Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusbobosAvatar border
TS
agusbobos
Bukit tunggul, objek wisata tersembunyi di bandung utara
satu lagi gan, objek wisata yang bisa agan jabanin selama musim liburan ini, objek wisata ini namanya bukit tunggul

Belum banyak orang yang mengetahui objek wisata ini, padahal akses menuju lokasi sudah cukup memadai. Jalan yang sudah beraspal dan dijamin tidak akan nyasar. Justru jalur ini dijadikan jalur alternatif dari Ujung Berung, Bandung menuju Lembang.

Daerah Lembang sudah lama menjadi magnet wisata alam di Kota Bandung. Selain udaranya yang sejuk, tempatnya yang indah, dan pilihan tempat yang variatif bisa membuat kepala pusing untuk memilih. Meskipun tempat ini bisa dikatakan sempurna, bukan berarti tidak ada tapinya. Kalau sudah memasuki pekan season holiday atau long weekend, rute ini pasti macet akibat serbuan wisatawan domestik yang berlibur. Bahkan tidak jarang penduduk asli Bandung lebih memilih diam di rumah atau kabur mencari objek wisata lainnya. Hal ini pun berlaku bagi saya.

Setelah melakukan survey dan sebagainya maka ditemukan satu lokasi yang masih jarang dikunjungi dengan trafic menuju lokasi yang masih aman dan lancar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandung, walaupun ada beberapa ruas jalannya yang berlubang. Tepatnya, lokasi ini berada di belakang lokasi Wisata Maribaya, Lembang, dan bernama Bukit Tunggul. Sebuah lokasi perkebunan PTPN VIII yang masih asri, sejuk, dan sep. Bagusnya lagi, meski berada di ketinggian, ini bukan perkebunan teh tapi merupakan perkebunan kina. Perkebunan ini sangat luas, terbentang hingga belakang Gunung Manglayang. Berarti berada di atas wilayah Ujung Berung, Bandung.

Waktu survey (saat itu jalanan belum diaspal dan masih jalan perkebunan yang berbatu), saya sempat terus menembus jalur perkebunan (seperti light offroad dikit) menuju Ujung Berung. Masuk dari Lembang, dan keluar di Cigending kemudian turun persis di belakang alun-alun Ujung Berung, Bandung. Yang bisa membuat mata terbelalak ialah pemandangannya yang keren dan kita benar-benar berada di belakang Gunung Manglayang. Sebenarnya akses untuk keluar bisa bebas memilih, bisa keluar dari Cigending atau dari Palintang. Ada beberapa opsi keluar yang tersedia dengan catatan kendaraannya yang memadai.

Perkebunan ini memang siap menjadi tujuan wisata para pelancong yang ingin mencari suasana sejuk tapi tidak crowded. Selain tempatnya yang nyaman, kita bisa nongkrong-nongkrong di saung sekitar air terjun atau danau kecil. Dari lokasi air terjun sudah ada track yang disediakan untuk langsung menuju danau dengan berjalan kaki, bagi penggemar hiking lokasi ini patut untuk dicoba.

Sama seperti perkebunan lainnya, beberapa bangunannya masih asli dari peninggalan zaman dahulu. Belum lagi bila kabut turun, suasananya mantap banget deh. Bagi yang senang agro wisata, banyak juga tumbuhan-tumbuhan langka dan aneh yang ada di perkebunan ini.

Bila Anda berminat ke lokasi ini, lebih baik berangkat dari Bandung dan jangan lewat jalan raya biasa (Setiabudhi–Ledeng). Tapi, bisa lewat Punclut atau Dago Bengkok, yang bisa tembus dekat ke Maribaya. Waktu perjalanan yang ditempuh paling lama sampai di lokasi sekitar 2-1 jam bila dari Bandung.

Karena lokasi yang belum banyak terekspos, untuk menuju lokasi ini sepertinya Anda tidak akan menemukan macet. Padahal untuk para mototrailer atau para pesepeda yang suka cross country, jalur ini bisa menjadi list yang harus dilewati.

[URL="http://travel.detik..com/read/2011/09/14/111359/1722057/1025/bukit-tunggul-cibodas-lembang"]sumber[/URL]

Spoiler for air terjun:



Spoiler for masih sepi gan:



Spoiler for gunung kasur:


Spoiler for flying fox:


Spoiler for camping ground:


Spoiler for situ sangkuriang:


kalo dari ujung berung:

alun-alun ujung berung > cinangka > (ntar ada jalan cagak deket sb mart, ambil yang kanan)> tanjakan panjang > cipanjalu > gunung kasur > bukit tunggul


kalo dari lembang:

pasar lembang > sesko au > maribaya > cibodas > bukit tunggul


kalo dari arah dago:

terminal dago > (ambil kiri di jalan cagak setelah terminal dago) > abis jembatan dibawah ambil kanan > komplek dosen itb > maribaya > cibodas > bukit tunggul


kalo dari arah ciumbuleuit:

ciumbuleuit > punclut > maribaya > cibodas > bukit tunggul

Spoiler for road to bukit tunggul:


jangan lupa emoticon-Rate 5 Staryah gan, kalo berkenan minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Malu

sori kalo repost

tertarik gan?? kalo tertarik langsung emoticon-Ngacir2
0
5.5K
56
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan