Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vauzAvatar border
TS
vauz
[Hikmah Puasa] Introspeksi Diri; inget bokap sakit
[Hikmah Puasa] Introspeksi Diri; inget bokap sakit

Pendahuluan bentar ya gan,,,
Introspeksi diri (muhasabah) dibulan Ramadhan merupakan hal yang dinantikan oleh para kaum muslim, karena di bulan inilah kesempatan untuk merengkuh rahmat, ampunan dan pahala berlipat ganda. Dengan introspeksi kita bisa berkaca diri, merenung, menilai dan menimbang perbuatan kita selama 11 bulan sebelumnya, agar kita bisa lebih baik untuk masa selanjutnya. Selain itu muhasabah termasuk ibadah, dan tentunya beribadah di bulan suci ini pahala akan berlipat ganda.

Langsung ke cerita curhat ane gan.
Jadi inget ortu gan, semenjak kelas 1 MA, waktu itu tahun 2000, di bulan puasa ane berniat untuk mondok selama Ramadhan, alhamdulilah tercapai. Temen-temen MA banyak juga yang mondok di PonPes tersebut, jadi langsung banyak temen gan, dan yang namanya anak pondok yang rata-rata masih muda ulahnya pun macem-macem gan, disinilah ane mulai belajar merokok, untuk awalnya sih gak sering dan gak begitu kecanduan.

Pasca bulan Ramadhan (ane pulang dari pondok tanggal 25 Ramadhan gan, untuk masehinya ane lupa), ane juga nyolong waktu untuk merokok agar tidak ketahuan ortu, tapi lama-kelamaan yang namanya bau rokok yang keluar dari nafas gak bisa nipu gan, jadi ketahuan juga. Wah ortu ane muarah besar gan, ngatain ane bodoh, gak bisa dididik, belum bisa kerja nyari uang udah merokok dll. Sampe uang saku dipotong gan, jadi bingung, semenjak itulah ane gak betah dirumah, karena ortu bawaanya marah-marah terus, apalagi bokap. Tapi waktu itu ane baru ada niat untuk pengen mulai kerja serabutan gan, mulai makelar handphone, aksesoris (dompet, gelang, dll), jadi pedagang asongan, intinya jadi MBA gan (Makelar Barang Apapun).

Tibalah saat liburan gan, ada temen yang nawari jualan buku tulis, ada lima orang dan di bagi 2 kelompok, masing-masing 2 orang dan yang 1 orang nomaden bisa ikut manapun. Dan hasil keputusanya kami jualan di pasar jombang. Lumayan gan buat kesibukan, dari pada di rumah di marahin teruuuus. Dan biasanya di setiap acara tontonan ane juga jualan peralatan kebutuhan kecil yang dipaketin jadi 10rb kayak korek, baterai, senter (alat penerang) dll. Dan seringkali ane bayar kebutuhan sekolah pake hasil laba tersebut. Tapi ya tetep aja gan, bokap marah mlulu bawaannya, jadi tambah males aja ane dirumah. Kegiatan tersebut di atas terlaksanakan terus sampai akhir kelas 3.
Di periode awal kelas 2 ini yang tambah parah gan, ane ikut-ikutan kelompok magic dan mistis. Eh itupun juga dimarahin dan heran ane kok bisa sampe tau ya, padahal tetangga ane pun gak ada yang tau (trus siapa yang kasih tau, masa bodo lah) ini marahnya sampai main tangan gan, dah langsung ane tinggalin aja maen seharian kerumah temen. Pokoknya tiada hari tanpa marahin ane gan.

Pasca ujian akhir selesai dan masih nunggu ijazah turun, temen-temen sekelas rencana pada mau nyari kerja di Surabaya, berhubung blom pada punya HP jadi ya bingung untuk kasih kabar selanjutnya, sambil nunggu keberangkatan ane jualan buku lagi gan, tapi lokasinya beda yaitu di desa-desa yang lagi musim panen. Dan akhirnya temen-temen berangkat kerja duluan karena di ajak sodara masing-masing, ya udah ane lanjutin kegiatan ane gan.
Nah pada suatu hari ane pulang dari keliling kampung, nyampe rumah udah capek, panas, laper, dll tiba-tiba bokap nanya, dan saat itulah terjadi percakapan (udah alih bahasa gan)
A=ane
B=bokap
B; mana? Katanya mau kerja ke Surabaya, sampe sekarang kluyuran kerja gak jelas?
A; la ini apa to pak? Kelihatan buku setumpuk gitu. Ke Surabaya udah ditinggal dulu temen-temen di ajak sodaranya.
B; alah omong kosong kamu aja yang gak bisa cari kerja, kalopun bisa apa bisa hidup di Surabaya. (mulai intonasi tinggi gan)
A; apa alesannya tinggal hidup aja gak bisa? (sambil makan, dan nyokab duduk disamping ane diem aja)
B; kamu tu udah dibesarin, dirawat, disekolahin, udah lama ngaji nggak tambah pinter malah tambah dhedhel (bodo), brani sama orang tua mau jadi apa kamu? (sambil tangan bokap jedotin kepala ane, tu piring sampe hampir jatuh)
Ane nylonong pergi ke dapur, nglanjutin makan. Sembari bokap berkata,
B; kalo udah gak mau diatur dan gak mau nurut ortu pergi aja dari rumah. (tambah semakin panas suasana gan, ane pun dongkol)

Keesokan harinya, bokap udah pergi kesawah, yang ada tinggal nyokap. Seperti hari biasanya, ane pergi mau keliling dengan sekardus buku. Mampir di rumah temen (yang saat itu tinggal 3 orang), dan rencana hari ini mau ke Lengkong sekitarnya terus ke barat menuju area Gondang dan jika buku belum habis terus kebarat diusahain hingga buku terjual semua dengan deadline 1 minggu, dengan target kayak gitu maka harus cari tempat penginapan gratis. Awalnya di balai desa lengkong, berhubung sumur gak ada, kamar mandi gak ada akhir ikut takmir masjid dadakan.
Satu pecan terlewati, ane pulang dalam perjalanan sebenarnya masih dongkol banget gan. pertama ane mampir warung deket rumah gan abis itu berhubung udah hampir jam 05.00WIB dan belum solat ashar mampir dulu ke masjid. Barulah ane pulang kerumah, nyokap udah ada di ruang tamu (sekaligus ruang keluarga) ane disuruh duduk dengan intonasi rendah (jarang banget marah gan, hampir tidak pernah) dan nyokap tanya.
A=Ane N=Nyokap
N; nak kamu apa minggat dari rumah?
A; lo ndak mak, aku waktu itu kan pamit mau jualan
N; iya tapi kok sampe 1minggu gak pulang sama sekali, biasanya kan tiap sore pulang
A; yakin mak, aku gak ada niatan minggat
N; tu bapakmu sakit
A; sakit apa mak?

Dari crita nyokap dan pakde (kakak bokap) 2 hari setelah ane pergi kepala bokap pusing banget, keesokan harinya berangkat sendiri ke dokter langganan di tetangga desa dan hasilnya tensi darah 210. Waduh, langsung bener shock ane gan, ane Cuma diem aja gak bisa bilang apa-apa, sampe ane dirumah bokap masih tiduran.
Habis solat magrib baru ane jenguk di kamarnya, ane cium tanggannya dan minta maaf, ni air mata gak bisa berhenti, udah dulu ya gan ane jadi teringat masa lalu.

maap ni gan critanya puanjang dan bahasanya acak. Moga aja lebaran ntar ane bisa berkunjung ke rumah ortu secepatnya.

NB. Moga2 para agan-aganwati kaskuser dan semuanya yang membaca crita ini, cukup disini aja kelakuan tersebut jangan ditiru. Dan yang masih punya ortu baik lengkap/single semoga bisa menghargai dan menghormati ortunya, kalopun nolak usahain dengan bahasa yang sehalus mungkin.
0
3K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan