- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
[SHARE] Serba-Serbi TVS Tormax 150CC
TS
speed_addicted
[SHARE] Serba-Serbi TVS Tormax 150CC
berhubung thread sebelumnya terlihat tidak terurus, saya disini mau coba buka thread tentang TVS Tormax kembali...
semoga bisa lebih bermanfaat bagi para kaskuser
mohon bantuannya ya...
Jenis mesin 4 stroke, SOHC, liquid cooled Turbo Engine (dual inlet port 3 valve engine)
Jumlah silinder\t single
Bore X Stroke\t 59.5 X 53.5 mm
Isi silinder\t 148.75 CC
Perbandingan kompresi 11.3:1
Power Maksimum\t 9.7 KW @8000 rpm (13.2 bhp/8000 rpm)
Torsi Maksimum\t 12.5 Nm/5500 rpm
Sistem starter\t electric & kick starter
Karburator\t UCAL-VM 22
Pendingin Radiator Coolant Total 920 cc, reservoir 250 cc
Kopling\t manual, multiplate clutch
Transmisi\t 5 Speed. N-1-2-3-4-5
Kapasitas Oli Mesin\t 1000/800 ml
Jenis Pengapian\t Digitally/DC TCI, single park
Sistem Kelistrikan\t 12V, AC, Magneto
Tipe Lampu Depan\thalogen 30/30 W
Busi\t BOSCH UR5DC
Tipe Aki\t GM5Z GS battery 12V/5 Ah
Panjang keseluruhan\t1955 mm
Lebar keseluruhan\t 730 mm
Tinggi keseluruhan\t1070 mm
Jarak antara as roda\t1250 mm
Jarak mesin ke tanah\t150 mm
Berat Kosong\t 111.4 kg
Tinggi Jok \t772 mm
Rem Depan \tdisc 290 mm, hydraulic, double cylinder
Rem Belakang\t disc 185 mm, hydraulic, single cylinder
Ukuran Ban Depan\t70/90 - 17
Ukuran Ban Belakang\t80/90 - 17
Suspensi Depan\t Telescopic
Suspensi Belakang\tSwing arm, Remote canister monoshock absorber
Kapasitas Tanki Bensin\t4 Lt
Turbotune Technology merupakan hak paten yang dimiliki TVS Motor berupa kombinasi 3 valve technology. Dimana 2 klep masuk (in) dan 1 klep keluar (ex) sehingga power mesin mencapai 13,2 PS @8000 rpm dan torsi sebesar 12,5 Nm @5500 rpm. Kapasitas mesin 150 cc dengan 5 percepatan pakai kopling manual.
Dual Tune Muffler berfungsi untuk merubah suara knalpot dengan menarik switch di handle bar kiri. Suara turbo yang garang untuk menunjang kecepatan atau pilih suara normal. Katanya buat mengakomodir dua kepentingan konsumen sekaligus, bikers yang suka kebut-kebutan dan bikers yang suka berkecepatan wajar-wajar saja.
Horizontal gas-filled canister monoshock dan double disc brake. Konon komponen ini untuk menunjang pengendaraan yang nyaman. Karena motor kencang, dilengkapai cakram depan belakang. Bahkan ukuran cakram depan tergolong tinggi yaitu 290 mm dan 185 mm (belakang).
High-tech digital speedometer yang memiliki fitur antara lain tachometer, odometer (dengan dual trip meter), gear and speed indicator, racing mode (top speed record dan 0-60 km/h time record), helmet reminder, service reminder, battery reminder, indicator bensin dan indicator suhu mesin.
Pelatuk klep ini sudah di lengkapi dengan roller untuk mengurangi gesekan dengan noken as. Semua yang menggunakan teknologi ini pasti mengaku mesin akan hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Begitu juga dengan TVS. Ketebalan ring piston hanya 0,8 mm dan ring oli-nya 1,5 mm. Umumnya ring piston tebalnya 1 mm dan ring oli mencapai 2 mm. Selain lebih ringan juga gesekan dapat tereduksi.
sepertinya sekian dulu dari TS, bila ada kelanjutannya saya usahakan secepatnya akan saya update. terima kasih kaskuser
semoga bisa lebih bermanfaat bagi para kaskuser
mohon bantuannya ya...
Spoiler for spesifikasi:
Jenis mesin 4 stroke, SOHC, liquid cooled Turbo Engine (dual inlet port 3 valve engine)
Jumlah silinder\t single
Bore X Stroke\t 59.5 X 53.5 mm
Isi silinder\t 148.75 CC
Perbandingan kompresi 11.3:1
Power Maksimum\t 9.7 KW @8000 rpm (13.2 bhp/8000 rpm)
Torsi Maksimum\t 12.5 Nm/5500 rpm
Sistem starter\t electric & kick starter
Karburator\t UCAL-VM 22
Pendingin Radiator Coolant Total 920 cc, reservoir 250 cc
Kopling\t manual, multiplate clutch
Transmisi\t 5 Speed. N-1-2-3-4-5
Kapasitas Oli Mesin\t 1000/800 ml
Jenis Pengapian\t Digitally/DC TCI, single park
Sistem Kelistrikan\t 12V, AC, Magneto
Tipe Lampu Depan\thalogen 30/30 W
Busi\t BOSCH UR5DC
Tipe Aki\t GM5Z GS battery 12V/5 Ah
Panjang keseluruhan\t1955 mm
Lebar keseluruhan\t 730 mm
Tinggi keseluruhan\t1070 mm
Jarak antara as roda\t1250 mm
Jarak mesin ke tanah\t150 mm
Berat Kosong\t 111.4 kg
Tinggi Jok \t772 mm
Rem Depan \tdisc 290 mm, hydraulic, double cylinder
Rem Belakang\t disc 185 mm, hydraulic, single cylinder
Ukuran Ban Depan\t70/90 - 17
Ukuran Ban Belakang\t80/90 - 17
Suspensi Depan\t Telescopic
Suspensi Belakang\tSwing arm, Remote canister monoshock absorber
Kapasitas Tanki Bensin\t4 Lt
Spoiler for fitur-fitur:
Spoiler for turbotune technology:
Turbotune Technology merupakan hak paten yang dimiliki TVS Motor berupa kombinasi 3 valve technology. Dimana 2 klep masuk (in) dan 1 klep keluar (ex) sehingga power mesin mencapai 13,2 PS @8000 rpm dan torsi sebesar 12,5 Nm @5500 rpm. Kapasitas mesin 150 cc dengan 5 percepatan pakai kopling manual.
Spoiler for dual tune muffler:
Dual Tune Muffler berfungsi untuk merubah suara knalpot dengan menarik switch di handle bar kiri. Suara turbo yang garang untuk menunjang kecepatan atau pilih suara normal. Katanya buat mengakomodir dua kepentingan konsumen sekaligus, bikers yang suka kebut-kebutan dan bikers yang suka berkecepatan wajar-wajar saja.
Spoiler for horizontal gas-filled canister monoshock dan double disc brake:
Horizontal gas-filled canister monoshock dan double disc brake. Konon komponen ini untuk menunjang pengendaraan yang nyaman. Karena motor kencang, dilengkapai cakram depan belakang. Bahkan ukuran cakram depan tergolong tinggi yaitu 290 mm dan 185 mm (belakang).
Spoiler for hi-tech speedometer:
High-tech digital speedometer yang memiliki fitur antara lain tachometer, odometer (dengan dual trip meter), gear and speed indicator, racing mode (top speed record dan 0-60 km/h time record), helmet reminder, service reminder, battery reminder, indicator bensin dan indicator suhu mesin.
Spoiler for duralaife engine:
Pelatuk klep ini sudah di lengkapi dengan roller untuk mengurangi gesekan dengan noken as. Semua yang menggunakan teknologi ini pasti mengaku mesin akan hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Begitu juga dengan TVS. Ketebalan ring piston hanya 0,8 mm dan ring oli-nya 1,5 mm. Umumnya ring piston tebalnya 1 mm dan ring oli mencapai 2 mm. Selain lebih ringan juga gesekan dapat tereduksi.
Spoiler for fitur tormax secara garis besar:
Spoiler for harga:
untuk harga OTR DKI Jakarta rp 14.900.000,-
Spoiler for tampilan TVS Tormax milik TS:
Spoiler for tampilan samping:
Spoiler for tampilan depan:
Spoiler for tampilan belakang:
Spoiler for digital speedometer:
Spoiler for bagasi:
Spoiler for horizontal mono shock:
Spoiler for disc brake:
Spoiler for review dari TS:
karena saya bukan lah tipe orang bertipikal brand image, keinginan saya untuk memiliki sebuah bebek super akhirnya jatuh pada TVS Tormax 150cc. seperti kutipan dari orang bijak, "berubah memang beresiko, tapi lebih beresiko bila tidak berubah . dan berikut sedikit review dari saya.
engine:
TVS tormax ini gesit untuk diajak bermanuver, putaran bawah sangat responsif, khususnya pada gigi 1-2. namun, untuk mengejar putaran atas dan top speed, sepertinya tormax memiliki sedikit kendala. namun bagi saya sudah cukup untuk menemani rutinitas sehari-hari di jalan raya. sesuai namanya, tormax (torsi maximum) bukan pormax ( power maximum)
suspensi:
karakter suspensinya agak keras, pada jalan bergelombang akan terasa bila pengendara belum terbiasa, namun bagi saya masih dalam batas wajar. karakter suspensi ini sangat cocok untuk saya yang menginginkan kestabilan lebih pada keceptan tinggi.
transmisi:
perpindahan gigi terasa cukup halus dan responsif, namun terjadi kendala pada perpindahan dari gigi 2 ke gigi 1 pada saat berhenti. perpindahan gigi sering macet, namun bila dalam keadaan jalan, kendala ini tidak ditemui. bila sudah ada solusinya, akan saya share disini.
dualtune muffler:
perpindahan karakter suara dari std ke sport sedikit mempengaruhi kinerja mesin. tarikan menjadi sedikit lebih galak karena sistem pembuangan pada muffler dibuat lebih lancar dengan menghilangkan sistem penyaringan emisi. oleh karena itu, emisi gas buang pada mode sport lebih tinggi.
bagasi:
ini menjadi kendala bagi yang membutuhkan. bagasi sangat kecil dan minim gantungan di sekitar motor. namun ini sesuai dengan karakter motor yang bertema bebek super/sport yang memang tidak dirancang untuk memiliki kapasitas bagasi yang besar.
engine:
TVS tormax ini gesit untuk diajak bermanuver, putaran bawah sangat responsif, khususnya pada gigi 1-2. namun, untuk mengejar putaran atas dan top speed, sepertinya tormax memiliki sedikit kendala. namun bagi saya sudah cukup untuk menemani rutinitas sehari-hari di jalan raya. sesuai namanya, tormax (torsi maximum) bukan pormax ( power maximum)
suspensi:
karakter suspensinya agak keras, pada jalan bergelombang akan terasa bila pengendara belum terbiasa, namun bagi saya masih dalam batas wajar. karakter suspensi ini sangat cocok untuk saya yang menginginkan kestabilan lebih pada keceptan tinggi.
transmisi:
perpindahan gigi terasa cukup halus dan responsif, namun terjadi kendala pada perpindahan dari gigi 2 ke gigi 1 pada saat berhenti. perpindahan gigi sering macet, namun bila dalam keadaan jalan, kendala ini tidak ditemui. bila sudah ada solusinya, akan saya share disini.
dualtune muffler:
perpindahan karakter suara dari std ke sport sedikit mempengaruhi kinerja mesin. tarikan menjadi sedikit lebih galak karena sistem pembuangan pada muffler dibuat lebih lancar dengan menghilangkan sistem penyaringan emisi. oleh karena itu, emisi gas buang pada mode sport lebih tinggi.
bagasi:
ini menjadi kendala bagi yang membutuhkan. bagasi sangat kecil dan minim gantungan di sekitar motor. namun ini sesuai dengan karakter motor yang bertema bebek super/sport yang memang tidak dirancang untuk memiliki kapasitas bagasi yang besar.
sepertinya sekian dulu dari TS, bila ada kelanjutannya saya usahakan secepatnya akan saya update. terima kasih kaskuser
0
22.8K
Kutip
115
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan