Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PILLAR.UKMAvatar border
TS
PILLAR.UKM
Bisnis Terpopuler di Bulan Ramadhan

Nggak terasa ketemu lagi dengan Bulan Ramadhan gan. Bukan cuma bulan yang mana dilipatgandakan pahala ibadah, bagi para pengusaha, bulan ini juga jadi ajang melipatgandakan laba! Yuph, karena di bulan ini banyak banget peluang bisnis yang bisa diambil gan. Hampir semua industri kebagian rizkinya, kira-kira gitu gan.

Nah, peluang-peluang usaha di bulan ini emang termasuk bisnis musiman tapi bisa juga sebagai ajang promosi untuk bisnis jangka panjang kedepannya. Meski musiman, tapi potensinya besar gan, jadi sayang banget kalau dilewatkan. Menurut ane bisnis musiman itu baik untuk agan yang baru mulai bisnis dan baik juga buat agan yang udah punya bisnis tapi mau cari tambahan pendapatan alias nggak mau kehilangan peluang raup rupiah buat bekal Lebaran! Hehe emoticon-Blue Guy Peace

Selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri ada banyak peluang bisnis, nah, berikut ane coba ulas nih beberapa peluang bisnis populer di bulan Ramadhan.

1.\tBisnis Penganan Berbuka Puasa
Santap Sahur dan Buka puasa jadi “ritual” yang khas di bulan Ramadhan. Terlebih saat berbuka puasa, moment ini menjadi salah satu kenikmatan tersendiri pada bulan ramadhan yang nggak ada pada bulan- bulan lainnya. So, waktu berbuka puasa pun menjadi komoditas bisnis yang menarik bagi beberapa pelaku usaha karena dipercaya bisa mendatangkan keuntungan cepat. Nah, bagi para pekerja yang sibuk diluar rumah suguhan jajanan ini jadi pilihan praktis. Beberapa produk yang hampir selalu ada saat bulan Ramadhan diantaranya kolak, es campur, es buah, es dawet, kue talam, dadar gulung, kelapa muda dan nggak lupa kurma. Sekedar info, Es Buah di tempat ane biasanya laku keras gan, sampe ntu tukang es kaga kelihatan batang hidungnya! heheemoticon-Blue Guy Peace

2.\tBisnis Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah
Memasuki bulan Ramadhan sampe menjelang Lebaran, belanja baju muslim ikut meningkat, itulah kenapa mall-mall dan pusat perbelanjaan rame banget gan pengunjungnya. Pasalnya nih gan, khusus di bulan ini bisa dibilang pengguna busana muslim meningkat dibandingkan hari- hari biasa, meski bukan hasil survei tapi keliahatan kok! Hehe. Termasuk juga untuk persiapan lebaran, orang Indonesia emang udah biasa kalau Lebaran ya pake baju baru, sampe-sampe ada lagunya tuh gan, “Baju baru alhamdulillah, untuk dipakai di hari raya...” hhhe.
Selain itu, perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, kopiah, sajadah, peci dan tasbih juga banyak dicari gan, alias permintaan meningkat. Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini. Wah, asiik ya!

3.\tBisnis Parsel
Salahsatu tradisi kita juga nih, suka memberi bingkisan baik kepada saudara, kerabat atau teman kerja. Bisnis bingkisan biasanya mulai rame mendekati hari raya Lebaran. Parcel lebaran ini nggak cuma berupa makanan/ minuman, bisa juga peralatan rumah tangga, alat sholat, buah buahan, bahkan barang elektronik. Kunci dari bisnis ini adalah mendapatkan sumber barang-brang yang akan ditata dalam parsel dengan harga murah, kreatifitas desain parsel dan pastinya calon pembeli yang potensial.

4.\tBisnis Kue Lebaran
Lagi-lagi, meski sifatnya musiman, tapi bisnis ini cukup menjanjikan gan. Banyak yang menjalankan bisnis ini murni untuk mencari keuntungan di balik momen Idul Fitri atau bahkan ada juga yang karena iseng-iseng hanya mencari kesibukan di bulan Ramadhan. Wah, kalau yang ini masih rada mending sih, iseng-iseng bisa mnghasilkan duit, daripada cuma tidur aja! Hehe. Maksudnya iseng-iseng di sela-sela ibadah ya...hehe.

Momen lebaran menjadi ajang panen raya untuk aneka kue lebaran seperti entak suju, lidah kucing, nastar, kue keju, coklat dll. Pada masa-masa menjelang Lebaran, permintaan kue-kue Lebaran tinggi gan. Jarang banget ini terjadi di hari-hari biasa. Nah, yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini nggak cuma pintar bikin kue gan. Tapi juga harus mampu memilih sistem pemasaran dengan tepat, misalnya dititipkan ditoko atau supermarket, nah yang lagi rame sekarang dengan rekrut reseller gan, termasuk sistem reseller dropshipper. Dengan merekrut reseller wal hasil pemasaran jadi lebih masiv dan cepet dapet orderan. Selain itu, yang nggak kalah penting juga yaitu pemilihan jenis kue. Perlu banget nih kejelian dalam membaca selera pasar, sehingga kue yang diproduksi bisa dijual dengan cepat dan laris manis di pasaran.

5.\tPenyewaan Mobil.
Sudah jadi tradisi orang Indonesia tiap tahunnya, momen lebaran ya saatnya mudik alias pulang kampung. Makanya nggak heran, tiap tahun pasti aja, bis penuh, kereta sesak, jalan macet, udah jadi fenomena langganan tiap tahun..hehe. Dari sekian banyaknya masyarakat yang melakukan perjlaanan pulang kampung, ada sebagian yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang angkutan umum.

Faktor kenyamanan agaknya jadi prioritas selain kapasitas angkutan umum yang udah over load. Nah, tapi justru ini melahirkan peluang bisnis gan, agan tahu bisnis apa itu?? Yuph, penyewaan/ rental mobil gan. Bisnis rental mobil ini pun nggak kalah menggiurkan. Makanya nggak heran dah saat bulan puasa dan menjelang Lebaran, permintaan akan mobil sewaan meningkat. Contoh kasus usaha rental mobil punya temen ane gan, sekarang aja mobil rentalnya udah full di booking sampe lebaran. Mantaff! emoticon-2 Jempol

Okeh gan, semoga dari ulasan singkat ini bisa memberikan gambaran dan inspirasi usaha buat agan dan semoga apapun usaha yang akan agan jalankan, agan dapet keberkahan. Masih ada waktu kok buat agan yang belum mulai tapi berminat untuk ambil peluang-peluang ini. Atau mungkin ada ide bisnis lain yang mungkin cocok silahkan yuuk share ide dimari.

Salam Sukses,
Salam Entrepreneur 5000

[url]www.pillaraccelerator.com[/url]

0
4.6K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan