meninblekAvatar border
TS
meninblek
[Rejeki Ngaskus]awalnya nunggu pembeli, sekarang ditungguin pembeli
[Rejeki Ngaskus]awalnya nunggu pembeli, sekarang ditungguin pembeli

berawal dari tret http://kaskus.co.id/thread/000000000...ejeki-ngaskus, ane tertarik untuk ikutan share, siapa tau bisa menang emoticon-Genit:



Perkenalkan ane mahasiswa abadi yang kuliah g lulus2 emoticon-Hammer, ane memulai usaha ticketing online di kaskus sekitar bulan september 2010.
Pada saat mamulai bisnis online sangatlah berat. Dibutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi.
Kalau tidak salah inget, ane baru dapet pelanggan pertama dari kaskus 1-2 minggu setelah buka lapak.emoticon-Cape d... (S)
Saking frustasinya sempet juga coba jualan offline karena g yakin sama prospek bisnis online.
Memang untuk awal2, offline tampak lebih menjanjikan, namun setelah berjalan beberapa minggu, ane merasa jualan offline sangat tidak efektif dan efisien.
Pembeli pesan lewat telpon, sehingga mengganggu ane ketika sedang melayani pertanyaan di YM, BBM, atau SMS.
Belum lagi mereka minta dianter tiket ke rumahnya, ini sangat mengganggu karena ane kerja sendirian saat itu.
Apalagi pembayarannya dilakukan secara tunai, jadi ane harus masukin duitnya ke bank dulu agar bisa dibuat transaksi.
Akhirnya ane putuskan untuk berjualan full online, offline hanya beberapa kenalan dekat saja.
Dalam online prosedurnya transaksinya sangat praktis, pembeli tinggal trf ke rekening ane, setelah itu tiket ane kirim ke email pembeli.

Pada masa2 awal, target ane g muluk2. Bisa dapet sebesar UMR aja udah bersyukur.
Beberapa strategi yang ane pakai dalam mengembangkan usaha di kaskus antara lain kirim iklan bergambar ke VM kaskuser, utamanya yang satu regional
Kemudian minta bantuan beberapa temen untuk memberikan testimonial di lapak, walaupun mereka belum pernah beliemoticon-Shutup
Setelah jalan 1-2 bulan, terkumpullah beberapa testimoni dari kaskuser yang kemudian menarik kaskuser lain untuk beli di ane.
Pada bulan ke 4/5 ane dapet jackpot nih, ada momod yang kasih testi ke lapak ane. Langsung deh ane capture dan taroh di halaman awal lapak.
Testi dari momod ini seolah2 membuka penyumbat di lapak ane, setelah dapet testi itu lapak ane mangalami kenaikan penjualan secara signifikan.

Berjalan satu tahun, penghasilan ane udah melebihi ekspektasi awal. ane kira angka saat itu sudah cukup maksimal, sehingga kemungkinan naik kecil.
Tapi ternyata di luar dugaan, penjualan tiap bulan tetep naik. Bahkan sampai saat ini dimana lapak ane udah lebih 1,5 tahun, laba bersihnya masih cenderung mengalami peningkatan.
Memang ada anomali satu atau dua bulan mengalami penurunan tapi tidak signifikan, ini pun disebabkan bulan sebelumnya adalah masa peak, sehingga berikutnya agak turun.
Saat ini, kebalikan dari dulu yang menunggu pembeli, sekarang malah ditunggu pembeli. Kadang ketika ane masih tutup, mereka mau nunggu sampe buka.
Loyalitas pembeli di bisnis online lebih tinggi daripada bisnis offline. Padahal harga tiket pesawat fleksible. kemungkinan tiap saat harga bisa naik.
Alhamdulillah sekarang ane udah dikenal salah satu recommended seller di kaskus, bisa diliat dari testimoni ane yang cukup melimpah.
Dan dari ratusan buyer, ada satu yang akhirnya jadi gebetan ane walaupun jarak antara kita ratusan kilo meter. Ketemuan pun cuma sekali, di bandara lagi emoticon-Hammer

Pada awal2 memulai bisnis, bisa dikatakan ane sangat cupu dalam dunia pertiketan. Masih tergantung sama vendor dalam hal issued tiket, jam kerja menyesuaikan dengan jam kerja vendor,
proses transaksi lama karena antri dengan agen2 lain. namun sekarang semua sudah bisa ane lakukan sendiri dari mulai booking sampai issued, dan jam kerja ane yg nentuin.
Semua ini ane dapet dari kaskus atas bantuan sesama seller kaskus emoticon-I Love Kaskus (S)

Hal positif dan negatif yang ane dapet dari kaskus:
1. Kaskus udah membuat ane yg sebelumnya nothing jadi something. Dulu ane anak yang bisanya ngabisin duit ortu, sekarang udah bisa bantu2 ortu.
2. Ane udah pasang lapak dibeberapa forum, yang paling banyak responnya di kaskus
3. Di FJB ane ketemu sama seller2 lain yang sangat kompak, bersahabat, suka membantu ketika ada masalah, walau ada beberapa yg suka nusuk dari belakang sihemoticon-Cape d... (S)
4. Ketemu banyak banget buyer dengan berbagai macem karakter, disini ane pelajarin gimana cara ngadepin tiap2 karakter agar mereka nyaman sama aneemoticon-Smilie
5. Ketemu gebetan dari FJB juga emoticon-Kiss (S)
6. Skripsi g selesai2 gara2 keasikan cari duit emoticon-Nohope

Terimakasih buat agan-sista yang sudah mau menyimak cerpen dari aneemoticon-Malu (S)
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

Pengalaman kaskuser lain ada di post 11
Diubah oleh meninblek 18-01-2013 11:40
0
5.5K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan