CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Selamat Datang di Dunia Mesir Kuno
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014098695/selamat-datang-di-dunia-mesir-kuno

Selamat Datang di Dunia Mesir Kuno

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 14
Quote:


Vizier or Wazir setahu saya sebutan penguasa daerah (wakil sultan/gubernur) kesultanan Turki? Apa bangsa mesir jg menggunakan sebutan ini?
Kok sama?

Pharaoh = firaun atau vizier = firaun??

Quote:


3 karung gandum mungkin maksudnya? kan ngga pakai sawah???
Gile itu cheerleadernya emoticon-Busa:
Ga usah bawa wabah dari #21 kesini dong emoticon-Busa:
Quote:


Tau gak kalo Da Vinci Code itu fiksi?

Apa hubungannya sama Freemason? Tau perbedaan Freemason dan Illuminati ga? emoticon-Confused:

Quote:

Quote:


CMIIW, ga ngerti soal konspirasi - konspirasian terlalu jauh

Quote:


Narik batunya pake apa? emoticon-Confused:
Quote:

makasih jempolnya gan
emoticon-Big Grin
Quote:

santai gan
ada ane
emoticon-Ngakak (S)
Quote:

iya gan
di periode pendudukan Arab jg nyebutin bahwa Arab Islam yg akhirnya mendominasi Mesir
emoticon-Big Grin
Quote:

makasih udah mampir gan
emoticon-Big Grin
Quote:


Vizier dlm bahasa Indo artinya Wazir gan..
Wazir itu emang istilahnya semacam kaya pemda kalo di Indonesia
sedangkan Fir'aun / Pharaoh itu Presidennya
emoticon-Big Grin

maksudnya beras disini bukan beras sungguhan gan,
"karung beras" itu satuan yg menyatakan kalo jumlah itu sebesar "karung beras". Bukan karung berisi "beras"
emoticon-Big Grin
kalo memang hal itu membuat bingung, nanti saya update lg,
emoticon-Shakehand2

makasih udah mampir gan
emoticon-Big Grin
Quote:


iya gan,
ane cuma nyeritain isi Da Vinci Code nya kok
bukan masalah pengarangnya emoticon-Big Grin

narik batunya gan?
hal ini masih diperdebatkan sampe sekarang..

tp menurut beberapa sumber,
disitu menyebutkan bahwa Mesir Kuno sudah menguasai matematika dengan sangat baik. jg pembuatan alat2 sederhana seperti katrol dll.
Kemungkinan buat narik batu itu mererka membuat alat semacam itu gan..
emoticon-Big Grin
Quote:


apakah ane salah emoticon-Matabelo maaf kalo ane salah.ane hanya membantu gan emoticon-Sorry tapi kan trit ini bagus emoticon-Malu (S)
Quote:


Vizier itu penyebutan dari orang barat gan.
Di Dunia arab/Islam menyebutnya dengan kata Wazir dan tidak cuma dipakai turki saja.

Wazir = mentri.
wazir al akbar (grand vizier) = Perdana Mentri / Prime minister


nah kalo penguasa daerah /gubernur biasa disebut Bey

CMIIw ya ane lupa2 ingetemoticon-Malu (S)


Quote:


Kalau kita di Forum Sejarah ini ngebantunya bukan dengan post kosong... Lihat thred lain di sini. Jangan samain dengan thred-thred sampah di Lounge.

Kalau tidak ada yang mau dibicarakan diam aja.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo informasi yg menarik gan ,ternyata kebudayaan mesir udh maju dari jaman kuno emoticon-Matabelo
Quote:


mungkin saja gan.

omong-omong ritual seks massal itu juga ada dalam kebudayaan Mesopotamia kuno yang satu zaman dengan Mesir Kuno. Raja melakukan "anu" dengan pendeta tinggi perempuan, diikuti oleh para penganutnya, sebagai perlambang kesuburan tanah air.

Dalam kultur dan keyakinan masyarakat purba, seksualitas dan kesuburan negara itu sering berjalan beriringan..

ASK

bangsa Mesir Kuno mengenal metode mumifikas dari mana, dan atas dasar apa ????

ANSWER

Quote:


menurut sejarah awal, saat Osiris tewas dibunuh Seth,

Anubis melakukan mumuifikasi ke Osiris,
dan itu ditujukan sebagai tanda penghormatan kepada dewa yg lebih tinggi..

Mesir Kuno melakukan hal yg sama kepada Pharaoh sebagai tanda penghormatan,
bukan cuma ke Pharaoh jg, binatang yg dianggap suci pun dilakukan mumuifikasi...
Quote:


terima kasih atas jawabannya
sedikit koreksi tuh buat di pejwan. jaman Arab Conquest Nabi Muhammad SAW udah wafat. salah tuh kalo dibilangnya "Caliph Umar yang diutus oleh Muhammad....." emoticon-Big Grin

kalo ga salah salah satu penguasa di jaman pra-dinasti oleh Hollywood dijadikan sebagai inspirasi untuk karakter utama di film "The Scorpion King"

btw keknya nih thread perlu dibersihin momod emoticon-Embarrassment
Quote:


Quote:


terima kasih agan Yanisari, so maksudnya wazir n vizier itu bahasa umum ya....
bukan gelar khas mesir kuno...

sy tahunya wasir aka ambeyen emoticon-Malu (S)
jadi pingin main PHARAOH.ini gamenya tentang membagun kota pada zaman mesir kuno

Selamat Datang di Dunia Mesir Kuno
Post ini telah dihapus oleh samanosuke20
gan mau nanya nih.... katanya ada pharaoh yang kepercayaannya monotheis ya ???? siapa tuh si pharaoh ,seinget ane sih si akhenathon . Bener gak ... bisa dijelasin ???? emoticon-Malu (S)

ASK

gan bangsa mesir kuno termasuk ras apa sih?
apakah asalnya dari afrika? ato asia?

ane pernah baca kalo bangsa mesir kuno tuh asalnya dari daerah libya dan kulitnya warna hitam.

CMIIW
Code:
Osiris menjadi penguasa Bumi dan Isis menjadi istrinya. Osiris adalah pemimpin yang baik dan telah berkuasa selama bertahun-tahun.

Bagiamanapun juga semuanya tidak berjalan lancar. Seth sangat iri kepada Osiris karena dia ingin menjadi penguasa Bumi. Hingga suatu hari ketika dia sudah tidak bisa menahan amarah, dia membunuh Osiris.

Osiris masuk ke alam bawah dan kemudian Seth yang menjadi penguasa bumi. Namun Osiris dan Isis memiliki seorang anak yang bernama Horus. Horus dan Seth bertempur hebat dengan kemenangan dimiliki oleh Horus. Akhirnya Horus menjadi penguasa Bumi dan Osiris menjadi penguasa alam bawah (kematian).

mirip kayak kisah anak anak nabi adam
------------------------
btw gan ts ..ada gak tutorial proses bikin mummy emoticon-Hammer2
kan mesir identik ama mummy

ASK

mau tanya gan

1. kalo sistem penaggalan mesir kuno itu g'mana?
2. peninggalan-peningglan mesir kuno apa aja gan (yg lengkap ya)

mohon pencerahannya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Halaman 4 dari 14


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di