CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
[Kupas Teknologi] Bunga Rampai mengenai Hard Disk, Flash Disk, dan Solid State Disk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006350362/kupas-teknologi-bunga-rampai-mengenai-hard-disk-flash-disk-dan-solid-state-disk

[Kupas Teknologi] Bunga Rampai mengenai Hard Disk, Flash Disk, dan Solid State Disk

Tampilkan isi Thread
Halaman 170 dari 253
Quote:


Ya, sebaiknya scan sejak awal walupun memang butuh waktu lama. Demi keamanan juga kan ?

Quote:


White label, teorinya hard disk baru. Namun saya telah menemukan beberapa kali disk white label Seagate juga rekondisi. Namun kelihatannya ini hanya dijual oleh distributor tertentu dan mereka tentu saja bukan distributor resmi.

Mengenai kompabilitas SATA I dan SATA II, baik Mainboard maupun hard disk tetap saling kompatibel, hanya mengikuti kecepatan sesuai yang terendah. Artinya disk SATA II di mainboard SATA 1 akan berfungsi dengan kecepatan SATA I dst.
gan, mau tanya..
kalo misal HDD yg normal, secara teori lah, bisa bertahan berapa lama sampe keluar bad sector ama akustiknya makin keras. kalo dipake di kondisi :
1. hanya buat nyimpen file multimedia+diputer (movie, mp3, dll).
2. buat kompress-dekompress, buat path installernya game.
apa bisa nyampe 5 tahunan..??
buat secara general aja, ato tiap tipe beda2 dari merek (sigit, wd, hitaci, samsung) dan tipe (blue, green, black)?
thanks. emoticon-Big Grin
permisi mau tanya nih. ane disuruh kk ane buat beli HDD external yg 2,5".

untuk budget jangan sampe 1 juta. keperluan cuma buat simpen , lagu - foto - film2.

kalo bisa sih ada embel2 "shockproof" nya gitu. untuk kapasitas nya terserah deh gan, makin gede ya makin bagus dengan budget sgtu ^^

thx
Quote:


Teorinya antara 4-5 tahun dalam kondisi ideal. Namun, banyak faktor di negara kita yang sedikit banyak mempengaruhi : iklim tropis, listrik yang sering byar-pet, kebiasaan pengguna dll.

Quote:

Sekedar informasi :
A-DATA HD710 Heavy Duty

Produk ini akan segera kami berikan support data recovery untuk end user dalam jangka waktu tidak lama lagi setelah penandatanganan MOU/kesepakatan kerjasama antara PT HDD Studio Data Recovery Indonesia dan PT Alam Raya yang bertindak sebagai distributor produk A-Data.

Produk lainnya juga ada. Transcend
gan nanya dong, kalo hdd/dvd room pake kabel sata yg kualitas nya kurang ngaruh ke umur nya gak? tqemoticon-Big Grin
Spoiler for contoh:
medning ambil Hitachi 1 TB 32MB SATA3 - HDS721010CLA332 - 7200RPM apa seagate 1 TB ST31000524AS 32MB SATA3 - 7200RPM ya gan kalo ambil wdc blue masih 1jutaan
gan, mau nanya nihh. temen ane punya hd external nga nampil kapasitas dan gambar drivenya. ane biasanya cek di dievice manager trus ane format ato tampilin lagi hdnya. tp kali ini nga mau sm skali. gimna tuh gan, maaf nga sempat nampilin gambarnya

maaf juga kalo pertanyaan ini dah prnah ada emoticon-Malu
Quote:


Ya, karena sinyal yang dikirimkan dapat saja tidak maksimal dan saat proses burning akan terjadi error.

Quote:


kebutuhan untuk system atau data only ? saya lebih suka hitachi untuk system

Quote:
lihat di disk management, apakah terdeteksi merk, model, kapasitas dan serial number dengan lengkap dan benar. Jika normal dan masih error seperti itu, berarti ada problem lainnya. Cek sector disk tsb dengan HDTune
Agan HDDStudio, mhn info. Kalo gitu hal apa yg sebetulnya bikin health status HDD kita berkurang? Terutama berkurang karena munculnya reallocation event counts, current pending sector count, & reallocated sectors count?

Soalnya punya ane uidah 3x berturut2. & kayanya emang beneran rusak HDD nya, skrg salah 1 health-nya 17%, udah ga bisa dipake. Lambat bener. emoticon-Berduka (S)
Quote:


reallocation event count & reallocated sector count keduanya mempengaruhi status health di SMART, namun jika ada value dan setelah inspeksi sudah tidak ditemukan bad sector sama sekali, disk seharusnya tetap berfungsi normal.

yang mengganggu kinerja disk (melambat) ialah current pending sector count, karena ada sector yang ditemukan bermasalah tapi belum direlokasi dan masuk tabel reallocation. Ini diseabkan banyak hal :

1. sector mengalami physical damage saat operasional - bukan bad sector soft/logical namun benar-benar "dead sector"
2. firmware disk mengalami malfunction (ya, ini juga terjadi, walaupun jarang dan hanya di merk/model tertentu) dan "lupa" caranya melakukan reallocation
3. cakram disk tidak lolos QC saat proses manufacturing. Konsepnya tidak ada cakram disk yang 100% sempurna, sehingga pasti ada area yang rusak. Oleh pabrik area rusak ini dimasukkan ke 1 tabel yang disebut "P-List". Proses ini otomatis dan berlangsung sebelum disk diberi label. Ada kalanya proses ini terlampau lama (karena kapasitas disk semakin besar) dan tidak ideal untuk mendukung penjualan. Oleh karena itu dibuat modul lainnya di firmware untuk mengatasi ini. Misalnya Skip List, Track List, Cylinder List dan lainnya. modul-modul ini memberi toleransi rentang area yang ditemukan bermasalah sehingga misalnya dalam satu cylinder ditemukan 4 bad di antara 10,000 sector, maka otomatis 10,000 sector di area tsb semuanya dimasukkan ke cylinder list. Dengan menggunakan modul ini P-List tidak dibentuk independen, melainkan dependen terhadap modul lainnya. hal ini yg menjelaskan muncul disk refurbishing dan recertified repair, karena sebenarnya masih tersedia cukup banyak sector cadangan, namun hanya bisa diregenerasi oleh pabrik atau pihak yang mengerti caranya.

Dengan 3 poin di atas, sebagai end-user anda bisa menghindari poin pertama dengan menjaga kondisi saat operasional.

Seperti yang pernah saya tulis berkali-kali :
1. Listrik tidak stabil, solusinya pakai UPS dan atau stabilizer yang berkualitas
2, Suhu ruang kerja terlampau panas, solusinya pakai fan hard disk, atau pasang AC di ruangan
3. System kurang daya, solusinya ganti dengan power supply yang sesuai
4. Operatornya kurang mengerti cara yang benar, solusinya berikan instruksi dan informasi yang tepat.
5. Tidak yakin kualitas disk yang digunakan ? solusinya periksa seluruh sectornya, value SMART sejak awal sebelum digunakan dan saat digunakan

Ini semua anda bisa atasi, tentu saja. Tapi, masalah di firmware dan error produksi, tentu saja lain cerita.
Quote:


Untuk dua2nya gan soalnya mau ganti hdd agak bermasalah udah lama juga hdd dan kapsitas juga kecil, btw itu kelbihan hitachi apa ya gan dr pd seagate pengen tau dulu seluk belukny secara detail biar gak salah beli soalnya mau cari yang awet lah gan
Quote:


Terima kasih banyak untuk penjelasannya bro HDDStudio. Nambah lagi nih bro, pertanyaannya, berdasar jawaban bro HddStudi, kalau gitu :

1. Kalau pakai UPS Kenika 1200VA, apa termasuk yg bikin rusak?
3. Apakah PSU yang sdh menurun kemampuan OC nya adalah tanda2 PSU yg ga bisa memenuhi daya? Kalau seandainya penggunaan PSU yg sdh lemah ini dibikin ringan, apa bs menghindari kemungkinan rusaknya HDD.
5. Padahal ane sdh ngecek, semua kondisi ok. Tp tetep aja error itu mengahunti. emoticon-Berduka (S)


Thanx untuk perhatiannya bro HddStudio. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Opini saya opini pribadi. Saya menghindari Seagate karena melihat demikian banyaknya problem yang saya terima di tempat kerja (saya di bidang data recovery) dalam kondisi kerusakan firmware dan mekanik head.

Tentu saja, dari statistik ini tidak bisa digeneralisasi ke merk tsb, namun merk Hitachi juga muncul sebagai produsen dengan tingkat kerusakan yang masuk ke tempat kerja dalam jumlah relatif masih kecil.

mengenai keunggulan produk tsb, ada baiknya membaca http://www.kaskus.co.id/showpost.php...09&postcount=8 maupun subforum hardware review



Quote:


1. UPS seharusnya membantu dan tidak merusak
3. PSU prinsipnya menggunakan komponen yang akan habis terpakai pada satu saat. Jika penggunaan daya intensif, tentu akan melemah dengan cepat. Menurunkan beban terhadap PSU tentu membantu, tapi gunakan perhitungan dan toleransi yang akurat.
5. Jangan lupa, mungkin saja anda memperoleh disk yang memang mengalami cacat desain firmware.
mau tanya gan, kira2 lebih baik pilih hdd eksternal 2,5" atau 3,5"? kebutuhan hdd nantinya untuk keperluan penyimpanan data sehari2, ng cuma buat backup, terkadang dibawa pergi2 juga (walaupun jarang). lalu bisa dijelaskan juga ng untung rugi keduanya?

lalu rekomendasinya merk dan tipe apa gan? kapasitas 1,5-2 TB.

makasih sebelumnya emoticon-Big Grin
Quote:


berapa duit gan yg adata hd710? trus klo transcend yg mana ya mendingan?
gan ane dah nyoba caranya agan. dan hasilnya kek gini

[Kupas Teknologi] Bunga Rampai mengenai Hard Disk, Flash Disk, dan Solid State Disk

dan semua hasilnya error
[Kupas Teknologi] Bunga Rampai mengenai Hard Disk, Flash Disk, dan Solid State Disk

nah gimana tuh gan cara balikinnya??
mohon bantuannya gan, hd nga mau ke format
Quote:


4-5 tahun yang dimaksud apakah 5 * 24jam * 365hari = +/- 43800jam ??
soalnya sy bereksperimen dengan hardisk dengan pemakaian non stop ( utk download ) sekitar 11.000 -12.000jam kesehatannya sudah nyentuh angka 50% di tabel smart .
Bahkan hdd baru saya yang segeate sudah healthnya sudah nyentuh 50%
padahal pemakaian baru 800jam
[Kupas Teknologi] Bunga Rampai mengenai Hard Disk, Flash Disk, dan Solid State Disk

nah pertanyaan lainnya dari pengalaman pribadi mas bro,apakah ada hardisk yang smart attributenya tetap dikisaran 80% keatas setelah pemakaian lebih dari 10.000jam ? ( ane make ups+avr,psu pure wattage dan suhu terjaga dikisaran 30-34c )

Quote:


sepertinya sudah ga ada harapan kl begini,biasanya kl ane scan ada beberapa titik bad sector proses scan udah ane hentikan tidak ane selesaikan,ane backup data yg bs diselamatkan lalu ane LLF hasilnya kl hdd bisa dipakai ya dipakai kl tidak ya sudah ganti baru.

Help me gan

sorry nih agan2 ane punya problem, kemaren ane abis defrag hdd external ane pake software sentinel. baru setengah jalan kompi ane hank gan. setelah nunggu lama ane reboot paksa aja. ane idupin kompi lagi, hdd ane ga bs dibuka, ga ada drive nya jg. ane udah liat disk management jg ga ada. tp pas dicolok hdd external ane bunyi notif gitu. kalo di device manager ada gan ke detect. ane coba lagi tuh software sentinel kedetect jg tapi jd tanda tanya gitu (??) ane pusing gan. barang kali ada yg pernah ngalamin hal yg serupa. mohon pencerahannya gan
emoticon-Bingung (S)
Sebenernya pertanyaan ini udah pernah 2 kali ditanyain disini, tapi solusi dari beberapa agan-agan masih belum berhasil bikin harddisk ini sembuh. Mungkin ada agan-agan yang pernah alamin kejadian ini dan bisa sukses kembaliin data-datanya, ane butuh saran dan solusinya emoticon-Sorry

Spoiler for :
Quote:


Can not say for sure....


melihat notifikasi error yg muncul, masalah ada di master file table ($Mft) yang corrupt.

Ini bisa berarti salah satu dari kondisi di bawah :
1. hanya masalah logical. tabelnya masih ada - tapi informasinya mismatch sehingga akses ditolak
2. area sector yang menyimpan informasi $Mft tersebut (dan juga copy $Mft) tidak dapat dibaca (ada di lokasi bad sector) dan mungkin juga tidak hanya di $Mft saja.
3. Gangguan stabilitas firmware yang menyebabkan munculnya "sector tidur" alias non responsive sectors - umum terjadi terjadi pada disk kapasitas besar.
4. Salah satu head mekanik head yang bertanggungjawab terhadap lokasi $Mft tidak berfungsi menyebabkan akses ke disk non-responsive saat informasi diminta (hang/freeze)

Ke-4 kondisi di atas dapat juga terjadi sekaligus bersamaan.
Halaman 170 dari 253


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di