yah bener gan sepertinya di 2013 mendatang penerapan standar euro3
akan diterapakan di inodnesia
Quote:
untuk penjelasan apa itu yg dimaksud EURO adalah standar emisi gas buang di Eropa dan memang menjadi standarisasi untuk dunia. Di Eropa standarnya udah sampai EURO5...... untuk selengkapnya apa itu euro1,2.3 dll klik disini
Quote:
nah di indonesisa saat ini baru akan masuk dalam euro3 di tahun 2013
dana hal itu pun masih banyak mendapat penolakan dari masayarakat dan fanboy ninja150 rr tentunya
masalahnya mesin 2tak di indonesia kini tinggal memiliki satu tipe motor. Apalagi kalau bukan kawasaki ninja 150 R. Otomatis konsumen akan dihadapkan pada ranah mindset dan esensi dasar. Bicara mindset, bicara konsumen. Konsumen akan dihadapkan pada duahal. antara kesenangan akan mesin 2 tak yang full power atau resale value. Pasalnya penerapan euro 3 yang akan sangat terpengaruh oleh katanya regulasi bakal begini katanya regulasi bakal begono sedikit banyak bakal berpengaruh cukup signifikan dengan penjualan motor 2 tak baru hingga mempengaruhi resale valuenya. Yang kedua adalah bagi motor baru. Untuk menghadapi emisi euro 3 pabrikan dipaksa melakukan perubahan mendasar, salah satunya pemasangan catalytic converter hingga berbagai alat yang bisa menekan emisi gas buang. Imbasnya tenaga motor bakal drop. Dan ini berkaitan dengan esensi motor 2stroker. Apa artinya motor 2stroker jika engga punya tenaga
dan bagaimanakah tanggapan KMI(Kawasaki Motor Indonesia) ?
Spoiler for tangganpan KMI:
P2R cuma geleng-geleng kepala ketika berdebat dengan seorang teman yang bekerja di PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Materinya masih seputar penerapan peraturan baru standar Euro3 yang akan disahkan di Indonesia pada Juni 2013 mendatang.
Teman P2R tadi masih keukeh alias ngeyel bahwa Euro 3 akan diterapkan pada 2015 mendatang, bukan 2013. Makanya motor 2-tak mereka yaitu Ninja 150 series masih akan tetap dibikin eksis sampai 2015.
Baru setelah 2015, Kawasaki akan menyerah (baca = insyaf) dan memutuskan berhenti menjual motor 2-tak. Karena menurutnya, teknologinya akan mahal dan enggak maksimal performanya.
Hemmm . Jadi inget kisah Aprilia RS 125 mesin 2-tak yang dipaksa lolos standar Euro3. Tenaganya malah ngedrop gara-gara kebanyakan piranti emisinya. Sekarang akhirnya beralih pakai mesin 4-tak dan berganti nama jadi Aprilia RS4 125.
Emang kontradiktif sih, di satu sisi penjualan Ninja 2-tak emang masih bagus. Pecinta kecepatan, banyak yang pilih mesin dua langkah karena akselerasinya yang besar memang tidak bisa ditemui di motor 4-tak.
Tapi di sisi lain, ATPM lain seperti Honda dan Yamaha malah lagi gencar-gencarnya memperkenalkan teknologi ramah lingkungan lewat injeksi bahan bakar.
Saran P2R, sudahlahhhh . segeralah develop bebek injeksi. Agar 2013 mendatang sudah siap dan Kawasaki tetap eksis di Indonesia. Hemmm . atau strategi KMI ke depan ingin mengubah imej dealer menjadi butik motor sport ???
cuma share gan .. maaf kalo ada yg salah
ga nolak grp ijonya