CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011310842/menikah-beda-agama-boleh-ga-sih-di-indonesia

Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?

Tampilkan isi Thread
Halaman 72 dari 115
setahu saya kalo katolik bisa menikah beda agama karena ada kompensasi dari pihak gereja ...untuk keterangan lbh lengkap bisa minta penjelasan ke pihak terkait
Quote:


saya rasa seorang bapak pasti bijaksana dan adil. kita manusia mungkin cuma bisa mengira2, oh ini masuk surga, itu masuk neraka. tapi kita ga pernah tau kan apa yang ada di dalam pikiran Tuhan.

otak kita terbatas loh, ga kuat nampung seluruh kebenaran dari Tuhan.

jadi kita liat aja nanti, klo ntar saya sekeluarga ketemu agan di surga yang sama, brarti kita tau klo Tuhan itu adil. kan di mata-Nya semua manusia itu sama.

yang jelas buat ane,

apapun agamanya, yang penting satu Tuhan.. emoticon-Big Grin
Lakum dinnukum wall yaddin
Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
Coba agan2 kita simak lagi TS ngasih topik " Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?" itu topiknya nih gw jawab di negara ini boleh nikah beda agama kenapa boleh? Ya boleh ada berapa ribu pasutri yg nikah agamanya belang2? Toh mereka gak di usir dari NKRI, beda negara aja bisa nikah disini apa yg susah di negara ini.
Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
Quote:


ane pernah tanyain hal ini di forum debat gan. tapi malah langsung di delete ma kang momod euy! ane jugak bingung kok gak boleh doain bapak ibunya Rasulullah SAW sedang Allah membebaskan mereka dari adzabNya.. emoticon-Bingung
eh ini malah OOT deh keknya emoticon-Ngakak (S)
nice info gan...
nambah pngetahuan dan bisa cari psngan yg ga repot nikahnya... emoticon-Big Grin
waw ribet juga ternyata emoticon-Big Grin

Kalo ane tetep pegang teguh suhu agama ane GAN
menikah dengan selain agama islam hukumnya haram
jalan keluarnya yak harus masuk islam dolo emoticon-Big Grin
Menurut ane kagak bs gan emoticon-Big Grin
Nikah di luar negri trus balik indo gan
tp nanti ribet jg ngurus status agama si anak emoticon-Malu (S)

Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
Terlepas dari dilarang atau tidak di negara ini, agama dipersoalkan dalam perka-winan sebenarnya adalah cerminan egoisme agama. Sifat agama yang suka menang-menangan dan banyak-banyakan pengikut. Itulah sebabnya mengapa dalam Islam awal hanya laki-laki yang boleh menikahi non-Islam, sedangkan perempuan dilarang dinikahi non-Islam. Di dunia yang sangat didominasi laki-laki, lebih dimungkinkan untuk menarik seorang perempuan menjadi Islam, sehingga dapat menambah pengikut baru. Sebaliknya, kalau perempuan dinikahi non-muslim, dia akan murtad, sehingga tejadilah kehilangan pengikut. As simple as that ... emoticon-Big Grin Penjelasan lain-lain selanjutnya barangkali sekedar merupakan justifikasi legal atau ontologis cara pikir seperti itu.

Fitrah manusia toh seringkali tidak terbelenggu oleh cara pikir seperti itu. Hanya kepercayaan pada justifikasi ontologis itulah yang membuat mereka khawatir, lantas mundur. Kadang juga tidak kuat dengan konsekuensi sosial yang harus diterima.
boleh kok.. kenapa enggak..
yang penting kembali ke orangny aja masing2
ini dia masalah yg suswah banget nyari titik temunya..ada yg berprinsip ke hukum agama,ada yg berpijak di hukum negara/positf....makanya sebetulnya ane lebih setuju kalo negara nggak usah ngurusin soal agama ----no offense gan-----kalo menurut ane agama itu kan hak pribadi orang per orang...ya dikembaliin aja pribadinya masing2 ngapain juga negara ikut campur...
kalo ane si ga bgtu paham tentang beginian
tapi bukanya banyak tu artis yang nikah tapi beda agama ya?
Bingung ane gan emoticon-Embarrassment

Menurut ane sih, yang sejalan aja gan..
Karna menikah kan 2 org dlm 1 jalan..
Artinya, 2 keyakinan akan beradi pada 1 jalan keyakinan...

Logikanya, bagaimana bisa 2 keyakinan bisa berjalan pada 1 jalan keyakinan...
Jangan dibutakan cinta deh gan emoticon-Big Grin
Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
Quote:


masalahnya kerasa pas udah berapa taon nikah masalah kecil beda pandangan menurut agama ya jadi cekcok besar.. kalo udah agama X dari bayi ya udah jalanin aja sebagai seorang beragama X dan mencari pasangan yang beragama X juga lah :IMHO emoticon-Big Grin
kayanya (perbedaan) agama masih jd masalah yg sensitip sekaligus populer dimana2, termasuk di kaskus. apalagi ini dikaitkan sama nikah..
Quote:


semua manusia sama di Mata Tuhan, yang membedakan hanya ketaqwaannya. kalau pedomannya sudah berbeda, maka nilai ketaqwaannya juga berbeda gan, jauh malah. ane saranin ente endak usah berharap banyak bisa samasama di satu surga ma kedua ortu ente selama beliau-beliau berpedoman berbeda. pasti ada salah satu yang di luar surga emoticon-Berduka (S)

otak kita terbatas loh, ga kuat nampung seluruh kebenaran dari Tuhan.
iya terbatas, tapi kita diberi hati nurani dan logika untuk memahami dan mengamalkan kebenaran dari Tuhan yang tertulis di firmanNya (kitab) emoticon-Big Grin
Quote:


Bahkan berlaku dan absah menurut ahli mukasyafah bahwa Allah ta'ala menghidupkan kembali kedua orangtua Nabi shallallahu alaihi wasallam setelah beliau diangkat jadi Rasul. Kemudian, mereka beriman kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam. Olehkarena itu, sudah pasti mereka termasuk ahli surga.
Di dalam kitab "Kifayatul 'Awam" karya Syeikh Ibrahim Al-Baujuri halaman 13, cetakan "Dar Ihya al-Kutubil 'Arobiyah" disebutkan yang terjemahannya sebagai berikut:

Jika anda sudah tahu bahwa Ahlul Fathroh (masa kevakuman atau kekosongan Nabi dan Rasul) itu termasuk orang-orang yang selamat (dari neraka) berdasarkan pendapat ulama yang kuat, maka tahu lah anda bahwa bahwa kedua orangtua Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah orang-orang yang selamat juga (dari neraka). Karena, mereka berdua termasuk Ahlul Fathroh (termasuk juga kakek, buyut Nabi dan ke atasnya). Bahkan mereka berdua termasuk Ahlul Islam, karena Allah telah menghidupkan mereka berdua untuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagai pengagungan kepadanya. Kemudian berimanlah kedua orangtua Nabi itu kepadanya sesudah kebangkitannya menjadi rasul.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan dari Urwah dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memohon kepada Tuhan-Nya agar Dia menghidupkan kedua orangtuanya. Maka Allah pun menghidupkan kedua orangtua Nabi itu. Selanjutnya, keduanya beriman dengan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Kemudian, Allah mematikan keduanya kembali.

Berkata Suhaili: "Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, bisa saja Allah mengkhususkan Nabi-Nya dengan apa-apa yang Dia kehendaki dari sebab karunia-Nya dan memberi nikmat kepada Nabi-Nya dengan apa-apa yang dia kehendaki dari sebab kemuliaan-Nya.

Telah berkata sebagian ulama: "Telah ditanya Qodhi Abu Bakar bin 'Arobi, salah seorang ulama madzhab Maliki mengenai seorang laki-laki yang berkata bahwa bapak Nabi berada di dalam neraka. Maka, beliau menjawab bahwa orang itu terlaknat, karena Allah ta'ala berfirman:

{إِنَّ ٱلَّذِينَ يُؤْذُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ لَعَنَهُمُ ٱللَّهُ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱډخِرَةِ وَأَعَدَّ لَهُمْ عَذَابًا مُّهِينًا}

Artinya:
"Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan melaknat mereka di dunia dan akherat dan menyiapkan bagi mereka itu adzab yang menghinakan". (QS. Al-Ahzab: 57).
Rumit jg yah gan. Pantesan banyak yg nyediain nembak akte merid
Boleh aja menurut ane ganemoticon-Embarrassment
Menikah Beda Agama Boleh Ga Sih di Indonesia?
Quote:



Sepakat gan emoticon-Big Grin
Halaman 72 dari 115


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di