180, maka dengan melakukan pemangkasan meteran TB 5-7cm akan dengan cepat ratusan pelamar yang tersingkir.

Dugaan ane diperkuat juga gan sama paman ane yang TNI, yang bilang bahwa memang biasanya itu dalam pengukuran TB dan BB, meteran "dikurangi", timbangan "ditambah", karena dengan begitu seseorang akan menjadi pendek dan gemuk, bukan ukuran badan yang proporsional.

Ane sih tulis ini bukannya ane mencari2 kesalahan karena ane gak lolos tahap itu, ane sih masa bodo dan cukup tahu aja, ternyata yang namanya reformasi birokrasi masih aja bullshit; KKN dan pelanggaran HAM masih aja eksis bahkan oleh kemnterian HAM itu sendiri. Ane malah bersyukur ane gak dimasukkan ke tempat2 yang bisa mengubah prinsip2 kebenaran yang ane pelajari sejak kecil. Thanks God!

Oke gan, segitu aja pengalaman ane melamar CPNS di KEMENKUMHAM tahun ini, sukses deh buat agan2 yang lanjut seleksinya. Terus, share di mari gan kalo agan2 punya pengalaman yang sama atau mungkin bahkan lebih buruk dari ane di berbagai instansi baik swasta ataupun negeri. Thx gan! Thx kaskus!
0
13.6K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan