Social Media Festival (SocMedFest) 2012
Create & Collaborate
Dear Koskasers Jakarta dan Sekitarnya.. (Tangerang, Depok dan Bekasi)
Bagi yang belum kenal, perkenalkan nama ane Adnan..
Yak begini ceritanya..

Tepat di hari Sabtu (30 Juni) siang yg lalu, ane sebagai perwakilan dari Koskas, walau sebenernya kurang tepat karena ane hanya koskas biasa

datang sebagai undangan di Kantor Darta Media (Kaskus) di Menara Palma, hal ini dikarenakan Momod dan Enthus yang berhalangan hadir diacara itu..
Skip.. Acara tersebut adalah briefing tentang Social Media Festival 2012 yang akan diselenggarakan di bulan Oktober 2012 mendatang. Yang hadir adalah komunitas yang ada di Jakarta, ane sebelumnya berpikir yang datang dari komunitas yang ada di Kaskus, tapi ternyata SALAH yang hadir justru kebanyakan dari komunitas di luar Kaskus, dan pada hari itu ane satu-satunya komunitas yang datang atas nama Kaskus, padahal di rumah sendiri
Sebenarnya ada 2 hari yang bisa dipilih: Jumat dan Sabtu, tapi karena Jumat adalah hari kerja jadi ditetapkan di hari Sabtu saja.. Tempat briefing adalah Lounge Kaskus di lantai 10, hanya ada sedikit foto karena hp lowbet
Garis besar yang ane dapet dari briefing akan ane tulis dibawah..
Mohon dibaca baik-baik dan masukannya..
Quote:
Overview
Social Media Festival merupakan event tahunan yang menjadi ajang bertemunya beragam komunitas dari berbagai bidang. Tahun lalu, Social Media Festival (SocMedFest) diadakan di Fx Mall, dengan melibatkan 60+ komunitas, 20+ media, 10 Startups, yang menghasilkan 100++ pengisi acara selama 3 hari pelaksanaannya. Event tersebut mampu mengumpulkan 44.000++ pengunjung dan tercatat sebagai event media terbesar di Asia pada tahun 2011.
Note : pada acara SocMedFest tahun lalu, Koskas Jakarta Selatan (KJS)* sebelum digabung jd satu Koskas Jakarta berpartisipasi dalam acara tersebut. Tapi karena saya tidak datang jadi tidak bisa menceritakan event SocMedFest 2011 kemarin.
Tahun ini, SocMedFest akan datang lagi dengan mengusung konsep Create & Collaborate. Setiap komunitas yang terlibat, diajak tidak hanya sebagai penggembira suasana, melainkan lebih dari itu, untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam mewujudkan kreasi yang bermanfaat bagi banyak pihak:
Social Media Festival 2012 Create & Collaborate akan diadakan pada:
Tanggal: Jumat s/d Minggu, 19-20-21 Oktober 2012
Lokasi\t\t: Gelanggang Renang Senayan
Waktu acara\t: 10.00 - 22.00 WIB
Quote:
Bentuk Partisipasi
Tidak jauh berbeda dengan SocMedFest 2011 yang lalu, kali ini komunitas berkesempatan untuk terlibat dalam acara Social Media Festival dengan wujud-wujud sebagai berikut:
1.\tStage Performance
Seperti tahun kemarin, setiap komunitas diberikan kesempatan untuk menggunakan Stage yang tersedia untuk kegiatannya masing-masing baik itu untuk perform, talkshow, diskusi dsb. Namun jika tahun kemarin setiap komunitas tampil sendiri-sendiri, maka untuk tahun ini setiap komunitas ditantang untuk berkolaborasi dengan minimal 1 komunitas lain dalam penggunaan stage. Diberi waktu kira-kira 30 s/d 45 menit.
Tidak ada batasan jumlah komunitas untuk berkolaborasi, jadi setiap komunitas diberikan kesempatan untuk bergabung dengan komunitas lainnya dalam menghasilkan suguhan yang menarik. Setiap komunitas boleh membentuk aliansi yang berbeda untuk menyuguhkan hal yang berbeda-beda.
Konsep kolaborasi komunitas terlebuh dahulu harus dibuat secara tertulis dan diajukan ke panitia SocMedFest untuk dicatat dan diberikan jadwal untuk perform.
2.\tCollaborative Pre-Event
Komunitas yang bergabung dalam Social Media Festival 2012 akan diberikan kesempatan untuk memasukkan event gathering nya ke dalam rangkaian acara Road to SocMedFest 2012 sepanjang bulan September 2012. SocMedFest akan membantu menyebarluaskan event setiap komunitas yang berminat untuk mengadakan gatheringnya pada masa tersebut.
Selain itu, panitia SocMedFest sendiri pun memiliki konsep pre-event gamification baik online maupun offline yang melibatkan semua komunitas yang terlibat.
3.\tBooth / Marketplace<-- harus milih salah satu/ tdk boleh keduanya
Komunitas diberi kesempatan untuk membuka booth (untuk showcase komunitas non jualan) atau Marketplace (untuk jualan khusus produk/ jasa komunitas). Setiap komunitas hanya diizinkan untuk memilih maksimal satu. Artinya jika sebuah komunitas sudah memilih booth non jualan, dia tidak bisa lagi memilih marketplace, dan sebaliknya.
Booth komunitas memiliki system Biaya Komitmen, yang artinya setiap komunitas yang berminat membuka booth wajib mendepositkan dana sebesar Rp. 300.000,- yang akan dipegang panitia hingga akhir acara. Uang deposit akan dikembalikan secara utuh kepada komunitas, apabila tiga hari pelaksanaan event, komunitas yang bersangkutan bersedia untuk membuka booth dan menjaganya selama acara. Uang deposit akan hangus, apabila komunitas tidak membuka boothnya sesuai waktu pelaksanaan event.
Note:
a.\tUntuk Biaya Komitmen ini panitia SocMedFest berkaca dari event sebelumnya, karena pada 2011 kemarin banyak komunitas yang daftar tapi pada Hari-H ternyata tidak muncul, padahal masih banyak komunitas yang antri/ waiting list untuk ikut event ini.

b.\tJika kita ambil booth, 3 hari harus ada yang jaga booth (10.00 s/d 22.00). 1 hari saja booth kosong maka uang deposit akan hangus.
Marketplace untuk komunitas akan dikenakan biaya Rp. 300.000,- untuk waktu selama 3 hari pelaksanaan pameran. Komunitas wajib memberitahukan produk/ jasa apa yang akan dijual kepada panitia dan DILARANG menjual produk-produk/ jasa yang bertentangan dengan Hukum Negara Republik Indonesia
Note:
a.\tLokasi Booth dan Marketplace akan dipisah sendiri-sendiri/ tidak berdekatan.
b.\tLokasi ditentukan panitia, tidak bisa milih.
4.\tVolunteer / Sukarelawan
Panitia SocMedFest membuka kesempatan seluas-luasnya bagi setiap komunitas untuk turut bergabung menjadi volunteer untuk event tahun ini. Keuntungannya? Setiap volunteer akan mendapatkan bingkisan menarik dan pengalaman menjadi bagian dari Event Social Media terbesar se-Asia..
Event TimelinS E N S O R
29 - 30 Juni 2012\t: Briefing perdana komunitas.
1 - 12 Juli 2012\t: Perumusan konsep kolaborasi dan submission.
13 - 14 Juli 2012\t: Briefing final Kolaborasi, Booth dan Marketplace untuk komunitas.
15 - 26 Juli 2012\t: Pendaftaran Pre-Event komunitas.
27 Juli 2012\t\t: Pemberitahukan hasil pitching pengisian acara / kolaborasi komunitas.
September 2012\t: Pre-Event komunitas untuk SocMedFest 2012
Website: [url]socmedfest.com[/url]
Sekian garis besar yg ane bisa ambil dari briefing waktu itu..
Selanjutnya dibawah..