Mobile advertising adalah layanan iklan yang menggunakan media mobile phone (handphone). Di abad 21 ini handphone merupakan alat yang tidak terpisahkan bagi kehidupan manusia, bahkan sudah menjadi sebuah barang kebutuhan yang harus di bawa-bawa pemiliknya kapanpun dan dimanapun. Penggunaannya yang dapat dibawa kemana-mana membuat interaksi manusia dengan handphone lebih banyak dibandingkan dengan televisi, radio, komputer, dan laptop. Pengguna handphone di seluruh dunia mencapai 4,6 miliar. Bandingkan dengan pengguna internet yang jumlahnya baru mencapai 1,9 miliar, pengguna handphone masih jauh lebih besar jumlahnya. Di Indonesia animo mobile advertising ini masih belum tergarap dengan baik dengan 120 juta penduduk yang telah menggunakan handphone, seharusnya mobile advertising ini menjadi bisnis yang sangat potensial, tetapi penyedia layanan dan konten mobile advertising masih ragu-ragu untuk menginvestasikan iklannya di media ini dibandingkan dengan di media iklan konvensional seperti televisi.
Jenis Mobile Advertising
Quote:
SMS
Mobile advertising jenis ini memang sangat mudah dilakukan, tetapi orang-orang mulai mengabaikan SMS ads apabila terjadinya spamming. SMS ini bisa sangat efektif dan efisien penggunaannya apabila dikirim ke orang yang tepat. Dengan memperhatikan pola spasial dan orang yang dikirimi ads jenis ini memang merupakan subscriber dari layanan mobile advertising maka outcome yang besar bisa dicapai. Kurang interaktif merupakan ciri dari iklan dalam bentuk SMS ini, karena hanya berisi tulisan-tulisan. Sekarang ini banyak para pengiklan menggunakan software pengirim SMS massal untuk penghematan biaya sekaligus memperbanyak kuantitas.
MMS
Advertising menggunakan layanan MMS memiliki tampilan yang lebih atraktif, bisa menggunakan gambar, gambar bergerak, maupun video sehingga orang lebih tertarik untuk melihatnya.
Banner Ads
Saat kita membuka situs internet vis handphone, advertising banner seringkali muncul di atas ataupun di bawah layar handphone. Banner tersebut memiliki link yang mengarahkan ke website pengiklan.
Mobile Video Ads
Menggunakan situs video sharing yang dapat diakses di handphone seperti youtube pada mobile phone, semakin tinggi rating video, maka harga yang dipatok semakin mahal, hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang telah menonton video tersebut. bentuk lain dari mobile video ads adalah mengunggah iklan langsung ke media video sharing.
Mobile Games Ads
Games dalam handphone merupakan elemen entertainment yang tidak terpisahkan dari sebuah handphone. Orang-orang yang memiliki banyak kesibukan pasti menginginkan sebuah hiburan kecil untuk menyegarkan pikirannya. Mobile games ads bekerjasama dengan pengiklan, pengiklan memberikan modal dengan kontraprestasi tertentu, misalnya logo perusahaannya dimasukan ke dalam games. Bisa juga dibuat trial games terlebih dahulu, setelah mendapat respon yang bagus dan banyak orang yang mengunduh games tersebut baru dibuatkan versi berbayarnya yang menawarkan keseruan lebih dari versi trial-nya.
Jingle before Voice Mail
Penyedia layanan iklan memanfaatkan layanan voice mail menjadi media beriklan. Jingle yang berisi iklan di play saat layanan voice mail digunakan beberapa detik sebelum kita dapat merekam pesan.
Sumber : Wikipedia
Mobile Advertising yang paling banyak digunakan di Indonesia. Klik gambar untuk menuju tekape.
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Sebenernya masih ada lagi, 1 yang paling fenomenal dan dimiliki oleh Google yaitu Admob. Namun berhubung Google berencana untuk menonaktifkan Admob, maka kemungkinan tidak akan dibahas di Thread ini. Karena banyak yang gagal melakukan payment di Admob.