ucok.marpaungAvatar border
TS
ucok.marpaung
[MUSLIM] Tidak semua Batak Non Muslim ( Islamic Batak Family )


Assalamu'alaikum wr. wb.



GROUP BATAK MUSLIM DI FACEBOOK


Quote:









Mungkin sebagian besar dari anda mengira kalau Batak adalah Kristen. Atau bahkan ada yang berpendapat bahwa BATAK = Kristen. Sangat wajar, karena itulah kenyataan yang berkembang di masyarakat tentang agama dari suku2 di Indonesia. Sama halnya dengan kalau Jawa = Islam, Manado = Katolik, Padang = Islam, Ambon = Kristen, Aceh = Islam, dll. Padahal tidak demikian adanya. Terutama di Tanah Batak, Islam memiliki umat yg tdk sedikit.

Sebenarnya jauh sebelum agama2 masuk ke Tanah Batak, orang Batak sudah memiliki agama dan kepercayaannya sendiri. Namun sama dengan daerah lainnya di nusantara ini oleh pemerintah Indonesia hanya digolongkan dalam kepercayaan tidak termasuk agama.

Pada saat ini TS tidak membahas tentang agama Asli Suku Batak, namun lebih ke arah membetulkan persepsi yg berkembang di masyarakat selama ini dan tentang perkembangan Islam di Tanah Batak.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam wikipedia terdapat banyak kesalahan informasi tentang masuknya Islam ke Tanah Batak.

seperti halnya dalam kutipan berikut:

Quote:


Dalam kutipan di atas dikatakan bahwa Islam baru mulai masuk ke Tanah Batak setelah tahun 1345. Sedikit yang mengetahui bila sebenarnya Islam mulai masuk ke Tanah Batak jauh sebelum itu. Pada tahun 600-an, sebenarnya orang Batak sudah berinteraksi dengan para pedagang dari Tanah Arab dan telah mengenal Islam. Hal ini dibuktikan dengan teedapatnya bukti2 sejarah di daerah Barus. Salah satunya adalah terdapatnya makam 44 aulia di sana.





Quote:



Nah sebagai langkah awal pembetulannya maka ane sertakan video berikut ini:





Quote:



Quote:




Data lainnya menyusul.... Mungkin juga Agan2 lain yang kebetulan mengetahui beberapa sumber lain boleh dilampirkan disini.....
Diubah oleh ucok.marpaung 29-04-2013 13:27
nona212
nona212 memberi reputasi
1
246.5K
430
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan