....Mari kita budayakan rate dan selalu meninggalkan komeng yang bermutu....
....Ini merupakan dari Sub Forum kendaraan roda 4....
....TS mencoba membuat di Forum LoungS E N S O R..
..S E N S O Rengan harapan ada lebih banyak kaskuser yang membaca dan mengerti...
"Perbedaan Motor Bensin dan Motor Diesel"
Quote:
---Prinsip Kerja Motor Bensin---
Quote:
---Prinsip Kerja Motor Diesel---
Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai topik ini alangkah lebih baiknya kalo kita samakan asumsi terlebih dahulu mengenai istilah "motor". Dalam hal ini motor yang dimaksud bukan sepeda motorroda 2 yang sering kita pakai sehari, namun "motor" ini adalah mesin yang digunakan dalam kendaraan. entah itu pada kendaraan pribadi, umum, ataupun angkutan.
---Sekilas Tentang Motor Bensin dan Motor Diesel---
Quote:
Mesin yang ditemukan oleh Rudolf Diesel (1858-1913) konsturksinya tidak berbeda jauh dengan mesin bensin yang dikenal dengan sebutan mesin otto. Beberapa bagian komponennya punya tugas yang sama dengan mesin bensin, seperti blok slinder, poros engkol, poros bubungan, asembli torak, dan mekanisme pengerak katupnya. Ada 3 perbedaan umum yang membedakan antara motor diesel dengan motor bensin.
---Tiga Perbedaan Utama Motor Bensin dan Motor Diesel---
Quote:
1. Cara Pemberian dan Penyalaan Bahan Bakar
Perbedaan utama terletak pada bagaimana memulai sesuatu pembakaran dalam ruang silinder. Mesin besin mengawali pembakaran dengan disuplainya listrik tegangan tinggi, sehingga menimbulkan percikan bunga api di antara celah busi untuk memulai pembakaran gas. Motor diesel memanfaatkan udara yang dikompresi untuk memulai pembakaran bahan bakar solar. Dengan perbandingan kompresinya sangat tinggi sampai berkisar 22 : 1, akibatnya tekanan naik secara mendadak (berlansung dalam beberapa milidetik) suhunya dapat mencapai 900-1000 derajat celcius. Suhu setinggi itu dapat menyalakan bahan bakar solar.
Menjelang akhir langkah kompresi, solar disemprotkan ke udara yang sangat panas itu. Akibatnya, bahan bakar langsung terbakar sebab titik nyala solar sendiri cuma 400 Celcius. Karena pembakaran terjadi akibat tekanan kompresi yang sangat tinggi tadi, maka mesin diesel disebut juga mesin penyalaan kompresi (compression igniton engine). Sedangkan mesin bensin di kenal dengan mesin penyalaan bunga api (spark ignition engine).
Dalam mesin bensin bahan bakar dan udara dicampur di luar slinder yaitu dalam karburator dan saluran masuk (manifold). Sebaliknya mesin diesel tidak ada campuran pendahuluan udara dan bahan bakar di luar slinder, hanya udara yang diterima ke dalam slinder melalui saluran masuk.
Quote:
2. Perbandingan Kompresi Mesin Diesel dan Bensin
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume udara dalam silinder sebelum langkah kompresi dengan volume sesudah langkah kompresi.
Perbandingan kompresi untuk motor-motor bensin adalah berkisar 8 : 1 sedangkan perbandingan yang umum untuk motor-motor diesel adalah 16-22 : 1. Perbandingan kompresi yang tinggi pada motor diesel menimbulkan kenaikan suhu udara cukup tinggi untuk menyalakan bahan bakar tanpa ada percikan bunga api. Hal ini menyebabkan motor diesel mempunyai efisiensi yang besar sebab kompresi yang tinggi menghasilkan pemuaian yang besar dari gas-gas hasil pembakaran dalam slinder. Karena itu tenaganya sangat kuat.
Efisiensi tinggi yang dihasilkan pembakaran motor diesel harus diimbangi dengan kekuatan komponen-komponennya agar dapat menahan gaya-gaya pembakaran yang sangat besar.
Quote:
3. Disain Komponen Mesin Diesel dan Bensin
Sudah dikatakan bahwa mesin diesel haruslah dibuat kokoh dan kuat untuk dapat menahan gaya pembakaran yang sangat besar. Pada umumnya bagian-bagian yang dikuatkan adalah torak, pena torak, batang penghubung, dan poros engkol serta sejumlah bantalan utama untuk mendukung poros engkol.
Spoiler for Contoh penggunaan motor bensin pada kendaraan:
Spoiler for Contoh penggunaan motor diesel pada kendaraan:
....Semoga thread ini bisa menambah khasanah ilmu pengetahuan kita....
....Yang berkenan ane tunggu yang seger2nya.... ........
Quote:
Original Posted By BlackJibriL►sedikit menambahkan gan info nya ..
1. Mesin diesel lebih kuat untuk membawa beban berat mesin bensin nggak,
contoh nya : semua truk gede pake nya diesel pake mesin bensin = jebol/gak bisa nanjak ..
2. Mesin bensin lebih enak buat di pake akselerasi / mesin diesel lebih tahan lama contoh : kalo disuru balapan pasti mesin bensin pasti lebih unggul, karna mesin lebih cepat untuk akselerasi kalo mesin diesel mau gak di matiin 1 bulan juga kuat tuh mesin asal terjaga oli dan perlengkapannya ..
Sumber : bokap ane A.K.A montir kawakan ..
boleh taro pejwan kalo bermutu