hi agan / sista
newbie nih pengen curhat, mohon sarannya
langsung aja agan/wati!!!
Ternyata jadi SPG itu banyak godaannya, mulai dari pandangan orang-orang yg kadang nilai SPG itu rendah,
padahal kan SPG itu ujung tombak dari sebuah perusahaan.
kalo misalnya gak ada SPG, produk dari perusahaan itu gga mungkin dikenal banyak orang kan?,,
belum lagi jadi SPG itu harus tahan godaan lelaki hidung belang,
n harus siap dicap cwek gga bner karena harus pinter-pinter ngerayu,
bahkan juga harus mau pake rok mini yg belahannya tinggi supaya menarik konsumen/pelanggan,atau kalo misalnya SPG lapangan harus siap rela panas-panasan dbawah terik matahari n ngejar-ngejar pembeli kaya pedagang asongan, kalo menurut ane sendiri sih,
whatever orang mau bilang apa,,yang penting ane niatnya kerja cari duit dengan cara halal,
asalkan jangan sampe 'jual diri' kan?
yang lebih pahit lagi kalo misalnya ada barang/produk itu yang ilang,,kita WAJIB,KUDU,n MESTI gantiin itu barang dengan cara POTONG GAJI kita!!!
,,so...menurut pandangan agan/sista tentang SPG apa siihh??
Part 2
Quote:
Original Posted By mengulang tentang SPG
Mendengar kata SPG ( sales promotion girl ) langsung org2 memandang rendah pekerjaan ini dan memandang negatif pada cewe2 yg kerja jadi SPG, seolah2 cewe yg menjadi SPG smuax di cap ga bener... Memang sih kebanyakan seperti itu, tp mengapa harus seperti itu??? Dengan wajah cantik, berpenampilan menarik, dan seksi, cukup membikin para lelaki jd otak mesum, Bahkan yang sudah berpandangan positif pun, pada dasarnya masih undervalue pada profesi yang satu ini, banyak org yg munafik dan memandang sebelah mata pada profesi ini, yah tak menutup kemungkinan jg profesi ini ujung2x emnk negatif, tp tidak smua, yg salah itu org2 terlalu berlebihan memandang pada propesi ini, seolah2 ga ada yg menunjukan hal positifx, tanpa ada SPG ini ga mungkin sebuah prusahaan bisa menjadi jelas, dan bisa di kenali luas produknya oleh smua orang, ujung tombak sbuah prusahaan yah para SPG ini, di dalam perusahaan mereka sangat berjasa sekali, walaupun mereka mengorbankan harga dirinya di mata masyarakat, tp sepantasnya perusahaan harus bersikap ramah, sopan, dan menghargai para SPG ini, dan masyarakat pun ga ada salahnya harus mencontoh sikap SPG ini, contoh yg patut di tiru yaitu ramahnya, modal jd SPG itu hrz ramah kan?, mau ga mau harus menunjukan sikap ramah kpd konsumen, mereka tak memandang bulu untuk menyapa, ramah pada org, mau itu supir angkot, tukang ojeg, atau bos skali pun, tp kenapa Penampilan menarik, ramah, dan upayanya untuk bersapa ria dengan semua kalangan, terutama yang profilnya merupakan target market produk mereka seringkali disalah artikan sama sekali. begitu ada yg seksi cantik beramah ria, langsung pikiranx jadi kotor,,,, dasaaaarrrr.....
Jangan selalu menganggap para SPG itu sebelah mata, ga smuax dan ga slamax propesi ini jelek, atau negatif... Kita ambil dulu sisi positifx walau pun ada jg sisi negatifx, toh diri kita jg, ada sisi negatif dan positif, toh mw mualim, ustad, ustadjah, doktor, professor, ada sisi negatif dan positif, ga ada yg sempurna, smua itu di ujungkan dalam satu takdir surga dan neraka, ga ada org yg sempurna kecuali org yg di utus oleh ALLAH SWT yaitu para rosul, jgn menghakimi dulu suatu profesi org lain, biarlah ALLAh yg menilai, blm tentu profesi ini jelek di pandangan ALLAH, jd jgn sok tau dulu untuk menilai profesi ini...
SPG juga manusia, kadang pribadi saya slalu sedih apabila dengar cemo'ohan org2 tentang profesi ini, smua org memandang negatif trz dengan ke sok tauan nya, okeh saya ga mau panjang lebar lg, ayo kita mengkaji lg secara singkat, biar kalian tau, sebenarnya pekerjaan mereka itu apa??
Promotion SPG
Bertugas untuk berpromosi dengan target Consumer Contact or Consumer Trial. Ini buat ngenalin produk kita.
Consumer Contact -> Consumer Trial -> Consumer Sales (Effective Contact)
KPI [Key Performance Index]:
Quantitative
1. Total Consumer Contact (check dari Contact Report)
mini Market 20 to 30 / day
Supermarket 50 to 70
Hypermarket minimal 100
2. Ratio Effective Contact to Total Consumer Contact (For Promotion 60% to 70%)
Qualitative
1. Communication Skill
2. Appearance Performance
Sales SPG
Tugas Utama menjual Product dengan Informasi Point sebagai secondary. Total penjualan jadi target mereka.
Consumer Contact -> Consumer Sales (Effective Contact) -> Quantity Sold
KPI [Key Performance Index]:
Quantitative
1. Total Consumer Contact mini Market 20 to 30 / day, Supermarket 50 to 70, Hypermarket minimal 100
2 Ratio Effective Contact to Total Consumer Contact 80% to 90%
Or if Sales is very-very role than Quantity shall be the parameter:
1. Total Sales / Day (jumlah yang terjual dalam 1 hari) Target depend on the product (Makin Banyak makin Bagus)
2. Trend Target, Perbandingan tahun/bulan/hari lalu dengan sekarang.
3. Set Benchmark for Average Sales per SPG per day, Tidak boleh lebih rendah dari nilai tersebut.
Qualitative
1. Communication Skill
2. Appearance Performance