nogokingAvatar border
TS
nogoking
Belajar Bersama Dasarannya dulu (Sharing dan berbagi Pendapat)


Assallammualaikum.Wr.Wb

Permisi Sesepuh2 forsup sekalian, saya newbie minta ijin untuk membuka trit ini yang bertujuan agar bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi para sahabat kaskuser yang ingin belajar dan lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Jadi kita saling melengkapi pengetahuan satu sama lain, karena saya juga masih belajar. emoticon-Smilie


Saya Hanya ingin Berbagi, tidak ada maksud lain, jadi tolong jangan salah paham, maaf jika berbeda pandangan atau berbeda pendapat.

Baik saya langsung saja memulai pembahasan di tread ini.

Mulai dari pengertian dan definisi Supranatural dan Spiritual,
menurut saya, Supranaturalberasal dari kata Supra dan Natural.
Supra artinya atas atau luar, sesuatu yang di atas atau sesuatu yang di luar. Natural artinya alami, sesuatu yang sesuai dengan kodratnya. Jadi pengertian Supranatural menurut saya adalah, sesuatu kekuatan yang di luar kodrat.

Sedangkan Spiritual, berarti dorongan yang berasal dari dalam diri dan pikiran seseorang, yang bisa memberikan semangat, atau membangkitkan pemikiran untuk mengenal sesuatu.

Jadi menurut saya Spiritual dan Supranatural saling berkaitan, karena dengan Spiritual maka seseorang bisa mengenal sesuatu yang bersifat Supranatural, begitu juga sebaliknya dengan kekuatan Supranatural bisa membangkitkan spiritual seseorang.

Contoh kaitan antara spiritual dan supranatural pada diri manusia, yaitu:
Ketika seseorang sadar bahwa dirinya memiliki keterbatasan-keterbatasan sehingga memunculkan pemahaman bahwa ada kekuatan yang berasal dari luar dirinya, yang bisa memengaruhi kehidupannya. Sampai pada tahap tertentu, orang tersebut dapat menemukan sesuatu yang bisa memberikan semangat untuk menyelesaikan semua persoalan yang di hadapi dengan bekal akal pikiran yang dimilikinya untuk mengetahui segala sesuatu.

Tahap Tertentu inilah yang di sebut dengan usaha atau ikhtiar seseorang untuk menemukan solusi (jalan keluar/penyelesaian).

Menurut saya jika ingin belajar memahami ilmu ghoib, alangkah baiknya terlebih dahulu memahami kedua makna diatas, lalu memahami apa yang tampak nyata terlebih dahulu, karena terkadang yang nyata saja kita sering kali kurang memahaminya.

Belajar seperti ini haruslah mengerti kaedah-kaedah yang ada, mena'ati semua aturan yang ada, apa itu aturan yang ada, aturan yang ada antara lain, aturan agama, aturan negara, aturan adat, aturan keilmuan, dan aturan ghoib yang berlaku.

Jadi di sini, saya ingin mengajak agan-agan sekalian belajar bersama dalam memahami apa itu ilmu ghoib? bagaimana caranya belajar ilmu ghoib? dan mengapa harus belajar ilmu ghoib?

Dalam tread ini alangkah baiknya apabila ada sharing pengetahuan mengenai ilmu ghoib, jadi tidak ada istilah guru dan istilah murid antara saya dan agan para pembaca yang ingin berkomen ria di sini.emoticon-Smilie

DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT SANGAT MULIA BILA KITA MENJADI BUMI YANG SELALU DI PAYUNGI LANGIT KARENA KESOMBONGAN HANYA MILIK RAJA ALAM SEMESTAemoticon-flower


Manungsa urip ana ing donya... prasasat mung mampir ngombe... Umpama wong lelungan sanja...
Najan sinajan ora wurung mesthi bakalan mulih marang Gustine..


Monggo di baca dan di aji dulu, kalau ada uneg-uneg ataupun cerita juga boleh, jadi kita bisa berbagi di sini.emoticon-Smilie

Dilarang Memancing kerusuhan,/pertengkaran, di larang menggunakan kata yang bersifat menyerang, di larang adu ilmu, saling ejek dan yang lainnya.

No SARA, No PORNOGRAFI, No RASIS dan hal semacamnya.

Harap menggunakan bahasa sopan dan santun yang mudah dipahami oleh manusia beradab, juga perlu diingat bahwa Forum ini bukan forum debat kusir tetapi kita disini saling berbagi dan mengisi. baca selengkapnya : (Tata Tertib Forum Supranatural & Sub Forum Spiritual + Index Forum Supranatural).

1
57.7K
1.2K
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan