lontong.stroongAvatar border
TS
lontong.stroong
[Travelista] Kota Kinabalu, Kota di Bawah Angin




Spoiler for thx......TR Kedua:


Prolog

Keterangan: apabila Anda penggemar penerbangan sipil, Anda bisa meng-klik link di indoflyerini untuk membaca versi lengkap dari thread yang saya buat ini.

OK, para juragan travelista, field report ini sebenarnya merupakan bagian dari tugas kerja saya ke Kota Kinabalu. Nah, di waktu senggang antara kerja inilah saya mencoba menjelajahi landmark-landmark kota dan beberapa aktraksinya yang cukup indah ini.

Hayo siapa yang sudah pernah dengar mengenai Kota Kinabalu? Kalau saya sih sudah tahu, cuma tahun nama sih. Ya bukannya sombong tetapi karena saya memang agak maniak geografi sejak SD. Sebelum saya ditugaskan selama beberapa hari ke Kota Kinabalu (disingkat KK saja supaya simple), teman baik saya bertanya, “kamu bakal tugas ke mana nih, cuy, bulan ini?”. Ketika saya menjawab, “Kota Kinabalu”, teman saya ini malah bingung, walaupun saya bilang kota ini ada di Sabah, dan ternyata dia juga masih belum mudeng. Akhirnya ketika saya bilang kota ini ada di Malaysia Timur, dia baru agak nyambung.

Jujur, ekpektasi saya ketika ditugaskan ke kota ini lumayan tinggi, karena kota ini terletak di Malaysia yang konon maju itu. Ya kira-kira saya membandingkannya dengan setidaknya Kuala Lumpur, tapi letaknya di pantai. Kira-kira itu bayangan saya ketika belum berangkat. Berdasarkan informasi-informasi yang saya peroleh, kota ini juga punya beberapa aspek unik yang membedakannya dengan kota-kota di semenanjung Malaya di bagian lain negaranya.

Sekelumit Sejarah

Kota Kinabalu didirikan pada awal abad ke-19 oleh pemerintah kolonial Inggris, sebagai kota utama dan pusat pemerintahan. Pada awalnya kota ini diberi nama Jesselton. Pada awalnya, kota ini hanya berukuran kecil yakni di pusat kota sekarang, Bandaraya, yang terletak di dataran sempit antara Bukit Bendera (Signal Hill) dan Laut Cina Selatan. Namun, seiring perkembangannya, Kota Kinabalu mengembang ke segala arah dan mencakup area yang lumayan luas.

Pada tahun 1942, kota ini diserang oleh Tentara Kekaisaran Jepang karena merupakan pangkalan penting tentara Inggris di Kalimantan. Karena saat itu tentara Inggris dan sekutunya tersebar terlalu sedikit di Kalimantan Utara, mereka pun dikalahkan dengan mudah, terutama ketika tidak adanya bantuan dari laut dan udara. Sisa-sisa pasukan Inggris dan Sabah yang tersisa mengundurkan diri ke hutan dan menjadi gerilyawan. Jesselton sendiri hancur lebur menjadi puing-puing selama 3 tahun Perang Pasifik.

Ketika tentara Jepang bertekuk lutut pada tahun 1945 dan tentaranya ditarik pulang ke negeri asalnya, Inggris pun kembali bercokol di Jesselton. Namun, karena kota itu sendiri dalam kondisi luluh lantak, pemerintahan dipindahkan ke Sandakan yang terletak di sebelah utara. Hal ini yang menyebabkan hanya sedikit bangunan kolonial Inggris di Kota Kinabalu. Hanya baru ketika Malaysia diberi kemerdekaan, ibukota Sabah dipindahkan kembali ke Jesselton yang sudah berubah nama menjadi Kota Kinabalu.

Pada tahun 2000, Kota Kinabalu diberikan status kota oleh pemerintah federal Malaysia. Hal ini menyebabkan pertumbuhan penduduk yang sangat signifikan (dari 100.000 jiwa menjadi hampir 1 juta, kota terpadat di kedua seluruh pulau Kalimantan) dan boom ekonomi terutama di bidang pariwisata, karena letaknya yang menjadikannya titik awal perjalanan di Sabah dan Kalimantan Utara. Kota Kinabalu sendiri tidak menjadi tempat kunjungan wisata utama, karena kebanyakan turis hanya transit untuk mengunjungi Gunung Kinabalu, Taman Nasional Tuanku Abdul Rahman, dan Kepulauan Spratly yang sampai saat ini menjadi sengketa antara Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Sebuah polling yang diadakan tidak lama ini terhadap penduduk Malaysia menyatakan bahwa Kota Kinabalu merupakan kota terfavorit [1].

Oh iya hampir lupa, Kota Kinabalu dijuluki “Kota di Bawah Angin” karena anginnya yang sangat kuat, karena terletak di antara laut dan pegunungan.
0
18K
250
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan