KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
█│diskusi│█ peternakan babi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011664866/96089474diskusi94749608--peternakan-babi

█│diskusi│█ peternakan babi

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
hehehe...ane muslim 'gan, tapi justru thread ini yg ane idam2in, baru skr ada hehehe...

lepas halal-haram, pembahasan disini kan murni dalam konteks WIRAUSAHA

nah, ngomong2 dalam hal penggemukan, harga genjik (DOP = Day Old Pig?? hehehe) umumnya di P. Jawa / Luar Jawa kira2 brp sih 'gan per ekor?

trus panen di usia brp umumnya?

gambaran kasar itung2an agan2 yg udah jalan ternak babi-nya gimana 'gan?

kalo' ayam broiler kawasan jabodetabek, itung2an kasar-nya peternak dapet BERSIH-nya rp.1rb/ekor/bulan, nah kalo' babi kira2 brp?
Quote:


Thanks infonya gan.. Keep Sharing.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Iya nie agan Ands ilmunya mantap... Tambah lagi gan..

Quote:


Wah.. gan thanks uda masuk n sharing...

Saya tadi malam sharing2 lagi sama Bokap yang ngelola secara langsung peternakannya lagi mau nyari solusi biar lebih efektif pemeliharaannya..

Tapi syukurlah pas liat thread ini agan share yang emang ane cari2 gan..
Soalnya bokap tuh peliharanya cuman kasi makan aja.. kyknya gak ada vitamin2nya gitu paling yang dikasi cuman obat cacingan aja...

Thanks gan... Keep sharing gan...

Kalo boleh diposting lagi simulasi secara anggarannya yang lebih detil gan..

Mulai dari pakan sampai akhirnya panen.. biar lebih mantap..

Quote:


Thanks gan buat masukannya.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Mantap gan...

Quote:


harga Anakan babi = Jawa (tdk tahu) / Sulawesi utara (500-600ri)

panen di usia = Total dari lahir kira2 1-1,5 bln (anakan) + 4-5bln (grower)

Net Profit babi = kira2 Rp100.000 - Rp150.000 per ekor perbulan (Sulawesi Utara)

Kalau salah harap dimaafkan dan dimaklumin yach bro

Quote:


Ai bantu jawab yach...walaupun masih ijo dibid per-babian...

kalau dibandingkan antara ayam boiler dgn babi,ai masih pilih babi bahkan dengan sapipun ai masih pilih babi,kecuali kalau babi dengan domba,ai akan pilih kedua2nya....heheheheh
karena selama babi2 tsb tidak mati keuntungan antara 100-200rb udah ada ditangan,

kalau ayam khan rp1rb/2bln atau periode,karena umur min ayam yang bs dipanen adalah setelah 30 hr lebih atau dengan berat ideal 1kg keatas,jadi kalau dihitung dari mulai doc masuk sampai siap diisi kembali membutuhkan waktu min 2 bln(bersihin kandang,steril kandang,dll..dll) dengan catatan pada saat kandang siap,doc bs langsung msk,kalau doc mundur bearti periode tsb akan mundur juga,jadi dalam 1 tahun terdapat max 6 periode/panen

Oia,kalau menurut ai seh belum tentu kita bs mendapat keuntungan rp1rb/ekr/periode,karena banyak faktor2 yang menentukannya mis,tingkat kematian/mortalitas + FCR + bobot jual + harga jual + beberapa komponen lainnya,(cmiiw)

belum lagi diayam boiler mahal diinvest kandangnya bro...untuk kapasitas 20rb ekr aja kita mesti siapin anggaran -/+ 300jt,utk sarana dan prasarananya(kandang,sumur,water tower,tempat makan/minum,tungku pemanas gas/batu bara/listrik,sekam dll..dlll)

Beberapa bulan yang lalu sebelum ai resign ada keinginan utk main diboiler,tapi ai batalin karena setelah dapat info dari sana - sini bisa ai simpulkan kalau diboiler tuch resiko yang besar dan tidak sebanding dgn invest kita,walaupun kita memakai system kemitraan belum jaminan safety/untung karena semuanya ditentukan oleh harga DOC,Pakan dan harga jual,
mungkin bro udah tau atau min pernah mendengar kalau harga kontrak yang diberikan oleh mitra(perusahaan yang menyediakan Doc dan sapronak) bs memberikan harga kontrak(Doc,pakan,obat,bonus,harga jual ) yang berbeda antara 1 peternak dengan peternak yang lain berdasarkan dari jumlah populasinya,kenapa ai tau ini sebab tanah bokap pernah disewa utk ayam boiler dan sewaktu kontraknya habis dan tidak diperpanjang yang menyewa mengajakin gabung kedalam kelompok dia,karena dia memiliki populasi 100 rb ekr lebih jadi dapat harga kontrak spesial ++.

Belum lagi ada beberapa perusahaan inti yang tidak mau menerima uang sebagai jaminan mau nya sertifikat....khan repot kalau kita ada hutang.

Berawal dari situlah dana yang ada ai putar kebabi dan domba ,menginggat invest kandangnya murah dan resikonya kecil,baik dari segi internal (perawatan/penyakit) dan faktor eksternal (keamanan dan tenaga kerja) ditambah lagi biaya pakan murah dan semuanya mandiri.

kalau diboiler khan utk sapronaknya kita hutang dan secara tidak langsung kita dipaksa utk memakai produk dari perusahaan tsb ,secara tidak langsung jg kita memberikan keuntungan kepada perusahaan yang bermain dari hulu sampai hilir (Ayam telur/parent stock,penetasan,pakan,obat,)karena setiap perusahan inti(mitra) min memiliki sub2 perusahaan tsb baik dari pembibitan dan penetasan sendiri,pabrik pakan sendiri semuanya pasti punya dan kalau kekurangan mereka membeli dari pabrik lain tetapi memakai merk mereka,dan kita diwajibkan atau istilah kasarnya dipaksa utk memakai produk2 dari sub2 perusahaan tsb,umumnya hanya obat2an dan vitamin yang berbeda merk/perusahaan

kalau diboiler kita bs juga mandiri tapi butuh berapa besar modal dan min kita udah ada pasar sendiri kalau tidak ada modal dan pasar lebih baik ikut pola kemitraan,kalau dipikir2 buah simalakama yach...

Semoga sedikit info dari ai dapat bermanfaat untuk rekan2...

Salam,

kok babi ai beranak cuman seekor yach ??

Mumpung ada thread khusus dan byk rekan2 yang udah lama main di per-babian ai mo nanya negh...

Sesuai dengan judul,3minggu yang lalu indukan babi ai untuk yang kedua kalinya beranak cuman seekor,waktu yang pertama mati dan sekarang hidup,anaknya co...

kalau sapi or domba beranak seekor ai egk heran,lha ini babi yang jelas2 ditakdirkan beranak banyak kenapa cuman seekor yach...

Kira2 menurut rekan2 apa yang harus ai perbuat thd indukan dan anaknya tsb,ada orang tua di kampung ai yang menyarankan agar mereka (induk + anak) dipelihara karena bs buat jimat untuk ternak babi ai,terutama anaknya dan kebetulan sekali co...tapi bagi ai pribadi seh selama bukan pertanda buruk akan ai pelihara karena kejadian langka khan...dan sekalian memberikan kesempatan untuk yang ke3 kalinya buat indukan tsb,kalau masih beranak 1 lebih baik dilepas aja...itu rencana ai...

Salam,
Quote:
Quote:
Nice sharing 'gan...emoticon-I Love Indonesia (S)

nah kalo' saat panen, dulu sering banget lihat di toll, truk2 yg ngangkut B2 idup masuk ke Jkt, tapi skr kok nggak sesering dulu ya?
apa skr masuk ke Jkt-nya udah dalam kondisi KARKAS (daging+tulang) ya?

Kendala utama nampaknya masih soal LOKASI ama PAKAN ya 'gan?

trus kira2 limbah pasar secara umum kek sisa potongan sayuran, jeroan+kepala ikan, buah layu, dan sejenisnya perlu preparasi-nya kek apa ya buat diumpanin ke B2?

dalam bayangan ane, preparasi-nya gini, masuk akal nggak:
1. sortir limbah yg berguna buat makanan B2
2. pilah2 jenis limbah sesuai kandungan utamanya, mis. limbah jeroan+kepala ikan+sisa potongan ayam/bebek/daging, sayur sisa+daun pisang bungkus tempe+buah layu, sisa makanan mateng/nasi, dst.
3. cuci/bersihkan + tiriskan jika perlu
4. cacah/potong/hancurkan
5. buat komposisi yg seimbang antara sumber karbohidrat vs protein vs yg lain
6. umpanin ke B2

nah kalo' supplai limbah lebih banyak dari konsumsi B2 atau lokasi peternakan B2 jauh, perlu dipikirin cara 'pengawetan'-nya nih.

di salah satu thread kan ada yg bahas mesin PALWA buat ancurin gedebog pisang, potongan ranting/daun/rumput, tulang ikan, dll. buat dimanfaatin sbg umpan B2 tuh, sempet lihat ulasannya juga di TV, di daerah NTT kalo' nggak salah.
Quote:
Setuju 'gan hehehe...

bukannya kebanyakan yg mau beli indukan B2 umumnya nyari yg udah beranak sekali ya 'gan?
kan buat mastiin si indukan anaknya banyak dan bagus?
mungkin agan-agan ada yang pernah denger pakan dicampurin dengan molases atau gula tetes untuk pemgemukan babi...
Quote:


anak pertama jg 1 lalu mati atau banyak lalu mati semua? beranak kedua kali jg 1? lepas aja afkir kalo yg ke 3 dibawah 7/8...
minimal babi itu harus beranak 8 keatas.... minim 10 lebih bagus... karena masih ada yg mati terkadang..

jantan kasih telor bebek tiap 1 minggu kasih 2-3... dijamin anaknya banyak (liat indukan jg sih)

walau lantai semen kalo bisa kasih lampu penghangat.. byk anak babi mati krn dingin / lantai bawah basah sehingga susu yg diminum bukan utk memperbesar badannya tp utk mengusir hawa dingin yg mengakibatkan kuntingan (bulu panjang, ga besar2)

harga kayaknya bagus di jawa... 1 ekor 100kg bisa untung 300-400rb (utk babi desa), utk yg kirim ke kota besar lebih lg.. bisa 500-600rb
Quote:


Itu dia...padahal ai pelihara dari kecil,melihat bodynya mantaff...makannya kgk dijual.

untuk mencari indukan b2 menurut pengalaman ai seh,kalau ada indukan yang dijual bearti ada sesuatu thd indukan tsb,kemungkinan beranaknya sedikit atau beranak banyak tapi tidak bs mengasuhnya.

sampai sekarang ai masih melakukan observasi dan seleksi indukan dari setiap indukan dan calon induk yang sekarang ada,min indukan yang ai cari (ideal) bs beranak diatas 5 dibawah 10,dan pintar mengasuh anak serta tempramentnya baik terhadap anak dari indukan laen,saat ini baru ada 7 dari 10 yang memenuhin syarat,sedangkan utk calon induk baru ada 11,masih membutuhkan perjalanan panjang negh....

Salam,
Quote:


Kalau untuk sapi dan domba seh ai sering dengar ,tapi kalau untuk babi ai belum dengar,atau mungkin belum ada yang coba atau tidak bs diterapkan yach,

Salam,
Quote:

yang pertama 1 kemudian mati,dan yang kedua 1 juga,tapi masih hidup sampai sekarang...moga2 selamat dech...kalau dilihat seh bagus tuch pertumbuhannya....karena 14 puting susu milik dia seekor...hahahahah

Quote:

Moga2 bs tembus diatas 5 yang bro,nanti dech pejantan ai akan ai kasih telur bebek....btw thx atas sharing telurnya...hehehe

Quote:

kandang ini khusus utk babi bule apa semua jenis babi bro,kalau ai pikir2 seh walaupun kandang ai bukan disemen tapi ai pake cone blok yang biasa digunakan ditrotoar,kira2 ada efek negatinya egk yach...??

Quote:


Nagh ini dia yang ai harapkan moga2 melalui forum or thread ini,kita bs mendapatkan buyer tangan 1,bukan ketengkulak,karena kalau ditempat ai harga b2 diatas 50kg harganya rp22rb/kg dan induk afkir rp 18/kg...jadi kalau mau harga yang bagus ai harus menjual di kisaran 30kg an dengan harga rp28/kg.

Salam,
Quote:


Kalau ai egk salah info,pakan babi terbagi 2 jenis dech,bisa kering dan basah,sayangnya ai belum tau masing2 +/- dari ke2 jenis pakan tsb,

Kalau dilokasi ai pada umumnya para peternak memberikan pakan basah,bahkan ada yang sampai digodog segala.

kalau limbah pasar berlimpah atau kita ingin mengawetkannya limbah sayuran bisa kita giling halus kemudian dikeringkan tentunya untk proses lanjutan ini membutuhkan modal....(kapan yach ai bs...pinginnya seh ai bs membuat pakan komplit....sayang modal cekak...heheheh)

Salam,
Quote:


Tergantung, di tempat situ sumber daya katul dan jagung gmn? kalo banyak yg nanem padi berarti ada katul.. kalo banyak juga yg nanem jagung berarti harusnya ada ampok (kulit jagung hasil penggilingan beras jagung)
kalo 2 sumber daya diatas ada dan harga 2500-3000/kg kasih pakan kering..

kalo 2 sumber diatas ga ada terpaksa pakan basah kayak lompong, ampas tahu, kecap, sayur, sisa makanan dll..

di jawa 20-22rb/kg utk babi desa... dan 25-26rb/kg utk babi bule (situ nyebutnya begitu ya), utk babon afkir 16-17rb/kg

kalo anakan yg penting bawah kering dan ga dingin aja lantainya kalo malem..

ps: oiya, susu indukan kalo ga keluar / keluarpun kurang lancar walau anaknya 10++ afkir aja bro.. bakalan kurus dan mati hampir separuh anaknya
Quote:


Katul seh banyak tapi jagung yang sama sekali egk ada....kalau gitu ai tanam aja dech,biar enak,batang,daun dan tongkolnya utk domba,jagungnya utk b2,kira2 jagung nya bulet2 apa harus digiling dulu yach bro ?.

Selama ini ai pakai pakan katul dan ampas tahu diselingin ama rumput segar,.,...hehehehe

Quote:


Mo tanya lagi negh bro utk b2 desa itu yang ukuran 50keatas yach,kalau didaerah ai utk b2 desa terbagi 2 < 50kg dan 50 > kg,lebih mahal yang dibawah 50kg bs selisih rp5000/kg
kalau utk b2 bule dan afkir kira2 sama harganya....thx bro dengan info dari bro ai jadi tau info pasar...heheheh

Quote:

Kalau kering seh udah pasti,tapi kalau malam ai belum pernah megag seh...nanti ai pegang dech lantai nya.....

oia... ai ada rencana utk anak b2 yang baru dilepas sapih,ai mau lepas/umbar jadi tidak dikurung 24jam dalam kandang fungsi kandang hanya sebagai peneduh saja dan itupun kalau mereka mau...kalau egk yach mereka bs tidur dibawah pohon aja....
kira2 gimana yach...ada efek +/- nya kha ???

Quote:


Nice share bro....tips dan trick spt inilah yang dibutuhkan oleh ai dan mungkin rekan2 lain sesama peternak b2...heheheh

Salam,
Quote:
bae2 banya papancuri babi....apa le somo dekat natal bagini.....emoticon-Blue Guy Peace
Bapak ogut lg baru mulai merintis ternak babi. Baru tahap penggemukan. Nah, skr udh keliatan hasil penggemukannya. Tp ga tau mau di jual kemana. Agan-agan, ada yg tau ga tempat penadah babi yg siap potong. Kalo bisa di daerah jabodetabek. Thx ya agan".
&#9608;&#9474;diskusi&#9474;&#9608; peternakan babi
menggiurkan.. ternak babi emoticon-Genit:
Quote:


Thx bro...

Salam.
Quote:


Umumnya seh ada tengkulak bro,kalau boleh tau lokasi bokap nte dimenong ?..

Salam,
Halaman 2 dari 9


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di