CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Burung /
Kacer (copsychus saularis)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004487404/kacer-copsychus-saularis

Kacer (copsychus saularis)

Tampilkan isi Thread
Halaman 85 dari 298
Quote:

.
.

w0w..
Terimakasih 0m setelkendow...
ane g tau dari jabar ato sumatera,cm dr yg jualnya bilng bgtu...
g tau d tipu juga ane sm yg jualnya...emoticon-Blue Guy Bata (S)
belom ada setaun juga ane suka burungkicau nih
tapi ane yakin sm potensi si 'kaka.(kacer.ane) bisa membanggakn emoticon-I Love Indonesia (S)
mohon bimbingannya,jgn sungkan klo ane tanya2 lagi nanti..
ane mau cb praktekn saran dr 0m nih..emoticon-Blue Guy Smile (S)



Quote:


..
siippp 0m..
sabar pangkal Juara emoticon-Big Grinb
ane praktekin lagi saran dr om Gilalang
tengkyu 0m...
emoticon-Shakehand2
Quote:


tipu menipu sih ndak,, itu cuma salah kaprah saja
berhubung KC ane lagi masa rehabilitasi kegirasan..(kesetanan)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)

tetapi

buat

om ottexx,om hmd20,om setelkendow

terimakasih sarannya mantaffff....

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


sama-sama mas emoticon-shakehand

agak2 sedih dengan menurunnya reputasi KC d bandingkan burung lainnya emoticon-army
Salam kenal para sesepuh Kacer mania semua...
Memang beberapa cara untuk menjinakkan kacer bisa dilakukan, dari cara memperlakukan dengan halus sampai dibuat agak laar sehingga kacer kenal dan tahu dengan pemiliknya...

Tapi saya punya cara yang mungkin boleh dibilang tergolong ekstrem, tapi sudah saya lakukan sejak lama untuk menjinakkan dan boleh dibilang berhasil...
Cara ini dilakukan pada saat memandikan Kacer, jadi kalau metode untuk kacer yang sudah jinak / agak jinak tidak perlu dilakukan. Untuk memandikan kacer yang tergolong masih 'giras' atau masih takut dengan majikannya, saya biasanya memandikan dengan memegang burung tsb. Lalu saya langsung masukkan / mandikan ke bak mandi seperti kalau kita memandikan anak2. Basahi bulu2 dada sampai ke ujung ekor, lalu sayap satu persatu. Yamg perlu diingat untuk kepala tidak perlu di celupkan ke air, cukup diusap2kan saja air ke kepala, untuk menjaga agartidak masuk ke hidung.
Biasanya saya mandikan dengan metode itu pagi hari sebelum berangkat kerja dan malam (sekitar pk. 8 malam) sepulang dari kantor. Metode ini saya lakukan sampai kurang lebih 2 minggu, dan hasilnya sudah terlihat kacer jadi tidak terlalu 'giras'. Kalau ingin lebih jinak lagi mungkin bisa dilakukan sampai 3 atau 4 minggu, ditambah dengan pola memberi pakan tambahan yang biasanya 'ditelatkan' atau dibuat agak lapar terlebih dahulu.
Kebetulan kalau saya lebih suka kacer yang 'jinak-jinak lalat' tidak terlalu 'penurut' dengan orang.

Untuk kacer tangkapan liar (kalau pengepul bilang Muda Hutan), biasanya dibiarkan terbiasa di kurungan rumah terlebih dahulu sampai kurang lebih 2 minggu, sekaligus membiasakan mereka dengan pola kita memandikan, jemur dam pola pemberian makan. Setelah sekitar 2 minggu di rumah, baru saya gunakan metode 'extrem' tsb. Tapi hati2 cara memegangnya, salah sedikit bisa terbang itu burung... emoticon-Blue Guy Smile (S)
Metode ini biasanya digunakan juga untuk memandikan burung lain seperti perkutut.

Monggo kalau mau dicoba... emoticon-Blue Guy Peace
Quote:


emoticon-Matabelo
bisa d coba nih resepnya dari suhu

Vitamin

gan aq baru nih melihara burung kacer, pengen tau apa aja Vitamin, Voor yang bagus buat kacer Poci (saat ini aq ngasih Fancy Gold Seaweed) EFnya belalang 3 pagi-3 sore, Kroto 2x seminggu+ Ulat hongkong 2 ekor tiap hari. cuma untuk vitamin ma voornya masih bingung gan. Mandinya 1x sehari. mohon bantuannya
thanks
Quote:


Wah enak gan masih ada belalang [konon lebih bagus dari jangkrik],, kalo di tempat saya dah ga da belalang.. Kalo vitamin saya ga pernah pake gan,, kalo sempat sekali2 dikasi larutan cap kaki tiga,, biar ga serek katanya..he.. Kebetulan tadi kacer poci [terlalu jinak] saya tak jual coz kmrin2 kedatangan kacer poci yang lebih bagus menurut saya [cuma girasnya minta ampun]..
Rawatan :
-Mandi pagi keramba
-Jangkrik sekenyangnya
-Voor Bnr kuning
-Kroto [kalo ada]

Y buat rumahan dah bikin rame..

Pernah denger kalo fungsi kroto tuk kacer buat gaya tarung [ekor ngipas],, uk buat nambah birahi,, jangkrik buat stamina,, pepaya buat stabilkan birahi..
Quote:


pada dasarnya fungsi voer ada 2(CMIIW):
1. memenuhi kebutuhan nutrisi burung yg tidak bisa d dapatkan dari EF
2. antisipasi kl kita telat memberi EF sehingga burung tetap bisa survive
itu saja, dengan asumsi seperti itu sebenernya maka semua voer bagus, asal nutrisi yg dimiliki voer itu lengkap/pas(ndak berlebihan dan ndak terlalu kurang, misal protein cukup 16-18% atau kandungan karbohidrat jgn terlalu tinggi, seharusnya voer yg baik selalu mencantumkan kandungan gizinya/nutrisi yg d kandungnya dan bahan2 pembuatnya)
untuk vitamin alangkah baiknya jika memilih yg kandungannya lengkap, baik kndungan vitamin n kandungan mineralnya. jangan terpaku sama fungsinya yg bilang untuk menggacorkanlah, atau untuk apalah, pilih saja yg kandungan vitamin n mineralnya lengkap, karena awal burung bunyi itu dari sehat to? kl memang burung sudah sehat ya endingnya bunyi juga, kadang beberapa vitamin(saya lebih suka menyebut suplemen sebenernya) memiliki fungsi sebagai doping yg memiliki efek samping, misal dalam kasus vitamin impor untuk KN(saya ndak mau nyebut merk), usut punya usut ternyata memang sebagai doping, KN yg d beri suplemen tersebut memang menjadi bekerja dengan baik, tapi saat pemberian d hentikan burung menjadi ndak stabil dan keok. nah, kebanyakan vit/supl d pasaran ndak mencantumkan side effect yg dimilikinya. ada sih vit/supl yg mencantumkan, contoh milik dr.e#i dengan met###lisnya, d situ terang2an menyebut bahwa burung yg sudah rajin bunyi jgn d beri lagi, sempet beberapa wkt yg lalu diskusi tentang ini bahwa vit/supl tersebut tujuannya untuk memaksa burung bekerja dan bukan sebagai alat rekondisi agar burung sehat n bunyi.
sekian n mohon kritik sebanyak2nya
Quote:


Mantap ulasannya om..
Sedekit share sekaligus mohon saran...
Beberapa kacer saya yg kebetulan saya siapkan untuk main-main di lapangan, malah saya lepas voer. Pertimbangan saya adalah krn untuk Kacer yang saya pilih untuk main ini biasanya saya beri porsi berlebih (baik kroto, jangkrik, UH, dll). Artinya yang sebelumnya jangkrik dll diposisikan sebagai EF (Extra Food) menjadi makanan utama (Main Food). Apabila voer tetap diberikan yang saya khawatirkan adalah kelebihan karbohidrat, sehingga menyebabkan kegemukan dan akhirnya malas 'kerja'.
Akibatnya pun ada, yaitu ketika Kacer tidak lagi untuk 'bermain' dilapangan, kembali saya biasakan untuk makan voer spt yang muda2...
Monggo kalau ada yang hendak mengkritisi atau memberi saran, karena mungkin dasar teori yang saya gunakan juga belum tentu benar...
emoticon-Blue Guy Peace
Quote:


menurut saya sih ndak masalah(saya setuju soal karbohidratnya), saya ada kasus serupa dengan MB. jd karena saya memberi EF tdk pernah telat n saya posisikan burung dlm keadaan tidak pernah lapar maka MB saya malah sekarang ndak ngevoer(padahal dulunya ngevoer), tp ya karena saya liat ndak ada masalah berarti ya saya biarkan saja emoticon-Peace
apalagi untuk lapangan, menurut saya memang lebih baik jika EF d jadikan pakan utama
yah pada prinsipnya sih asal burung tetap prima(baik fisik dan mental).. menggunakan pakan apapun sih ndak ada masalah.
sekian. CMIIW
Suhu-suhu ijin nyimak nich and ninggalin jejak
tapi ane ada pertanyaan nich suhu :
1. Untuk penjinakan yang efektif buat karyawan yg masuk pagi jam 6 ampe jam
6 lagi minimal itu yg seperti apa, pling sabtu and minggu off.
2. KC ane di pangkal pparuhnya luka mungkin nabrak2 jeruji kandangnya,
tadinya sebelah kiri sekarang 2-2nya, gimna penanganannya ya?
3. pemasteran yang bagus seperti apa dan menggunakan suara burung apa trus
klo pakai MP3 gimna?
4. Klo di daerah cibubur latber dimna ya adanya?

Thanks ya suhu-suhu untuk advicenya..

salam kacer mania..
Quote:


Sebelum mencoba menjawab, saya mau tanya dulu om :
Apa ada orang di rumah selama kerja? (dijawab belakangan aja)

Dari pengalaman, kebetulan saya sama om, jam 7 juga sudah berangkat ke 'sawah', lalu kembali dari 'nyawah' sampai rumah kurang lebih antara jam 6-7 malam...
Biasanya jam 05.30 saya keluarkan untuk diembun2kan, kurang lebih 15-30 menit... Lalu saya masukkan keramba untuk yang sudah jinak/agak jinak, dan yang masih agak 'giras' saya semprot2 saja sedikit. Setelah itu diangin2 saja sembari dikasih ef (jangkrik, uh, kroto dan buah) om, dan sebelum berangkat saya nitip sama yang di rumah tolong burung dijemur jam 7 sampai jam 9 lalu masukkan dan di kerodong lg ditempel dengan burung master (kalau ada).
Sorenya/malamnya sepulang dari 'sawah' saya masukkan keramba lagi, dan yang masih 'giras' saya mandikan 'manual' dengan dipegangi... Sembari gitu sekalian bersih2kan kandang.
Diangin2kan lagi sambil diberi ef penutup (jangkrik dan uh)...
Setelah itu kerodong lagi sambil kurang lebih 1-2 jam setel aja mp3 master kicauannya...

Monggo kalau berkenan mencoba...
Ijin nampang salah satu Kacer momongan ya om dan tante semua...

Spoiler for Kacer Poci CitOr:

Latber di Medan

Gan mau nanya penjual Kacer di Medan selain yang di Jl. Bintang soalnya yang dijual disana pada umumnya sudah disortir ama penjual burungnya, jadi yang tinggal ditoko adalah yang Kw2. Padahal burungnya masih muda hutan.

Kalo Lokasi Latber di Medan dimana, kapan biasanya?

Thanks
Quote:


coba baca2 d halaman sebelum ini mas,, saya rasa d sana banyak membahas soal ini
baik penjinakan, rawatan maupun pemasteran
secara garis besar sih dari pertanyaan mas
1.burung tidak jinak karena menganggap kita adl ancaman n belum terbiasa dgn kita. rawatan teratur yg konsisten n fokus saya rasa sudah cukup mas untuk membuat burung menjadi jinak n bunyi. saya menolak rawatan aneh2 karena beberapa memiliki efek samping. kl semboyan saya alon2 waton kelon, salah... alon2 waton kelakon, pelan2 yg penting berhasil. so saya memilih menjinakkan dengan waktu yg lama tp ndak memiliki efek samping daripada dengan menggunakan cara cepat yg biasanya memiliki efek samping.
2. itu namanya ngruji mas, memang karena burung itu nubruk2 ruji kandang. ya kl mau ga ngruji ya jinakkan kc tersebut
3. pake mp3 bisa sih, baik sonic, hape atau apapun, tp alangkah baiknya punya burung masteran
untuk masternya bisa d liat d halaman2 sebelum ini
4.kurang paham karena ndak dari daerah sana
sedikit tips,, biasakan untuk membeli trotol/ yg sudah mapan jika dirasa kita tidak memiliki wkt yg cukup untuk merawat kc. karena dengan trotol/mapan mas sudah menghilangkan 1 tugas berat yg bernama menjinakkan.

Quote:

maksudnya kw2 mas? burung yg kualitasnya jelek2 gt? setau saya sih sumatera gudangnya kc sekoci mas, jd harusnya ndak susah untuk mendapatkan kc yg bagus
kemaren baru d tawari sama orang sumsel sebiji cuma 50k-65k, ambil 1 kargo isi 50 juga d sanggupi
lokasi latber saya kurang tahu karena bukan daerah saya
gan kacer saya ko suka nabrak2 kandang muka nya yah gan jadi berdarah deh muka nya
cara nya gmn gan biar jinak n ngga nabrak2 kandang muka nya :'(

Kacer Membingungkan

Gan mohon petunjuknya nih. Aq lagi miara burung kacer dirumah, pakannya : - jangkrik 5pagi 5sore+ 2 ulat hongkong dan
- kroto 2x seminggu.
- Untuk Voor aq ngasihnya yang Fancy Gold Seaweed.
- mandi jam 15:30 setiap hari


Pada saat awal beli, voor yang dikasih penjualnya kayaknya pelet ayam, trus saat dirumah kotorannya warna putih campur hijau. saat baca di thread ini kayaknya itu ciri-ciri burung berak putih maka aq langsung ngasih Super N sesuai dosisnya. saat ini kotorannya dah normal antara campuran putih ama hijau. dan burungnya dah mulai jinak dan makan EF nya kalo dikasih pake tangan.

Masalahnya sekarang burungnya belum pernah ngeluarin suara dikitpun padahal saat masih ama pembelinya dah ada suaranya.
1. Apakah yang salah ada pada stelan yang aku buat? Berhubung penjualnya jarang ngasih EF.
2. Ada solusinya ga? Mungkin dengan membuatnya mabung? Mohon bantuannya
3. Burung aq saat ini tetap lincah loncat-loncant disangkarnya, tapi saat burungnya berhenti lompat2 aq perhatiin tuh burung bulunya yang bagian atas kepala dan dadanya suka dikembangin kayak balon gitu dan saat dikerodong kadang terdengar suara terrr....rrr......terr.... kayak bulu dikibaskan. Apa ini ciri-ciri Mbagong? dirumah aq cuma ada sikacer ma satu ekor derkuku yang belum bunyi. Kecuali pagi hari lingkungan aku banyak burung yang mampir di pohon depan rumah.
Mohon Bantuannya.
Quote:


1.mungkin bukan salah setelan, tp proses adaptasi dari burung yg sedikit terlambat. sabar.
2. membuat mabung? bukannya mabung itu proses alami ya? ngapain kita merubah setelan alami dari burung? bisa kita bertanggung jawab atas proses mabung yg kita rekayasa?
asal rawatan kita konsisten saya rasa kok burung akan bunyi dengan sendirinya.
coba setelan mandi d rubah ke pagi, teorinya begini, setelah mandi, jemur, burung makan, istirahat sebentar n bunyi, kl mandinya jam segitu kapan dia bunyi? mentok ya tu burung tepar/tidur
3. ya itu asumsi yg tepat untuk mbagong mas
saran saya sebelum membeli burung coba d terawang dl katuranggannya, mentalnya seperti apa, dan nilai2 plus burung yg bakal kita boyong apa. jgn membeli burung asal2an yg akan menyebabkan kita kesulitan untuk memeliharanyaemoticon-Malu (S).
Quote:


Jika stelan pakan yang aq buat menurut agan sudah pas. Untuk ngilangin mbagongnya ini ada saran agan-agan lagi ga? Aq rencana mau ngelakuin perubahan pada stelan perawatan burung ini sekalian ngilanging mbagongnya :
1. sebelumnya saya biasa jemur nih burung pagi jam 07:00-10:00 sambil diberi voor dan Efnya (jangkrik 5+UH2ekor p/s) . Mau aku ubah Jemur mulai jam 05:00-10:00 dengan stelan pakan tetap
2. Mandi pasir 2x seminggu. Mineral yang ditambahkan ke pasirnya apa ya? Bubuk dari bata yang dihaluskan bagus ga? Kalo kita make pasir halus yang dijual di ace ware untuk hewan pengerat bisa ga?
2. Mandi yang dulu sore jam 15:00 jadi mandi pagi jam 07:30

tolong saran agan2 sekalian, apa kemungkinan yang timbul atas perubahan ini. Thanks
Halaman 85 dari 298


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di