Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

milan8786Avatar border
TS
milan8786
Sejarah Sang Peracik Kopi
Sejarah Sang Peracik Kopi

PERACIK kopi alias barista perlahan menjadi profesi yang menarik perhatian lantaran semakin banyak penikmat kopi. Yuk, pahami sejarah lahirnya sang peracik kopi ini.

"Kalau bicara sejarahnya, penamaan barista berasal dari bahasa Italia, yang artinya peracik kopi atau koki kopi. Barista sendiri tidak memiliki arti khusus," tutur Ina A. Murwani, Executive Director Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, kepada okezone saat ditemui di Liberica Coffee, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Ina menambahkan, barista muncul karena kebiasaan masyarakat Italia menikmati kopi. Barista menjadi kebutuhan mendesak mengingat masyarakat Italia selalu mencari cita rasa kopi sesungguhnya dari berbagai varian yang ditawarkan.

"Masyarakat Italia sangat senang mencari rasa asli kopi. Di sana lebih kenal dengan espresso, sarinya kopi. Sekarang, espresso berkembang karena bisa dibuat encer ataupun kental sesuai selera. Ada orang-orang yang ingin menikmati racikan kopi terbaik, lahirlah barista," bebernya.

Pada dasarnya, kata Ina, siapapun bisa menjadi barista, disesuaikan levelnya dari yang terendah hingga semakin tinggi. Pembuat kopi di rumah, lanjutnya, juga termasuk barista, tapi memang level rendah karena hanya dilakukan secara natural saja.

Dia menegaskan, barista sesungguhnya adalah peracik kopi menggunakan mesin kopi. Sang peracik kopi harus tahu bagaimana menghaluskan kopi dengan benar.

"Untuk mendapatkan rasa kopi yang asli asalnya dari biji kopi yang harus digerus sampai halus. Sebab, setiap kopi memiliki karakter berbeda-beda. Makanya, mereka pun harus punya mesin kopi yang tepat," tutupnya.

Salama Newbieemoticon-Malu

Semoga tidak emoticon-Blue Repost

Tolong bantu emoticon-Sundul dan emoticon-Rate 5 Star yah
Disodorin emoticon-Blue Guy Cendol (L) juga boleh deh
tapi janganemoticon-Blue Guy Bata (L) yah

SUMBER

Mampir juga gan


Jika wanita kebelet pipis
wanita paling PeDe sedunia
Prediksi - prediksi di Dunia yang keliru
Berita gembira buat yang mancung kedalam
Terobosan baru--> ATM dengan sidik jari
Mama idola kitra semua
Kenapa DEVI dan WENDA "dikeluarkan"? (analisa)
Ternyata Gladiator wanita ada gan
9 RA Kartini masa kini
Jutaan Cita Rasa Kopi Ada di Nusantara
3 hal pengaruhi cita rasa kopi
0
3.2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan